Secara umum, brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk mengenali suatu merek, seperti melalui gambar, nama, desain logo dan slogan-slogan yang digunakan oleh brand tersebut. Kemampuan tersebut akan mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan.
Tidak hanya untuk mengukur kemampuan calon konsumen dalam mengenali brand saja, melainkan juga mengaitkan dengan layanan atau produk dari perusahaan. Dengan kata lain, istilah tersebut sangat penting dalam bidang marketing.
Ketika kompetisi di suatu industri sangat tinggi, brand awareness bisa menjadi aset penting untuk bisnis Anda agar tetap bertahan. Apalagi dengan munculnya produk atau layanan-layanan baru yang sejenis, bukan tidak mungkin jika suatu merek bisa dengan mudah tergeser.
Saking pentingnya, tidak sedikit perusahaan atau bisnis yang menggunakan jasa profesional untuk membangun branding merek mereka agar dikenal masyarakat luas. Brand awareness adalah bagian dari strategi marketing yang harus menjadi perhatian para marketer atau manajer perusahaan.
Mau tahu lebih banyak tentang brand awareness? Berikut kami berikan ulasannya lengkap beserta pengertian, manfaat dan bagaimana cara memaksimalkannya. Lagi bangun bisnis? Yuk, wajib baca lebih lanjut.
Brand Awareness adalah Aset Penting Bisnis
Brand awareness adalah suatu indikator yang menjadi aset penting bagi perusahaan. Sering disebut sebagai “kesadaran merek” karena digunakan untuk melihat sejauh mana merek tersebut dikenali oleh sasaran, dalam hal ini konsumen.