Home » Memahami Pengertian Key Partners, Manfaat Serta Contohnya

Memahami Pengertian Key Partners, Manfaat Serta Contohnya

Ketika hendak memulai bisnis, Anda tidak boleh sampai melupakan key partners atau kerja sama. Sebab hal ini akan sangat penting dalam menunjang kesuksesan bisnis yang Anda bangun.

Untuk menjalankan bisnis tentu tidak bisa dilakukan seorang diri. Selain memerlukan tim internal untuk melakukan berbagai aktivitas bisnis, Anda juga harus menjalin kerja sama dengan pihak eksternal.

Bisnis yang dilakukan hanya seorang diri akan sangat rentan mengalami masalah. Sebaliknya, dengan bantuan dari banyak pihak, bisnis Anda bisa berjalan secara lebih baik walau terdapat rintangan di dalam prosesnya.

Seorang pebisnis yang ingin mendapatkan kesuksesan harus memiliki perhatian khusus terhadap kerja sama ini. Berikut ini akan kami jelaskan pentingnya kerja sama kunci dalam sebuah bisnis.

Memahami Pengertian Key Partners Serta Contohnya

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa kerja sama adalah sebuah keharusan dalam berbisnis. Kerja sama bukan hanya meliputi tim internal di dalam bisnis, namun juga dengan pihak eksternal.

Sebab dalam proses berjalannya bisnis, Anda pasti akan bersinggungan dengan banyak pihak. Tanpa adanya kerja sama dengan pihak-pihak tersebut, bisnis Anda tidak akan berjalan secara optimal.

Pentingnya kerja sama atau partner kunci ini bahkan terlihat di dalam bisnis model canvas. Partner kunci merupakan salah satu elemen yang harus Anda perhatikan untuk merencanakan sebuah bisnis ideal.

Sehingga bisa dipahami bahwa partner kunci adalah pihak-pihak penting yang memiliki pengaruh besar dalam berjalannya proses bisnis. Berikut ini adalah beberapa contoh dari partner kunci.

  1. Supplier Bahan Baku

Bagi Anda yang menjalankan bisnis produksi, pihak supplier merupakan key partners yang harus dipahami. Sebab proses produksi bisnis Anda akan sangat dipengaruhi oleh keberadaan supplier.

Tanpa adanya supplier, maka Anda tidak akan bisa melakukan produksi. Artinya Anda tidak akan memiliki produk untuk dijual ke pasaran. Sehingga Anda tidak akan bisa mendapatkan keuntungan.

  1. Distributor

Distributor juga merupakan salah satu partner kunci yang sangat mempengaruhi sebuah bisnis. Sebab biasanya pihak distributor yang akan langsung berinteraksi dengan para pelanggan di lapangan.

Sehingga penjualan produk Anda akan bergantung kepada para distributor. Sehingga Anda harus menjalin kerja sama yang baik dengan para distributor agar bisa meningkatkan penjualan produk.

Alasan Adanya Key Partners Dalam Bisnis

Secara umum telah dipahami bahwa bisnis tidak akan bisa berjalan jika dilakukan seorang diri. Namun secara detail keberadaan kerja sama kunci sangat penting untuk bisnis karena alasan berikut.

  1. Skala Ekonomi

Hampir tidak ada perusahaan yang memiliki seluruh sumber daya untuk menjalankan aktivitas bisnis. Sebab dibutuhkan modal ekonomi yang begitu besar jika ingin memenuhi seluruh kebutuhan sumber daya tersebut.

Dengan ada partner akan mempermudah memenuhi sumber daya tanpa harus memiliki skala ekonomi besar. Sehingga bisnis akan tetap berjalan secara lancar dan keuntungan bisa didapatkan.

  1. Mengurangi Risiko & Ketidakpastian

Bisnis memang sangat erat kaitannya dengan kompetisi. Namun melakukan kompetisi sejatinya akan meningkatkan risiko pada setiap bisnis yang bersaing di dalamnya. Oleh karena itu kerja sama dipilih untuk mengurangi risiko.

Dengan adanya key partners, sebuah bisnis akan memiliki kekuatan yang lebih besar dalam berkompetisi. Perusahaan juga akan mampu fokus pada peningkatan sumber daya tertentu sebagai nilai jual bisnis tersebut.

  1. Peningkatan Kemampuan Kinerja Perusahaan

Keberadaan partner akan mengurangi beban kerja dari sebuah perusahaan. Sehingga Anda akan memiliki sumber daya lebih yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kinerja di bidang lainnya.

  1. Perluasan Pemasaran

Kerja sama juga sering dilakukan dengan alasan perluasan pemasaran produk. Kerja sama ini biasanya dilakukan dalam bentuk kemitraan demi menjangkau area pasar yang lebih luas.

Sebagai contoh adalah dilakukannya kerja sama sebuah perusahaan dengan platform belanja online. Hal ini dilakukan agar perusahaan tersebut mendapatkan calon pembeli dari platform belanja online.

Jenis Key Partners Antar Bisnis

Kerja sama yang dilakukan antar bisnis bisa dibagi ke dalam beberapa jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis kerja sama atau kemitraan antar bisnis yang bisa terjadi.

  1. Buyer-Supplier

Jenis kerja sama pertama adalah hubungan antara pembeli dengan pemasok. Yaitu sebuah perusahaan menjadi pembeli produk dari supplier tertentu yang nantinya akan diolah kembali untuk membuat produk lain.

Hubungan kerja sama seperti ini sering terlihat pada perusahaan-perusahaan yang menjual barang. Sebab perusahaan tersebut biasanya tidak memiliki kemampuan untuk mengadakan bahan baku seorang diri.

  1. Aliansi Strategis

Beberapa bisnis juga bisa melakukan aliansi non-pesaing sebagai bentuk kerja sama untuk meningkatkan performa satu sama lain. Anda bisa melihat bentuk key partners ini dalam beragam jenis bisnis.

Kerja sama ini biasanya dilakukan antar bisnis untuk meningkatkan proses kinerja setiap bisnis. Contoh dari bentuk kerja sama ini adalah perusahaan IT yang bekerja sama dengan perusahaan penyedia makanan.

BACA JUGA: Apa Itu Key Resources dan Jenis-jenisnya

  1. Coopetition

Coopetition adalah kerja sama antar bisnis yang sebenarnya saling bersaing. Kerja sama ini dilakukan agar setiap bisnis bisa saling meningkatkan proses kerja satu sama lainnya.

Contoh dari bentuk kerja sama ini bisa dilihat dalam pengadaan pameran fashion oleh beragam rumah mode. Hal lain yang bisa dijadikan contoh adalah dibentuknya organisasi oleh beragam perusahaan tekstil.

Banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis hanyalah persoalan kompetisi. Bahwa sebuah bisnis harus mampu mengalahkan bisnis lainnya jika ingin mendapatkan kesuksesan. Namun sebenarnya anggapan ini sangat keliru.

Sebab ternyata kerja sama juga memiliki peranan penting dalam membangun bisnis. Bahkan tanpa adanya key partners, suatu bisnis tidak akan mampu beroperasi dan mendapatkan keuntungan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!