Home » Mengenal Brand Image, Pengertian, Tips dan Fungsinya Bagi Bisnis

Mengenal Brand Image, Pengertian, Tips dan Fungsinya Bagi Bisnis

Brand image adalah aspek terpenting dalam menjalankan usaha apapun. Dengan menjaga image dari merek produk, para pelanggan akan terus setia menggunakan produk perusahaan Anda. Sudah pasti ini akan berdampak positif terhadap pengembangan perusahaan itu sendiri.

Seringkali pebisnis pemula tidak terlalu mementingkan hal ini. Mereka lebih senang memikirkan strategi pemasaran baku. Hal ini konsisten dilakukan tanpa memikirkan metode cerdas untuk menjaga konsumen agar tidak pergi.

Seperti kita ketahui, persaingan di dalam dunia bisnis itu sangat ketat. Di dalam kondisi seperti ini, seorang pebisnis tidak boleh lengah sedikitpun. Kesalahan dalam membuat keputusan bisa membuat produk Anda gagal laris di pasaran.

Untuk mengantisipasi resiko tersebut, menjaga dan membangun image merek ini merupakan salah satu metode terbaik. Namun sebelum kita membahas bagaimana caranya, penting bagi Anda untuk memahami pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Brand Image yang Perlu Diketahui

Brand Image

Jika dilihat dari segi bahasa, tentu saja Brand Image ini adalah serapan dari Bahasa Inggris. Brand bisa kita artikan sebagai merek. Sedangkan image bisa kita artikan sebagai gambaran, wajah, atau citra.

Secara harfiah, istilah satu ini memiliki arti citra dari sebuah merek di mata para konsumen. Jadi jika kita bicara tentang image dari sebuah brand, hal ini tidak akan lepas dari konsumen yang menjadi target dari brand itu sendiri.

Jika diartikan lebih lanjut, image merek ini bisa kita anggap sebagai langkah-langkah yang harus ditempuh para pengusaha agar merek mereka miliki memiliki citra positif di mata konsumen. Sudah tentu hal ini akan membawa nilai positif terhadap perusahaan itu sendiri.

Secara otomatis ada banyak keuntungan yang didapat oleh perusahaan dari kondisi ini. Terutama keuntungan dari segi finansial. Upaya yang harus dilakukan juga sangat beragam dari mulai memaksimalkan pemasaran dan branding hingga meningkatkan kualitas produk perusahaan.

Tips Meningkatkan Brand Image Perusahaan

Brand Image

Setelah Anda memahami apa itu image pada sebuah brand, kini kita bisa melanjutkan pembahasan mengenai tips untuk meningkatkan brand image itu sendiri. Ada beberapa langkah bisa dilakukan. Ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini :

  1. Membuat Desain Logo Menarik

Logo adalah hal paling penting untuk sebuah brand. Jika Anda sedang merintis usaha dagang atau bisnis, pastikan logo perusahaan atau produk memiliki keunikan tersendiri. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kecocokan tersebut dengan selera target audiens Anda.

Penggunaan logo unik memberikan identitas tersendiri untuk setiap produk yang dijual oleh perusahaan. Di sisi lain, keberadaan logo ini akan memberikan nilai branding sangat optimal kepada produk perusahaan.

  1. Promosi Berkelanjutan dan Kampanye Iklan

Tips lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah menaikkan citra merek dari produk Anda. Caranya juga tidak sulit, Anda hanya perlu melakukan promosi secara berkesinambungan dan menerapkan metode kampanye iklan.

Metode iklan sendiri cukup variatif. Anda bisa memilih media elektronik atau digital di era modern ini. Namun pastikan untuk melakukannya secara terus menerus. Hal ini akan membuat konsumen selalu ingat dengan brand atau produk yang dipasarkan.

  1. Interaksi Dengan Konsumen

Cara lain yang harus Anda lakukan adalah memaksimalkan interaksi dengan para konsumen. Metode terbaik untuk merealisasikan hal ini adalah dengan menggunakan Media Sosial. Ada banyak medsos bisa digunakan di era modern ini.

Anda bisa memilih Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok dan lain sebagainya. Lakukan interaksi secara langsung dengan para konsumen agar kecintaan mereka terhadap produk Anda juga semakin kuat.

  1. Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Tidak kalah penting, tips lain yang wajib dilakukan adalah meningkatkan kualitas layanan dan produk dari perusahaan. Terutama layanan bagi para konsumen yang menggunakan produk Anda. Jangan pernah menyepelekan hal ini.

Kualitas layanan terbaik akan memaksimalkan kepercayaan konsumen pada setiap produk yang dipasarkan oleh perusahaan. Di sisi lain, layanan terbaik akan menjadi tolak ukur bagi konsumen baru terhadap brand image dari produk.

  1. Bekerjasama dengan Influencer

Tips meningkatkan image merek lainnya adalah bekerjasama dengan para influencer di media sosial. Jika Anda belum memiliki nama besar, bekerja sama dengan mereka yang sudah memilikinya adalah langkah terbaik.

Metode ini akan menjadi batu loncatan Anda untuk meningkatkan brand image dari produk atau perusahaan. Sudah tentu ada banyak dampak positif lain dari hal ini. Diantaranya adalah tercapainya target penjualan dan meningkatkan branding produk.

  1. Konsisten Menaikan Mutu

Apapun langkah marketing dari perusahaan, tetap saja kualitas adalah poin utama yang dinilai oleh para konsumen. Jangan pernah berpikir Anda bisa menjual produk tidak berkualitas dengan metode pemasaran bagus. Ini sama sekali tidak masuk akal.

Untuk mendapatkan taraf penjualan yang baik, Anda harus memastikan kalau produk yang dijual benar-benar memiliki mutu. Jangan berhenti sampai disitu,terus tingkatkan mutu produk agar konsumen Anda tidak pindah ke produk sejenis lainnya.

BACA JUGA:

Fungsi Brand Image Bagi Bisnis

Brand Image

Tidak bisa disangkal, peran atau fungsi dari image sebuah brand ini memang sangat besar. Terlebih lagi jika kita bicara kemajuan bisnis. Langsung saja, inilah beberapa fungsi dari image merek terhadap bisnis yang sedang dijalankan.

  1. Memberikan segmen pasar tersendiri bagi perusahaan
  2. Meningkatkan kelas dan kredibilitas perusahaan
  3. Menjadi pembeda dari bisnis lain yang sejenis
  4. Meningkatkan potensi keuntungan yang bisa didapatkan
  5. Meningkatkan peluang untuk mendapatkan konsumen baru
  6. Menambah daya tarik bagi konsumen

Jika Anda terjun ke dalam dunia bisnis, tentu saja ada banyak hal yang harus dipahami sejak awal. Tujuannya adalah memaksimalkan potensi sukses dan meminimalisir resiko kerugian sebesar mungkin. Salah satu hal tersebut adalah brand image yang sudah kita bahas di atas.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!