Home » Email Marketing Adalah? Berikut Pengertian, Kelebihan dan Strategy yang Efektif

Email Marketing Adalah? Berikut Pengertian, Kelebihan dan Strategy yang Efektif

Kian hari pengguna internet makin meningkat, bahkan digunakan sebagai media promosi, salah satunya adalah email marketing. Bagi orang awam mungkin metode ini masih asing dan sulit dimengerti, tapi para marketer pasti mengetahuinya.

Penggunaan media promosi daring saat ini memang makin tinggi, terutama digunakan penjual untuk mencapai pasar lebih luas. Dengan lebih luasnya media pemasaran, maka akan makin tinggi prospek keuntungan dari penjualan.

Penggunaan media daring sendiri memberikan banyak manfaat selain cakupannya yang luas, yaitu membantu pelaku usaha menghemat biaya promosi, meningkatkan omzet, dan mempermudah kegiatan promosi.

Jadi, wajar saja apabila sekarang lebih banyak pelaku usaha tertarik memasarkan produk dan jasa melalui cara modern ini. Meskipun cara-cara konvensional tetap dipergunakan seperti dahulu.

Salah satu metode yang digunakan adalah melalui email atau surat elektronik. Strategi pemasaran menggunakan cara ini sangat efektif dan memberikan peluang kenaikan omzet penjualan yang tinggi. Jika Anda tertarik menggunakan metode ini, simak rincian berikut ini.

Apa Itu yang Dimaksud Email Marketing?

email marketing

Sebenarnya, pemasaran melalui email sudah digunakan sejak lama, tepatnya dibuat sejak 1978. Saat itu, penggunaan metode ini sudah mampu memberikan pendapatan hingga jutaan dolar Amerika.

Inilah yang membuat banyak pelaku usaha yakin penggunaan cara promosi melalui email ini sangat menjanjikan. Apalagi di zaman internet seperti saat ini, makin mudah menggunakannya.

Dulunya, email marketing masih dilakukan dengan cara konservatif, yakni mengirimkan surat kepada konsumen. Isinya berbagai promosi dari perusahaan atau produk tertentu sehingga menarik perhatian konsumen untuk membeli.

Namun, sekarang sudah jarang dilakukan pengiriman surat langsung ke rumah, tapi lebih banyak menggunakan layanan digital. Meskipun banyak yang menganggapnya sebagai mail spam.

Patut Anda ketahui bahwa pemasaran melalui email ini bukanlah spam atau kiriman salam dari kawan lama. Namun, berada di antara keduanya, hanya saja masih sering dianggap sebagai spam oleh pengguna internet.

Meskipun keberadaannya sering dikeluhkan, tapi apabila dimanfaatkan dengan benar bisa sangat menghasilkan. Sebab mampu membantu pelaku usaha berinteraksi dengan pelanggan dan menjalin relasi yang baik.

Mail pemasaran ini biasanya berisi informasi produk baru atau promosi terbaru dari sebuah perusahaan atau pelaku usaha. Misalnya, sebuah restoran yang mengirimkan mail berisi menu baru dan diskon untuk menu tertentu.

Dalam mail harus dimasukkan mengenai informasi produk atau jasa yang ditawarkan, seperti keunggulan dan manfaatnya. Selain itu, juga harus menggunakan bahasa yang baik dengan pemilihan kata saksama sehingga membuat pelanggan tertarik.

Mengapa Harus Menggunakan Email Marketing?

email marketing

Apakah menggunakan pemasaran melalui email penting? Sebenarnya, metode ini bisa dikatakan tradisional dibanding berbagai metode internet marketing yang ada saat ini. Namun, masih menjadi metode dengan tingkat keberhasilan tinggi.

Jadi, jika ditanya penting atau tidak, maka jawabannya penting. Karena itu masih banyak perusahaan yang menggunakannya. Alasan lain pentingnya menggunakan gaya promosi ini adalah:

  1. Dapat Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Pelanggan

Saat ini tidak ada usaha yang tidak ditiru oleh orang lain. Misalnya, Anda menjual desert box pertama, tapi dalam waktu seminggu atau dua minggu kemudian ada yang mengikuti.

Artinya, tidak ada usaha yang tidak punya saingan walaupun Anda menjadi pencetus ide usaha tersebut. Anda tidak mungkin melarang orang lain mengikuti usaha tersebut, bukan?

Hal yang harus dilakukan adalah menjaga pelanggan, salah satunya menggunakan layanan surat elektronik. Cara ini ampuh merebut hati pelanggan dan membuat mereka jadi lebih setia.

  1. Potensi Akusisi Tinggi

Anda tidak perlu cara yang ribet dan bisa menggunakan layanan email kapan saja. Hal ini membuat promosi dapat dijadwalkan dengan baik dan menjangkau konsumen dengan cara lebih dekat.

Selain itu, penggunaan email marketing memiliki tingkat akusisi konsumen baru lebih tinggi, yakni mencapai 81%. Sedangkan penggunaan metode social media marketing hanya berada di angka 51% saja.

  1. Biaya Murah dengan Potensi Keuntungan Tinggi

Alasan lannya adalah biaya yang digunakan berpromosi cenderung lebih murah, Anda mungkin tidak harus mengeluarkan biaya. Selain itu, juga menawarkan keuntungan lebih besar.

Strategi Email Marketing yang Efektif

email marketing adalah

Meski tidak terlihat langsung seperti penggunaan sosial media marketing, ternyata penggunaan pemasaran surat elektronik justru lebih efektif. Sebab saat ini ada 3,8 miliar pengguna email dari berbagai platform.

BACA JUGA:

Oleh sebab itu, penggunaan metode pemasaran melalui email ini menjadi sangat efektif menjaring konsumen. Langkah melakukan strategi promosi email marketing yang efektif adalah sebagai berikut:

  1. Mengenali kebiasaan calon pelanggan dan memahaminya. Dengan demikian, dapat mengirimkan konten email yang bisa menarik perhatian calon pelanggan tersebut.
  2. Tetapkan target penjualan dengan melihat hasil riset produk serupa untuk jangka waktu sebelumnya. Rata-rata hasil penjualan tersebut dapat digunakan untuk menetapkan target dan patokan batas penjualan.
  3. Kelompokkan pelanggan berdasarkan minat. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat kebiasaan calon pelanggan, lalu buat daftar tertentu. Misalnya, A suka produk kecantikan, dan B suka produk fashion.
  4. Tentukan jenis kampanye yang dijalankan. Hal ini dapat berbeda sesuai dengan profil pelanggan. Anda yang suka kampanye langsung, tapi tidak sedikit juga menyukai soft selling.
  5. Lakukan evaluasi hasil untuk melihat apakah strategi berhasil atau tidak. Caranya dengan membandingkan hasil capaian penjualan dengan target yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Satu hal penting saat Anda menggunakan layanan promosi menggunakan mail, yaitu jangan sampai mail tersebut masuk kategori spam. Karena akan mengganggu hubungan perusahaan dan pelanggan.

Hal ini juga membuat efektivitas dari mail tersebut tidak dapat diukur. Oleh sebab itu, gunakan layanan terbaik dan hindari menggunakan kata-kata berbau spam, seperti klik di bawah ini.

Kesuksesan penggunaan metode promosi ini sangat tergantung dengan masing-masing pengguna dan cara penggunaannya. Pastikan untuk selalu menggunakan service provider email marketing terpercaya dan efisiensikan penggunaannya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!