Home » Model Bisnis yang Harus Anda Ketahui Untuk Membangun Usaha

Model Bisnis yang Harus Anda Ketahui Untuk Membangun Usaha

Model bisnis menjadi hal yang harus Anda perhatikan dengan baik. Beberapa waktu belakangan ini memang begitu banyak perusahaan bermunculan dan menjadi perusahaan rintisan atau yang lebih sering disebut dengan startup.

Tidak sedikit startup yang memberi berbagai macam bukti sukses, tentu saja kesuksesan tersebut disebabkan karena berbagai macam factor seperti model usaha.

Model usaha adalah sebuah model yang menjelaskan serta menjabarkan tentang seperti apa perusahaan tersebut bisa bergerak serta berkembang untuk mendapatkan keuntungan.

Sebuah model bisnis harus memiliki 3 karakteristik utama yakni sesuai dengan tujuan dari perusahaan, handal dan tangguh serta bisa memperkuat model tersebut sendiri. Substitusi, replikasi hingga focus pada pasar menjadi kekuatan model usaha bisa menjadi factor keberhasilan perusahaan.

Hal yang Berkaitan dengan Model Bisnis

model bisnis

Model usaha merupakan model dasar yang menjelaskan mengenai cara bisnis memperoleh keuntungan. Tentu saja dengan menggunakan komponen tersebut, bisnis bisa berjalan sesuai dengan arah yang jelas.

Hal ini disebabkan karena mereka sudah mengetahui dengan baik seperti apa produk yang diciptakan dan siapa yang akan menjadi target pasar. Model usaha jauh berbeda dengan bisnis plan. Komponen model usaha cenderung lebih focus mengenai cara bisnis memperoleh keuntungan.

Bukan hanya itu, model usaha yang bisa membuat bisnis yang sedang Anda geluti sekarang berbeda jauh dengan bisnis competitor. Oleh sebab itu bukan hanya menentukan produk yang ingin diciptakan namun juga harus mengetahui nilai yang diberi pada pelanggan.

Dengan demikian, pelanggan bisa lebih menyukai produk maupun layanan yang diberikan dari bisnis tersebut. Bila dilihat secara sederhana, model usaha bisa dibagi menjadi 3 bagian.

Model usaha bisa dibagi menjadi jenis produk yang dihasilkan serta ketersediaan tenaga kerja ketika membuat produk tersebut. Ada juga strategi pemasaran yang sedang dilakukan mulai dari pengiriman, distribusi sampai penjualan.

Bahkan strategi harga yang dipergunakan hingga metode pembayaran juga masuk dalam pertimbangan.

Manfaat dari Menggunakan Model Bisnis

model bisnis

Model usaha yang dirancang dengan baik dan bagus sudah pasti bisa mendatangkan keuntungan yang besar untuk sebuah bisnis. Hal ini bukan hanya karena bisnis tersebut disukai oleh pelanggan namun juga investor.

Berikut berbagai macam manfaat yang akan Anda dapatkan ketika membuat model usaha yang rinci dan runtut, seperti:

  1. Lebih unggul dibandingkan dengan competitor

Ketika membuat model usaha yang baik dan lengkap, hal ini menunjukkan jika Anda lebih unggul dibandingkan dengan competitor.

Lebih-lebih bila model usaha yang Anda miliki lebih menarik dan unik. Contoh sederhananya, Anda memiliki bisnis online yang bekerjasama dengan lembaga finance, sehingga pembelian bisa menggunakan metode paylater.

Sudah tentu hal ini menjadi sebuah poin lebih untuk bisnis Anda dibandingkan dengan competitor yang mungkin tidak memikirkannya.

  1. Memiliki manajemen keuangan teratur

Dengan membuat model bisnis yang baik dan jelas, Anda bisa membuat anggaran mulai dari proses produksi, jumlah tenaga kerja yang diperlukan dan lainnya, dengan melakukannya, Anda dapat mengatur keuangan dengan baik.

Lebih-lebih manajemen keuangan menjadi hal penting untuk dilakukan karena tidak sedikit bisnis yang langsung mengeluarkan uang tanpa anggaran dengan jelas.

  1. Bisa menarik investor lebih banyak lagi

Model usaha yang bagus bisa menarik perhatian dari investor untuk memberi pendanaan pada bisnis. Investor sebenarnya tidak begitu mempedulikan, apakah usaha yang Anda miliki sudah berjalan lama atau tidak.

Namun, investor sangat peduli dengan bisnis yang bisa memberikan banyak keuntungan, dengan model usaha yang jelas, investor tidak ragu memberi sejumlah suntikan dana.

Bagi pebisnis, tentu saja suntikan dana menjadi hal yang penting dan harus dimiliki demi keberlangsungan bisnis bukan.

BACA JUGA:

Berbagi Macam Model Bisnis yang Ada

model bisnis

Ada berbagai macam model usaha yang ada sekarang ini. Berikut macam-macamnya, seperti:

  1. Advertising

Advertising adalah model usaha yang memberikan penawaran produk seperti jasa periklanan. Beberapa waktu belakangan ini, model usaha ini begitu digandrungi dari maraknya bisnis online.

Aliran pendapatan advertising di dapatkan dari pemasangan iklan di web yang Anda kembangkan. Nantinya pelaku bisnis akan memasang iklan untuk memperoleh trafik tinggi.

  1. Manufaktur

Bisnis manufaktur merupakan model bisnis atau pabrik yang memproduksi barang kemudian menjualnya agar memperoleh keuntungan. Ketika melakukan penjualan, manufaktur biasanya langsung menjual pada konsumen.

  1. Marketplace

Di zaman serba canggih sekarang, marketplace menjadi sebuah bisnis yang begitu terkenal. Marketplace nantinya akan mempertemukan pembeli dan penjual secara online.

Biasanya marketplace menggunakan aplikasi maupun situs web. Model bisnis ini dapat memperoleh pendapatan dari berbagai macam sumber pemasukan, bahkan dari transaksi yang dilakukan.

  1. Virtual goods

Virtual goods merupakan sebuah produk virtual sesuai dengan kebutuhan konsumen dan hanya memberikan akses terbatas. Sehingga ketika ingin menikmati fitur lain, konsumen harus melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang diterapkan.

Sekarang ini model seperi virtual goods sangat diminati karena memiliki pendapatan yang menggiurkan dibandingkan dengan jenis lain.

  1. Affiliate

Affiliate merupakan bisnis yang dijalankan agar bisa memperoleh pendapatan dari system affiliate. Sehingga affiliate menggunakan link produsen yang produknya ingin dipasarkan dengan komisi sesuai kesepakatan.

  1. Waralaba

Mungkin Anda tidak asing ketika mendengar waralaba. Model usaha ini lebih banyak digunakan untuk usaha restoran, seperti makanan dan minuman.

Namun, tidak sedikit juga industry jasa yang menggunakan bisnis model waralaba ini seperti laundry, salon kecantikan, perawatan kecantikan dan yang lainnya.

Tentu saja dari penjelasan panjang tersebut dapat disimpulkan jika model bisnis begitu penting dimiliki oleh perusahaan atau pebisnis baru, bahkan bisnis yang mapan tetap memerlukan komponen ini.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!