Home » Iklan Adalah? Berikut Pengertian, Jenis, dan Tujuan Iklan

Iklan Adalah? Berikut Pengertian, Jenis, dan Tujuan Iklan

Dalam dunia bisnis kita tentu tidak asing dengan yang namanya iklan. Iklan atau advertising sangat dibutuhkan di setiap industri ataupun bisnis. Tanpa beriklan, bisnis kita tidak akan bisa berjalan dengan baik, yang ada malahan lemot.

Memang sih saat kita memutuskan untuk memasang iklan, kita harus berani mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Namun jika strategi iklan tersebut kita berhasil, maka apa yang menjadi target iklan kita akan tercapai.

Sebenarnya ada beberapa alternatif iklan yang murah, semisal seperti iklan kolom, iklan baris, iklan media cetak, dan lain sebagainya. Namun jika anda atau tim anda ahli dalam bidang digital marketing, tak ada salahnya menggunakan iklan jenis itu.

Apa yang Dimaksud Dengan Iklan

apa yang dimaksud dengan iklan

Menurut Wikipedia, Iklan adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, produk jadi, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditujukan kepada sebagian besar masyarakat. Iklan bersifat promosi atau menawarkan sesuatu, jadi biasanya iklan menggunakan bahasa yang persuasif.

Selain itu iklan juga disebut kampanye atau campaign. Iklan juga bersifat advertorial yaitu bentuk periklanan yang disajikan dengan menggunakan gaya penulisan jurnalistik yang lebih halus. Biasanya iklan advertorial ini lebih banyak ditemui di media nasional, koran, ataupun platform formal lainnya.

Jenis dan Bentuk Iklan

jenis jenis iklan

Setidaknya iklan memiliki 3 macam bentuk. Bentuk iklan ini menyesuaikan target iklan dan tujuan yang ingin dicapai. Jadi tidak mungkin jika anda menggunakan iklan penawaran untuk mengedukasi masyarakat. Dari segi copywriting nya saja sudah berbeda.

Sebelum anda membuat iklan, tentukanlah bentuk iklan yang ingin anda buat. Berikut ini adalah 3 macam jenis bentuk iklan dan penjelasannya.

  • Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah iklan yang bertujuan mengajak pembaca untuk membeli atau melakukan take action terhadap suatu produk. Semisal anda seorang pengusaha, maka anda akan sering bergelut di iklan penawaran. Apalagi untuk usaha yang belum memiliki nama, tentu anda akan lebih sering membuat iklan penawaran.

Contoh dari iklan penawaran ialah:

  • Iklan Barang: Tas, rumah, laptop, komputer, makanan, kebutuhan pokok, dan lain sebagainya.
  • Iklan Jasa: Jasa kurir, jasa percetakan, jasa antar jemput, jasa bersih bersih, dan lain sebagainya.

Iklan penawaran atau iklan komersial sering kita temui pada iklan display seperti banner, pamflet, reklame, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman adalah iklan yang bertujuan untuk mengumumkan sesuatu, entah itu barang hilang, event, berita duka, dengan target iklan yang lebih spesifik. Jadi tidak semua orang harus menjadi target iklan anda. Jika semisala anda mengadakan event pameran Anime, maka target iklan anda ialah para pecinta Anime.

Iklan pengumuman atau iklan pemberitahuan ini biasanya dipasang di koran, majalah, grup Facebook, komunitas, atau bahkan mouth to mouth. Jika anda mendapatkan iklan ini di salah satu channel periklanan, berarti anda menjadi target iklan tersebut.

  • Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum.

Contoh dari iklan masyarakat ialah kesadaran buang sampah, keluarga berencana, pentingnya vaksinasi, global warming, ajakan penerapan protokol kesehatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Iklan layanan masyarakat biasanya dikeluarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat, pemerintah, atau lembaga non profit lainnya. Iklan ini bersifat mengajak, jika semisal kita mengabaikan iklan ini, akan ada dampaknya buat sosial masyarakat kedepannya. Berbeda dengan iklan penawaran yang jika kita tidak memperdulikannya, maka tidak akan terjadi apa apa.

Tujuan Iklan

tujuan iklan

Setelah kita membahas tentang jenis jenis iklan, di bagian ini kami akan memaparkan apa sih sebenarnya tujuan iklan itu? Jika kita melihat dari pengertiannya saja, kita harusnya sudah bisa menyimpulkan, setidaknya ada 4 tujuan iklan secara umum. Dengan mengetahui tujuan iklan, anda akan jadi lebih terarah dalam beriklan sehingga anda bisa mengurangi kemungkinan boncos.

Ada 4 tujuan iklan secara umum:

  1. Memperkenalkan kepada orang mengenai suatu produk, layanan, jasa, lowongan kerja, pengumuman, ide, dan kegiatan. Pengenalan iklan bisa melalui iklan elektronik maupun iklan media cetak.
  2. Mempengaruhi target market anda untuk membeli barang atau jasa yang anda tawarkan.
  3. Meningkatkan angka penjualan produk dan jasa. Karena dengan beriklan kita bisa mendapatkan pelanggan baru dan juga menjangkau lebih banyak pasar.
  4. Membangun citra atau brand di mata masyarakat supaya mereka lebih aware dan melekat di pikiran mereka.

Dari keempat poin diatas bisa kita simpulkan bahwasannya tujuan iklan adalah meningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan. Namun perlu diingat, tidak semua iklan memiliki orientasi closing dan omzet saja, tapi juga memperkenalkan dan meningkatkan citra atau brand.

Dari pemaparan diatas mengenai pengertian iklan, jenis iklan, dan tujuan iklan, kini anda seharusnya lebih terarah sebelum memutuskan memasang iklan. Orientasi yang jelas sebelum beriklan akan menentukan kesuksesan iklan anda.

Dan tak ada salahnya anda juga menggunakan digital marketing sebagai salah satu metode iklan anda. Mengingat sekarang banyak orang yang menggunakan internet, jadi anda harus menyesuaikan teknik iklan supaya target iklan anda lebih kena.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!