Home » Branding Adalah | Ini Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Strategi Meningkatkannya

Branding Adalah | Ini Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Strategi Meningkatkannya

Ketatnya persaingan bisnis membuat para pengusaha harus terus berinovasi baik dari segi kualitas maupun teknik pemasaran. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membangun sebuah branding.

Branding dinilai menjadi salah satu poin krusial untuk keberlangsungan usaha di era globalisasi seperti sekarang ini. Tanpa adanya branding bisnis tidak akann bekebang bahaka bisa terancam guluing tikat.

Sebagian orang yang belum mengerti istilah ini mungkin masih bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan branding dan apa tujuan dari adanya sebuah branding. Jika itu adalah Anda, artikel yang membahas seputar pengertian branding ini mungkin bisa membantu.

Apa Itu Branding?

pengertian branding

Branding merupakan bentuk usaha yang bertujuan untuk menciptakan sebuah merek atau brand. Branding juga bisa dikatakan sebagai cara untuk mengidentifikasi bisnis yang sedang dijalankan. Dengan kata lain branding adalah proses membentuk sebuah visi, misi dan logo dari sebuah bisnis agar lebih dikenal secara lebih luas.

Unsur-Unsur yang Ada Dalam Sebuah Branding

apa itu branding

Setelah pengertian branding terjawab, poin selanjutnya adalah membahas seputar unsur-unsur dalam sebuah branding. Jadi, unsur paling penting dalam kegiatan branding adalah merek atau brand itu sendiri.

Meski demikian, merk atau brand itu juga harus didukung oleh logo atau identitas visual yang berguna sebagai pendukung kegiatan pemasaran. Tujuannya adalah agar merek yang Anda pasarkan dapat dikenal secara luas serta diingat oleh para konsumen. Berikut adalah beberapa unsur di dalam kegiatan branding:

  • Nama brand atau merek
  • Logo
  • Visualisasi tampilan
  • Juru Bicara
  • Suara
  • Slogan

Jenis-Jenis Branding yang Perlu Diketahui

Kegiatan branding umumnya dibedakan kedalam beberapa jenis antara lain adalah:

  • Product Branding

Product branding merupakan kegiatan dengan tujuan agar konsumen mau menggunakan atau membeli produk-produk yang Anda tawarkan. Dalam product branding ini terdapat beberapa elemen penting yang harus diperhatikan yaitu desain, logo, nama, packaging, pesan hingga deskripsi produk.

  • Personal Branding

Personal branding adalah sebuah proses untuk menarik minat serta persepsi masyarakat luas yang berkaitan dengan aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang. Dengan kata lain personal branding diartikan sebagai upaya seseorang dalam hal pemasaran karir, kemampuan atau pengalaman yang ia miliki untuk tujuan membangun merek atau branding.

Personal branding ini umumnya kerap dilakukan oleh kalangan public figure seperti artis, politisi dan musisi. Dimana nantinya mereka akan memiliki sudut pandang tersendiri di kalangan masyarakat.

  • Corporate Branding

Menurut sumber dari Marketing91, Corporate branding adalah sebuah action dimana pihak marketer mengandalkan merk atau nama besar perusahaan sebagai upaya beriklan atas semua yang berkaitan dengan keseluruhan identitas bisnis dalam semua saluran komunikasi.

  • Geographic Branding

Geographic Branding adalah salah satu jenis branding yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan sebuah produk maupun jasa sesuai dengan nama lokasi yang disebutkan.

Kita ambil contoh misalnya Anda menyebut Aceh, maka orang lain langsung akan mengenali dan mengingat Mie Aceh atau makanan khas Aceh lainnya. Atau jika menyebut Jogjakarta, maka orang langsung akan membayangkan Bakpia atau Gudeg Jogja.

  • Cultural Branding

Terakhir ada Cultural Branding dimana ini merupakan salah satu jenis branding yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah reputasi menyangkut orang dan lingkungan dari lokasi mapuan kebangsaan tertentu.

Fungsi dan Tujuan Dari Sebuah Branding

Branding mempunyai fungsi dan tujuan yang sangat penting untuk majunya sebuah perusahaan. Dan berikut adalah fungsi dan tujuan utama dari sebuah branding:

  • Branding Berfungsi Untuk Mengendalikan Pasar

Tujuan utama dalam sebuah branding adalah untuk mengendalikan laju persaingan pasar. Pelaku branding harus selalu berusaha bagaimana cara agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa melekat dan dikenal di masyarakat.

  • Branding Bisa Menjadi Pembeda

Selain menjadi pengendali pasar, branding juga bertujuan sebagai pembeda antara kompetitor lain. Karena menjadi pembeda, maka brand harus memiliki identitas yang unik dan berbeda dari kompetitor lain. Selain lebih spesifik, juga bertujuan untuk menghindari plagiarisme dalam sebuah brand.

  • Branding Sebagai Sarana Promosi yang Efektif

Tujuan lain dari branding adalah sebagai media promosi sebuah barang atau jasa secara lebih efektif dan terarah. Ini tentunya dibarengi dengan tampilan logo atau slogan yang dapat menjadi identitas. Promosi branding ini umumnya dilakukan secara lebih luas seperti sosialisasi ke pasar, sekolah, bazar, event hingga memanfaatkan media sosial dan elektronik.

  • Branding Dapat Membangun Citra Perusahaan

Fungsi dan tujuan branding yang terakhir adalah membangun citra dari perusahaan yang Anda rintis. Dengan adanya branding, sebuah produk yang ditawarkan akan jauh lebih terjamin sehingga konsumen merasa percaya dan yakin saat menggunakan produk atau jasa dari perusahaan Anda.

Dari pembahasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa kesimpulan bahwa tujuan branding tidak akan bisa terealisasi jika produk belum memiliki label yang paten. Label bertujuan agar masyarakat lebih bisa mengenal produk kita secara lebih jelas. Jika tanpa label, maka promosi yang susah payah dilakukan hanya akan berakhir sia-sia.

Strategi yang Bisa Dilakukan Untuk Membuat Sebuah Branding

Sudah ada gambaran tentang branding? Jika sudah pembahasan selanjutya adalah seputar strategi dalam sebuah branding. Ini merupakan langkah awal yang perlu Anda lakukan agar branding yang Anda bangun tidak berakhir sia-sia. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Membuat Sebuah Iklan

Dengan semakin majunya teknologi, kini beriklan menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Anda dapat melakukan kegiatan pemasaran melalui akun media sosial hingga memanfaatkan penggunaan website.

  • Mengadakan Event Besar

Selain media sosial, Anda juga bisa mengadakan atau mengikuti event atau bazar yang berkaitan dengan produk atau jasa Anda. Seperti contohnya Anda memiliki usaha kuliner, maka event yang bisa diikuti adalah festival kuliner atau bazar kuliner baik di daerah atau tingkat nasional.

  • Memberikan Nilai Pada Sebuah Produk

Ketiga berikan nilai pada produk yang sedang Anda tawarkan saat ini. Jangan hanya menggebu-gebu dalam membuat konten tanpa memperhatikan nilai atau kualitas dari produk Anda. Jangan lupa juga untuk memberikan konten edukasi dan manfaat jika orang lain menggunakan produk Anda.

  • Family Branding

Family branding adalah istilah dimana Anda menggunakan nama yang sama untuk produk lain yang berbeda. Contohnya seperti produk makanan Indomie, meski pada dasarnya ia merupakan mie namun memiliki banyak varian seperti mie goreng sambal matah, mie goreng aceh dan lain sebagainya.

  • Strategi Individual Branding

Terakhir ada strategi individual branding yang berarti memberikan nama tak sama atau berbeda di dalam satu merk produk. Seperti contohnya produsen Wings yang mengeluarkan merk Daia dan juga Soklin. Atau Unilever yang mengeluarkan shampo Dove dan Clear.

Manfaat Branding untuk Bisnis

Branding memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk kelanjutan bisnis. Ada loh perusahaan yang memiliki brand besar terutama untuk kaum elit. Sehingga mereka bisa memiliki valuasi perusahaan yang besar dan dapat meraup untung lebih besar. Siapa lagi kalau bukan Apple.

Selain dari segi sustainable bisnis, branding juga bermanfaat untuk memudahkan menjalankan bisnis. Tahukah anda kebanyakan pemain ekspor di Indonesia hanya rebranding produk dari supplier? Kekuatan brand akan mengubah persepsi konsumen. Berikut ini adalah manfaat branding untuk bisnis.

  • Menjadi Pembeda dari Produk Perusahaan Lain

Salah satu keunggulan memiliki brand sendiri ialah menjadi pembeda antar produk perusahaan lain. Jadi anda tidak usah khawatir bila produk anda ternyata sama dengan produk milik perusahaan lain. Selama ada brand yang melekat di dalam produk anda tersebut, maka produk anda memiliki nilai tambah sendiri.

Branding menjadi ciri khas unik yang membedakan dengan produk lain. Brand mampu menciptakan emosi dan perasaan lebih ketika membelinya. Sebagai contoh, bagaimana rasanya jika anda menggunakan tas merk Dior dengan tas biasa? tentu rasanya akan beda kan? ada status sosial tersendiri.

  • Memberikan Perusahaan Memperoleh Keuntungan yang Lebih Tinggi

Keuntungan branding salah satunya ialah memberikan perusahaan keuntungan yang lebih tinggi. Brand akan memudahkan orang orang mengingat tentang produk kita. Jika brand sudah melekat di pikiran, maka akan sangat mudah bagi kita mendikte pasar sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Ketika anda memiliki brand, anda bisa memberikan harga yang lebih tinggi dari harga pasaran. Bukannya customer gak suka harga tinggi? Belum tentu, semakin bagus brand maka semakin tinggi kepercayaan masyarakat buat membeli produk tersebut.

  • Menanamkan Loyalitas Pelanggan Terhadap Perusahaan Anda

Jika anda memiliki nama, maka pelanggan akan lebih mudah mengingat. Hal inilah yang kemudian membuat pelanggan akan lebih loyal terhadap produk yang anda jual. Loyalitas pelanggan tentu sangat berpengaruh kepada omzet yang anda hasilkan.

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang membuat pelanggan loyal dengan brand kita. Diantaranya yaitu brand kita sudah melekat di benak pelanggan, ada ciri khusus yang selalu diingat pelanggan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Memberikan Daya Tarik Konsumen

Daya tarik bisa kita dapatkan dari promosi yang kita lakukan. Faktanya jika kita hanya sebatas mengandalkan promosi saja, belum tentu brand kita mudah dikenal. Salah satu cara mengenalkan brand kita ialah dengan memberikan value kepada masyarakat.

Ada banyak sekali cara memberikan value supaya masyarakat dapat tertarik. Diantaranya yaitu bakti sosial dengan brand kita, mengadakan promo, mengedukasi pasar, dan lain sebagainya.

  • Memudahkan Melakukan Diferensiasi Produk

Cara memenangkan persaingan pasar ialah dengan melakukan diferensiasi. Distrupsi pasar dapat menciptakan diferensiasi produk, sehingga produk anda akan lebih unik dan tentunya memiliki value yang lebih besar.

Tidak hanya itu saja, produk anda akan lebih berbeda ketimbang produk milik kompetitor. Kemungkinan anda memenangkan persaingan akan jauh lebih besar.

  • Menjadi Identitas Perusahaan

Manfaat branding yang terakhir ialah sebagai identitas perusahaan. Sebelum anda membuat bisnis, pastikan anda harus mengerti identitas perusahaan yang ingin anda bangun. Supaya nantinya anda akan lebih mudah menyusun visi dan misi.

Identitas perusahaan juga bisa membuat produk ciptaan anda dikenal oleh masyarakat. Jadi pastikan buatlah brand atau identitas perusahaan sebaik mungkin. Karena itu adalah salah satu kunci bisnis.

Demikian pembahasan seputar pengertian branding lengkap dengan unsur, tujuan hingga strategi untuk meraih nya. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda yang saat ini tengah belajar seputar branding perusahaan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!