Home » Bahan Baku Adalah: Pengertian, Faktor yang Mempengaruhi dan Jenisnya

Bahan Baku Adalah: Pengertian, Faktor yang Mempengaruhi dan Jenisnya

Bahan baku adalah salah satu komponen paling penting didalam suatu industri baik skala rumahan ataupun besar. Hal tersebut tidak lain karena nantinya elemen tersebut akan diolah dan dijadikan suatu produk final.

Jadi bisa dibilang apabila komponen satu inipun merupakan sebuah bahan yang dapat digunakan didalam membuat suatu produk tertentu didalamnya. Tidak hanya disitu saja, bahan baku inipun juga akan menunjukkan suatu produk jadinya.

Bahkan dikenal juga dengan sebuatan bentuk barang jadi, nantinya keberadaannya dapat diperjualbelikan ataupun disalurkan. Didalamnya sendiri juga terdapat beberapa hal penting.

Seperti biaya ongkos kirim, harganya, penyimpanan dan masih banyak lagi. Pemilihannya juga akan berpengaruh besar terhadap hasil akhir dari produk bersangkutan tadi.

Walaupun istilah satu inipun sudah sering didengar, tetapi sebagian besar dari masyarakat belum begitu memahami dengan baik bahan baku. Itulah sebabnya, kami sudah menyiapkan beberapa ulasan pentingnya berikut ini.

Pengertian Bahan Baku Adalah Berikut Ini

Secara umum, bahan baku merupakan berbagai macam barang di mana akan digunakan untuk proses pembuatan barang jadi. Jadi bisa dibilang apabila materialnya akan menempel menjadi satu dengan barang jadi.

Didalam sebuah perusahaan, keberadaannya inipun juga mempunyai arti sangat penting karena bisa berpengaruh terhadap proses produk hingga hasil dari produksinya sendiri. Untuk memahaminya lebih lanjut seperti apakah pengertiannya, maka berikut pendapat dari beberapa ahli diantaranya adalah:

  1. Wikipedia

Berdasarkan dengan data dari Wikipedia komponen ini disini merupakan material yang digunakan dalam proses pembuatan produk. Sedangkan untuk biaya bakunya adalah seluruh biaya.

Di mana digunakan untuk memperoleh sampai dengan produk siap buat digunakan. Meliputi harga material, penyimpanan, ongkos angkut dan masih banyak lagi.

  1. Sofjan Assauri

Sedangkan menurut Sofjan Asauri bahan baku adalah semua barang di mana akan dipergunakan didalam perusahaan pabrik. Kecuali terhadap material-material secara fisik yang akan digabungkan dengan produk di mana akan dihasilkan oleh perusahaan pabrik bersangkutan.

  1. Hanggana

Lain halnya dengan pengertian dari Hanggana di mana menyatakan bahwa komponen ini digunakan untuk menciptakan barang jadi. Komponennya pasti akan menempel menjadi satu dengan barang jadinya.

Didalam sebuah perusahaan, komponen tersebut maupun bahan penolong mempunyai arti cukup penting. Sebab menjadi modal utama dari terjadinya proses produksi hingga hasil produksinya.

Berdasarkan dengan pendapat dari beberapa ahli diatas. Secara singkat disebutkan bahwa bahan baku merupakan material utama yang mempunyai peran sangat penting.

Terutama didalam proses pembuatan barang dari hasil produksinya. Selain itu, juga harus diolah terlebih dahulu sehingga mampu menghasilkan produk jadi di mana mempunyai nilai jual.

Jenis-jenis Bahan Baku Dalam Sebuah Industri

Jika sebelumnya sudah memahami bagaimana pengertian dari bahan baku adalah. Maka sebagai para pelaku bisnis, Anda juga harus memahami apa sajakah jenis-jenisnya tersebut.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dengan mengetahuinya maka dapat membantu untuk memilih manakah yang sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan dengan pendapat dari dunawan adisaputro serta Marwan Asi, komponen inipun dibedakan menjadi 2 jenis secara umum diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Direct Material

Disebut juga dengan direct material merupakan material pokok utama di mana adalah bagian paling penting dari suatu produk jadi yang akan dihasilkan oleh perusahaan. Walaupun demikian biaya di mana dikeluarkan oleh perusahaan juga mempunyai keterkaitan erat dengan barang produksi.

  1. Indirect Material

Jenis kedua bahan baku adalah tidak langsung atau dikenal dengan indirect material. Di mana nama lainnya yakni barang pokok pendamping dari material utamanya.

Walaupun demikian, ada pengertian lainnya dari indirect material ini di mana mempunyai peran langsung didalam bahan utama didalam kegiatan produksi perusahaan. Tetapi material inipun tidak akan terlihat secara langsung didalam produk jadi nantinya.

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Ketersediaan Bahan Baku

Tidak hanya memahami apa definisi dari bahan baku adalah ataupun jenis-jenisnya. Bagi para pelaku usaha juga harus memahami apa saja factor yang berpengaruh terhadap keberadaan komponen tersebut.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena keberadaannya sendiri ternyata tidak selalu tidak terbatas. Untuk memahaminya lebih lanjut, berikut ini beberapa factor di mana berpengaruh besar terhadap ketersediaan dari materialnya tersebut.

  1. Model Pembeliannya

Factor utama yang berpengaruh adalah seperti apakah model dalam pembeliannya. Di mana akan berpengaruh terhadap nilai ataupun jumlah persediaan dari suatu kegiatan bisnis.

Semakin rumit modal pembeliannya ternyata juga akan berpengaruh terhadap ketersediaan ataupun biaya yang harus Anda keluarkan tersebut. Itulah mengapa jangan pernah meremehkan bagaimanakah model pembeliannya dan sebaiknya harus melakukan perhitungan secara matang.

  1. Harga

Selain seperti apakah model pembeliannya, factor di mana sangat berpengaruh terhadap ketersediaannya adalah harga dari bahannya sendiri. Sebagai para pelaku usaha sebaiknya memang harus berhati-hati dalam menyiapkan perhitungan biaya didalamnya.

  1. Kebijakan Pembelian

Selain itu, factor lainnya adalah kebijaksanaan pembelanjaan. Didalam sebuah perusahaan di mana akan berpengaruh terhadap ketersediaan.

Sehingga bisa tetap terjaga. Tidak sampai disitu saja, berapa besar dari biaya yang digunakan buat melakukan investasi ternyata juga akan berpengaruh terhadap hal ini.

  1. Waktu Tunggu

Ini berkaitan dengan adanya tenggat waktu yang dibuat ketika proses pemesanan dari bahannya dilakukan. Ataupun setelah bahan tersebut sampai ke tengan para konsumen.

Hal ini tentunya juga akan berhubungan secara langsung dengan pemesanan persediaan dan penyimpanannya. Harus diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi namanya kekurangan material.

Didalam berbisnis, tentu akan terdapat banyak komponen yang harus diperhatikan dengan baik. Termasuk keberadaan material di mana akan berpengaruh terhadap kegiatan operasional dari suatu bisnis. Demikian pengertian dari bahan baku adalah sekaligus dengan jenis-jenisnya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!