Home » Memahami Pengertian Cost Structure, Jenis dan Fungsinya Untuk Bisnis

Memahami Pengertian Cost Structure, Jenis dan Fungsinya Untuk Bisnis

Cost structure atau struktur biaya adalah hal yang tidak boleh dilupakan ketika Anda membuat perencanaan bisnis. Sebab biaya dalam bisnis harus dikontrol agar bisa mendapatkan keuntungan optimal.

Sudah menjadi sebuah konsekuensi logis jika sebuah bisnis harus mengeluarkan biaya tertentu. Sebab aktivitas-aktivitas di dalam bisnis tidak akan bisa berjalan jika tidak ada biaya.

Sayangnya hal ini seringkali tidak dipikirkan ketika hendak memulai sebuah bisnis. Proses perencanaan bisnis lebih banyak mengacu pada produk serta prospek keuntungan yang akan didapatkan.

Padahal gambaran terhadap prospek keuntungan juga akan sangat bergantung pada besaran biaya yang dikeluarkan. Tanpa adanya perencanaan struktur biaya, proses bisnis bisa berjalan dengan tidak optimal.

Memahami Pengertian Cost Structure Pada Bisnis

Seringkali para pebisnis pemula tidak memperhatikan besaran biaya yang harus dikeluarkan ketika memulai bisnis. Hingga akhirnya keuntungan yang didapatkan tidak terasa akibat besarnya biaya untuk menjalankan bisnis.

BACA JUGA:  Supplier Adalah? Berikut Arti Apa Itu Supplier, Jenis dan Fungsinya

Oleh karena itu struktur biaya sangat penting untuk diperhatikan ketika Anda hendak merencanakan bisnis. Struktur biaya adalah gambaran besaran pengeluaran untuk menjalankan segala aktivitas bisnis.

Dalam bisnis model canvas, struktur biaya akan dibuat berdasarkan key resources, key activities dan elemen lainnya. Sehingga dengan begitu Anda bisa mendapatkan informasi mengenai besaran biaya untuk setiap elemen.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!