Home » Influencer Marketing: Pengertian, Manfaat dan Berbagai Jenisnya

Influencer Marketing: Pengertian, Manfaat dan Berbagai Jenisnya

Influencer marketing beberapa tahun terakhir sangat populer. Bahkan banyak bisnis kecil hingga besar melakukannya. Kegiatan marketing ini sendiri biasanya dikenal dengan sistem endorse.

Oleh sebab itu apabila Anda melakukan pertimbangan menggunakan strategi pemasaran yang satu ini maka wajib membaca informasi di bawah ini. Mengingat sekarang sudah banyak sekali strategi pemasaran yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha.

Tentunya strategi ini wajib diketahui oleh pemilik usaha agar memajukan bisnis mereka. Hal ini dikarenakan setiap jenis bisnis yang dijalankan pastinya akan ada persaingan sehingga memberikan efek terhadap usaha.

Jadi apabila Anda bingung ingin menggunakan strategi marketing yang mana maka bisa mencoba influencer marketing ini. Karena sistem yang sederhana tetapi bisa memberikan efek besar terhadap kemajuan bisnis  dan peningkatan pembelian produk Anda.

Pengertian Influencer Marketing yang Perlu Diketahui

Influencer Marketing

Apabila Anda masih bingung mengenai hal ini, sebenarnya merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggunakan orang dengan kepemilikan follower di media sosial dalam jumlah besar. Selain itu saat  ini juga menggunakan orang-orang yang memiliki pengaruh kuat.

Jadi biasanya dalam teknik marketing ini menggunakan selebgram, public figure, youtuber, maupun orang terkenal lainnya. Influencer marketing sendiri adalah salah satu bentuk kampanye tetapi berbasis konten di mana menunjukkan bahwa saat ini telah memasuki era digital.

Apalagi berdasarkan survei yang dilakukan oleh MuseFind menunjukkan bahwa 92% konsumen mempercayai iklan yang dilakukan oleh influencer. Hal ini dikarenakan sosial media dan influencer sendiri memiliki kekuatan besar dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sebab sosial media merupakan salah satu platform di mana semua orang memiliki pengikut aktif. Tidak heran jika saat ini kegiatan influencer marketing banyak dilakukan mengingat sudah banyak sekali bermunculan berbagai influencer di bidang berbeda.

Keuntungan Menggunakan Strategi Marketing ini

Influencer Marketing

Walaupun ada banyak sekali strategi marketing tetapi ada beberapa keuntungan bisa dirasakan ketika menggunakan influencer marketing. Hal ini pastinya wajib dipertimbangkan oleh pelaku usaha, beberapa keuntungan itu seperti:

  1. Dapat Membangun Kepercayaan

Influencer pastinya merupakan orang yang pertama sekali mendapatkan informasi mengenai produk tersebut, apalagi jika Anda memberikan barang sesuai dengan bidang influencer tersebut.

Hal ini menyebabkan ketika barang tersebut diiklankan kepada influencer maka berpotensi untuk menjadi populer dikarenakan orang percaya produk tersebut direkomendasikan oleh selebgram. Bahkan tidak jarang orang yang membelinya adalah idola dari selebgram tersebut

  1. Biaya Lebih Terjangkau

Alasan utama mengapa ada banyak sekali pengusaha menggunakan influencer marketing dikarenakan biayanya lebih terjangkau dibandingkan dengan strategi marketing lainnya. Tetapi hal ini tergantung dengan jumlah followers dari selebgram tersebut.

Jadi semakin besar follower mereka maka semakin tinggi juga harga yang dipatok. Tetapi jika dibandingkan dengan memasang iklan dalam jumlah besar pastinya biaya yang dikeluarkan untuk strategi yang satu ini jauh lebih rendah tetapi efektif.

  1. Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Sebagai pengusaha yang baru membangun bisnis maka menggunakan strategi marketing ini jauh lebih bagus. Hal ini dikarenakan para influencer menjadi trandsetter dalam sebuah kalangan. Dengan langkah ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan kepercayaan serta opini mengenai produk Anda.

Dengan langkah seperti ini maka bisa membantu para konsumen untuk mengenal produk atau brand mengenai bisnis Anda. Apalagi ada banyak sekali orang percaya mengenai produk yang direkomendasikan dibandingkan melihat iklannya saja.

Jenis Influencer Berdasarkan Followers

Influencer Marketing

Sebelum menggunakan influencer marketing maka Anda harus memilih seorang influencer. Sebenarnya influencer ini terbagi kedalam beberapa jenis berdasarkan dengan followers seperti jenis micro influencer, biasanya mereka adalah orang yang memiliki follower di kisaran angka 500 hingga 100.000 orang.

Bahkan banyak yang mengatakan bahwa tingkat keberhasilan promosi jika menggunakan micro influencer 80%. Selain itu terdapat juga makro influencer dimana jumlah followernya mencapai 1 juta orang.

Biasanya influencer yang sudah masuk ke tahap ini dianggap setara dengan selebriti kalau mereka belum mampu masuk ke dalam televisi. Bahkan ada banyak sekali perusahaan besar melakukan endorse dengan makro influencer.

Serta terdapat juga premium influencer, di mana untuk jenis ini pengikutnya lebih dari 1 juta orang. Biasanya para selebritis maupun orang berpengaruh biasanya masuk di dalam kalangan ini.

Pastinya ada banyak sekali brand besar yang mengontak untuk bekerjasama dengan mereka. Tujuannya selain untuk memperkenalkan produk juga agar meningkatkan minat untuk membeli produk tersebut menjadi lebih besar.

Jenis Influencer Berdasarkan dengan Bidangnya

Influencer Marketing

Jenis influencer tidak hanya dibedakan berdasarkan dengan banyaknya followers mereka tetapi bidang yang digeluti. Seperti kita ketahui bahwa saat ini sudah ada banyak sekali berbagai macam platfrom untuk membuat seseorang menjadi terkenal.

Untuk influencer yang biasa disebut selebgram adalah influencer yang ada di Instagram. Influencer di bidang yang satu ini sangat banyak dikenal oleh orang mengingat Instagram merupakan salah satu media sosial paling populer dan banyak digunakan saat ini

Untuk melakukan promosi juga sangat mudah di mana hanya perlu memposting foto melalui story atau akun. Terdapat juga youtuber yang merupakan influencer di youtube. Pastinya untuk youtube ini kontennya akan berhubungan dengan video.

BACA JUGA:

Salah satu jenis influencer Youtube yang yang banyak diminati adalah beauty influencer. Selain itu terdapat juga blogger yang merupakan influencer pada blog atau website. Untuk melakukan promosi mereka akan melalukannya di website milik sendiri.

Untuk pengaruhnya juga tidak kalah bagus karena mereka memiliki blog yang ratingnya sudah tinggi. Mereka bisa membuat konten tidak hanya berbentuk tulisan tetapi juga foto maupun video.

Oleh karena itu inilah beberapa informasi seputar strategi marketing yang satu ini. Dengan langkah seperti ini maka Anda bisa memilih influencer marketing apakah cocok untuk bisnis Anda atau tidak beserta dengan influencernya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!