Home » Key Resources Adalah: Pengertian, Jenis dan Pentingnya Untuk Bisnis

Key Resources Adalah: Pengertian, Jenis dan Pentingnya Untuk Bisnis

Key resources adalah sumber daya yang harus dimiliki dalam sebuah bisnis untuk bisa mencapai tujuan. Ada banyak pebisnis yang kesulitan dalam menentukan sumber daya tersebut.

Kebanyakan pebisnis beranggapan bahwa satu-satunya sumber daya yang harus dimiliki untuk memulai bisnis adalah uang. Memang uang memiliki peranan besar dalam bisnis, namun uang bukanlah sumber daya satu-satunya.

Justru pemahaman seperti inilah yang membuat banyak bisnis baru mengalami kemunduran. Sebab bisnis tersebut hanya bergantung pada besaran modal uang yang dimiliki tanpa memanfaatkan sumber daya lainnya.

Jika Anda ingin membangun bisnis yang sukses, maka wajib memahami sumber daya kunci dalam melakukan bisnis. Silahkan pahami penjelasan dari kami berikut ini untuk mendalaminya.

Key Resources Adalah Kunci Dalam Menjalankan Bisnis

Semua orang sepakat bahwa bisnis tidak akan bisa berjalan tanpa adanya sumber daya. Namun kebanyakan orang memahami bahwa sumber daya untuk memulai bisnis hanyalah uang.

Padahal masih ada banyak sumber daya lain yang harus diperhatikan oleh pebisnis. Begitu pentingnya perihal sumber daya ini hingga menjadi salah satu elemen penting di dalam bisnis model canvas.

Keberadaan sumber daya kunci akan menentukan beberapa hal lain di dalam bisnis. Mulai dari key activities, key partner, cost structure dan berbagai hal lainnya dari sebuah bisnis.

Selain itu, sumber daya kunci juga merupakan aset berharga dalam pembuatan strategi bisnis. Dengan memahami sumber daya yang dimiliki, Anda bisa membuat strategi yang relevan.

Sebab memang rumus umum dalam mendapatkan keuntungan adalah memanfaatkan sumber daya sebaik mungkin untuk mencapai keuntungan paling optimal. Oleh karena itu key resources adalah kunci dari sebuah bisnis.

Jika Anda hanya memahami sumber daya sebagai uang, maka seluru strategi bisnis akan berpusat pada cara menggunakan uang. Pada akhirnya hal ini akan membuat pengeluaran bisnis menjadi sangat besar.

Anda bisa menekan pengeluaran tersebut dengan mengoptimalkan sumber daya lain yang dimiliki. Selain itu, pemahaman terhadap sumber daya lain in juga akan membuat fokus Anda terbagi secara ideal.

Dengan memahami bahwa sumber daya dalam bisnis bukan hanya uang, Anda akan lebih peduli pada hal-hal lainnya. Sebab ada banyak kasus kegagalan bisnis akibat sumber daya yang disia-siakan.

Jenis-Jenis Key Resources yang Harus Dipahami

Seperti kami sampaikan sebelumnya bahwa key resources adalah kunci dalam menjalankan bisnis. Key resources ini terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis sumber daya kunci yang harus Anda pahami.

  1. Sumber Daya Fisik

Jenis sumber daya pertama yang harus Anda pahami adalah sumber daya fisik. Hal ini meliputi aset-aset fisik yang dimiliki oleh perusahaan agar operasional bisnis bisa berjalan secara optimal.

Sumber daya fisik bisa meliputi gedung, kendaraan, mesin produksi dan berbagai aset fisik lainnya. Tanpa adanya aset fisik ini, operasional bisnis bahkan tidak bisa dijalankan.

  1. Hak Kekayaan Intelektual

Selain aset fisik, Anda juga memerlukan sumber daya berupa hak kekayaan intelektual. Hal ini meliputi paten, merk, brand image, copyright, database pelanggan, informasi rahasia perusahaan dan berbagai hal lainnya.

Bisnis Anda tidak akan berjalan tanpa adanya sumber daya tersebut. Sehingga bisa dipahami bahwa key resources adalah segala bentuk sumber daya untuk menjalankan bisnis yang tidak terbatas pada benda fisik.

  1. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia juga merupakan salah satu key resources yang harus dipahami oleh para pebisnis. Bahkan saat ini tidak jarang terjadi perebutan sumber daya manusia untuk mendapatkan pekerja berkualitas.

  1. Finansial

Tentunya finansial atau persoalan uang tidak bisa tidak dimasukkan ke dalam key resources. Hanya saja sumber daya finansial ini perlu dibagi lagi berdasarkan sumber dananya.

Sumber daya finansial sebuah bisnis bisa meliputi cash yang dimiliki perusahaan, kredit, obligasi hingga saham. Sehingga sumber daya finansial bukan hanya terdiri dari satu jenis yaitu cash semata.

Pentingnya Memahami Key Resources Pada Bisnis

Dengan menyadari bahwa key resources adalah hal penting di dalam bisnis, tentunya memahami hal ini adalah sebuah keharusan. Berikut ini adalah nilai penting bagi pebisnis untuk memahami key resources.

  1. Menentukan Langkah Awal Perusahaan

Sebagai hal yang harus ada dalam menjalankan bisnis, tentunya Anda harus mengadakan sumber daya tersebut. Hal ini akan menjadi langkah awal yang harus diambil ketika Anda memulai sebuah bisnis.

Sehingga dengan begitu Anda tidak akan langsung lompat ke langkah-langkah selanjutnya tanpa memiliki sumber daya yang memadai. Tentunya hal ini akan membuat proses awal bisnis berjalan lebih stabil.

  1. Penentuan Strategi Perusahaan

Strategi perusahaan pasti salah satunya akan didasarkan pada sumber daya yang dimiliki. Oleh karena itu Anda harus memahami sumber daya yang telah dimiliki dan harus dimiliki untuk membuat strategi perusahaan.

Sebagai kunci dalam menjalankan bisnis, key resources adalah hal penting yang tidak bisa dilepaskan dari strategi perusahaan. Tanpa mengacu pada sumber daya yang dimiliki, strategi bisnis tidak akan berjalan optimal.

  1. Penentuan Target & Capaian Perusahaan

Setiap bisnis tentu mengharapkan keuntungan maksimal. Namun tetap Anda harus membuat target dan capaian agar kinerja bisnis dapat dinilai secara objektif untuk perbaikan di masa mendatang.

Keberadaan sumber daya yang dimiliki akan menjadi salah satu asumsi dalam penentuan target. Jangan sampai Anda membuat target yang terlampau jauh hingga tidak realistis jika dibandingkan sumber daya perusahaan.

Keberadaan sumber daya di dalam perusahaan sangat penting agar bisnis bisa berjalan secara optimal. Sebab key resources adalah penentu dari jalannya kegiatan bisnis agar bisa optimal dalam mendatangkan keuntungan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!