Home » Brand Equity Adalah? Ini Kegunaan & Cara Membangunnya agar Kuat

Brand Equity Adalah? Ini Kegunaan & Cara Membangunnya agar Kuat

Secara sederhana, brand equity adalah kekuatan dari suatu merek atau brand. Dengan kekuatan tersebut akan memberikan kemudahan bagi perusahaan atau pebisnis untuk melakukan berbagai aspek lainnya seperti memperluas pangsa pasar, meningkatkan arus kas, menentukan harga, membatasi biaya iklan dan lainnya.

Untuk bisnis baru atau startup biasanya akan dibuat minder dengan merek lain yang menawarkan produk atau layanan sejenis tapi sudah terkenal di kalangan konsumen. Namun dengan meningkatkan brand equity maka dapat menyaingi merek yang sudah terkenal.

Sebagian besar marketer mungkin masih asing dengan istilah tersebut. Maka dari itu, ulasan kali ini kami akan memberikan penjelasannya secara lengkap beserta pengaruhnya terhadap bisnis atau perusahaan, terutama dalam strategi marketing.

Brand Equity adalah Nilai Penting Bagi Bisnis

brand equity

Brand equity adalah suatu nilai atau ukuran penting bagi perusahaan/bisnis agar produk yang ditawarkan mudah dikenali serta lebih berkesan dibandingkan merek kompetitor. Bukan sekedar meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat, melainkan membangun branding dan hubungan jangka panjang dengan konsumen.

Selain itu, brand equity adalah unsur yang bisa menjadi aset bagi perusahaan agar dapat bertahan di pasar. Terutama ketika munculnya produk-produk baru dari kategori sejenis. Untuk lebih jelasnya berikut manfaat brand equity:

  • Memperoleh Loyalitas Konsumen

Misalnya seseorang yang cenderung setia pada merek ponsel tertentu. Orang tersebut akan tetap membeli merek ponsel yang sama meskipun banyak brand-brand baru bermunculan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!