Home » Key Activities Adalah: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Key Activities Adalah: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Memahami key activities adalah keharusan bagi semua orang yang hendak menjalankan bisnis. Sebab bisa dikatakan bahwa key activities atau aktivitas kunci adalah tonggak utama dari berjalannya suatu bisnis.

Dalam menjalankan suatu bisnis tentu ada hal yang harus Anda lakukan. Hal ini berupa dari proses awal pembentukan bisnis, pembuatan produk hingga pada akhirnya penjualan produk yang bertujuan mendapatkan keuntungan.

Secara sekilas kegiatan bisnis memang terkesan simpel. Namun ternyata jika dipahami lebih dalam, kegiatan bisnis lebih rumit daripada yang dibayangkan. Oleh karena itu pebisnis harus memahami hal ini sebelum berbisnis.

Tanpa memahami key activities, sebuah bisnis sangat berisiko melakukan kesalahan. Untuk menghindari hal tersebut, silahkan pahami penjelasan mengenai key activities yang telah kami rangkum berikut ini.

Memahami Key Activities Adalah Hal Wajib Sebelum Memulai Bisnis

Membangun bisnis yang baik memang bukanlah hal mudah. Ada banyak hal yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan dengan matang agar nantinya bisnis benar-benar bisa mendatangkan keuntungan.

Oleh karena itu membuat perencanaan adalah sebuah kewajiban bagi para pebisnis. Salah sat hal yang bisa membantu Anda dalam membuat perencanaan bisnis adalah bisnis model canvas.

Alat bantu tersebut berisikan elemen-elemen yang harus dipahami oleh pebisnis sebelum menjalakan sebuah bisnis. Salah satu elemen tersebut adalah key activities dari bisnis yang akan dijalankan.

Aktivitas kunci ini memberikan daftar atau gambaran kegiatan wajib yang harus dilakukan dalam sebuah bisnis. Tentunya aktivitas kunci tersebut akan berbeda antara satu bisnis dengan bisnis lainnya.

Bisa dikatakan bahwa key activities adalah hal-hal yang perlu Anda kerjakan ketika memulai bisnis. Tanpa melakukan kegiatan tersebut, bisnis Anda berpotensi mengalami masalah di masa mendatang.

Bahkan kegiatan kunci tersebut juga bisa dikatakan sebagai syarat dalam menjalankan bisnis. Sehingga mau tidak mau Anda harus menjalankan kegiatan tersebut agar bisnis bisa beroperasi secara optimal.

Banyak pebisnis yang gagal karena tidak memahami kegiatan kunci ini secara optimal. Mereka hanya melihat bahwa bisnis hanya meliputi aspek pembuatan produk dan melakukan penjualan.

Padahal jika ingin diurai, ada banyak kegiatan-kegiatan penting yang menjadi bagian dalam sebuah bisnis. Tanpa melakukan itu semua, bisnis Anda akan sulit untuk bisa bertahan dan mendapatkan kesuksesan.

Contoh Key Activities Dalam Sebuah Bisnis

Anda telah memahami bahwa key activities adalah hal penting yang wajib dipahami oleh para pebisnis. Namun mungkin Anda masih kesulitan dalam memahami kegiatan kunci tersebut secara riil.

Hal ini wajar karena banyak pebisnis yang juga mengalami masalah serupa. Oleh karena itu kami akan memberikan gambaran contoh kegiatan kunci di dalam sebuah bisnis yaitu seperti berikut ini.

  1. Melakukan kegiatan riset produk
  2. Membeli bahan baku untuk pembuatan produk
  3. Kegiatan produksi
  4. Kegiatan pemasaran produk
  5. Membangun sosial media untuk mendapatkan pelanggan
  6. Melakukan iklan melalui berbagai media
  7. Distribusi produk kepada pelanggan
  8. Penelitian dan pengembangan produk baru

Kegiatan-kegiatan di atas secara umum harus ada di dalam hampir semua bentuk bisnis bertipe penjualan produk. Tentunya kegiatan tersebut perlu disesuaikan kembali dengan jenis bisnis Anda.

Sebagai contoh jika bisnis Anda bergerak di bidang fashion, maka memahami trend fashion merupakan kegiatan kunci yang harus dilakukan. Hal ini tidak perlu dilakukan jika bisnis Anda adalah kuliner.

Memahami key activities adalah kegiatan untuk memahami bisnis Anda secara mendalam. Semakin detail pemahaman Anda terhadap sebuah bisnis, maka akan menghasilkan pemahaman kegiatan-kegiatan kunci yang semakin jelas.

Hal ini akan sangat membantu ketika Anda sudah memulai bisnis. Karena Anda tidak akan kebingungan mengenai hal-hal yang harus dilakukan agar bisnis bisa berjalan secara optimal.

Karena memang bisa jadi ada hal-hal yang terlewat ketika Anda melakukan perencanaan bisnis. Namun hal tersebut bisa diperbaiki ketika bisnis telah berjalan berdasarkan key activities yang telah dipahami.

Manfaat Memahami Key Activities Dalam Bisnis

Secara umum Anda dapat memahami bahwa key activities adalah rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam sebuah bisnis. Sebagian orang berpikir bahwa pada akhirnya kegiatan tersebut akan dilakukan secara alamiah.

Sehingga tidak perlu membuat daftar kegiatan kunci sebelum mulai melakukan bisnis. Padahal anggapan tersebut sangat keliru karena dengan memahami kegiatan kunci Anda bisa mendapatkan manfaat seperti berikut.

  1. Penentuan Kebutuhan Modal

Setiap bisnis tentu membutuhkan modal. Modal dalam artian luas bukan hanya meliputi uang. Namun juga terdapat modal lain yang harus dimiliki dan dikelola dengan baik oleh para pemilik bisnis.

Dengan memahami kegiatan kunci, Anda bisa memahami kebutuhan modal saat menjalankan bisnis. Sehingga pada waktunya tiba, modal tersebut sudah siap dan bisnis bisa langsung dijalankan.

  1. Pembuatan SOP

Key activities adalah kegiatan utama dalam sebuah bisnis yang harus dilakukan. Pada akhirnya kegiatan ini bisa diturunkan menjadi standard operasional procedure (SOP) yang harus dijalankan oleh semua elemen bisnis.

Keberadaan SOP sangat penting untuk menjaga kualitas bisnis dan produk Anda. Dengan adanya SOP bisnis bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya sehingga memastikan kualitas bisnis tetap prima.

BACA JUGA: Apa itu Revenue Stream dan Contohnya

  1. Penentu Langkah Bisnis

Bisnis tidak akan bisa bertahan lama tanpa adanya tujuan yang jelas. Tentunya untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan langkah-langkah yang harus diambil oleh Anda sebagai pemilik bisnis.

Keberadaan kegiatan kunci akan membantu Anda dalam menentukan langkah bisnis di masa mendatang. Sebab Anda telah memiliki gambaran mengenai kegiatan-kegiatan penting untuk melakukan pengembangan bisnis.

Perlu dipahami kembali bahwa kegiatan di dalam bisnis begitu kompleks dan saling terkait satu sama lain. Hal ini menunjukkan bahwa memahami key activities adalah pilar utama jika ingin membuat bisnis.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!