Bisnis model canvas adalah gambaran mengenai usaha yang akan dijalankan. Rancangan ini digunakan untuk melihat seperti apa nantinya strategi bisnis tersebut dilakukan.
Sesuai dengan nama yang dimiliki, bisnis canvas ini dibuat dengan model framework sederhana. Model ini pertama kalinya diciptakan oleh Alexander Osterwalder, ia merupakan pengusaha yang berasal dari Swiss.
Dengan menggunakan gambaran ini, usaha yang akan dijalankan akan lebih mudah dijalankan, mulai dari ide sampai rencana yang bersifat realistis dengan cepat dan tepat.
Tentu saja bisnis canvas ini lebih ringkas bila dibandingkan dengan bisnis plan, inilah alasan mengapa bisnis canvas harus dibuat dengan mendiskusikan ide bisnis serta mengembangkannya. Bukan hanya itu, dengan cara ini Anda dapat mengambil keputusan dengan baik.
Daftar Isi
Elemen dalam Bisnis Model Canvas
Ada berbagai macam elemen yang berada di dalam bisnis canvas, berikut berbagai macam elemen tersebut, seperti:
Dalam bisnis canvas, elemen awal yang harus diketahui ialah segmentasi pelanggan, sehingga Anda harus menentukan mana pelanggan yang memiliki potensi melakukan pembelian produk yang Anda miliki.
Elemen yang lainnya adalah value propositions. Jika sudah mengetahui siapa konsumen yang akan menggunakan produk Anda, hal lain yang harus diketahui adalah nilai atau manfaat produk yang Anda ciptakan untuk orang lain.
-
Channel
Dalam bisnis model canvas, channel sebenarnya menjadi sebuah sarana untuk melakukan interaksi antara pelanggan serta diri Anda, entah untuk memiliki tujuan promosi maupun melakukan pembelian produk.
-
Customer relationship
Biasanya, channel dan customer relationship ini sukar dibedakan, sebenarnya jika Anda sudah mengetahui siapa yang menjadi pelanggan serta saluran yang digunakan, Anda bisa menentukan seperti apa nantinya perusahaan melakukan komunikasi dengan mereka.
Revenue streams merupakan sumber pendapatan bisnis. Di dalam elemen ini, Anda harus mengetahui bagaimana dan dari mana pendapatan tersebut masuk contohnya pendapatan dari penjualan produk hingga dari system berlangganan.
Key activities merupakan sebuah elemen yang menjelaskan seperti apa operasional di dalam bisnis tersebut.
Key resources merupakan sumber daya yang sesuai serta diperlukan dalam menjalankan aktivitas utama di dalam bisnis.
Key partners merupakan sumber daya yang berasal dari luar perusahaan dan diperlukan dalam bisnis.
Cost structure merupakan biaya untuk operasional bisnis.