Home » Investasi Adalah: Pengertian, Tujuan, Contoh, dan Tips Supaya Untung  

Investasi Adalah: Pengertian, Tujuan, Contoh, dan Tips Supaya Untung  

Sekarang ini kegiatan investasi sangat marak di kalangan masyarakat, hal ini dikarenakan investasi adalah kegiatan yang dinilai dapat menguntungkan pelakunya. Tidak hanya itu saja, kegiatan ini juga dinilai dapat meningkatkan perkembangan ekonomi suatu negara.

Karena itu sekarang investasi tengah sangat digiatkan, salah satu caranya adalah dengan mempermudah syarat untuk mengikuti kegiatan ini.

Tapi, sayangnya tidak semua orang mengikuti apa itu investasi. Oleh karena itu di sini akan diberikan pembahasan terlebih dahulu, dari mulai pengertiannya, tujuan investasi, contoh, dan tips untuk bisa melakukan investasi dengan baik.

Pengertian Investasi

PENGERTIAN INVESTASI

Secara sederhananya investasi adalah sebuah kegiatan menanam modal, yang bisa dilakukan langsung ataupun tidak langsung dalam jangka waktu pendek ataupun panjang. Harapannya adalah modal itu akan berbalik, dan memberi keuntungan kepada penanamnya.

Tujuan Investasi

tujuan investasi

Sekarang saatnya untuk membahas tentang tujuan dari investasi. Utamanya tujuan investasi adalah mendapatkan keuntungan dari modal yang sebelumnya sudah ditanamkan, dalam kurun waktu tertentu baik itu jangka panjang atau pendek.

Namun begitu, ternyata masih ada beberapa hal lain yang dijadikan sebagai tujuan dari investasi diantaranya adalah:

  • Mendapatkan penghasilan tetap
  • Stabil secara ekonomi
  • Memiliki tabungan untuk masa yang akan datang
  • Jaminan dalam bisnis
  • Meningkatkan nilai suatu aset

Contoh Investasi

apa itu investasi

Ternyata banyak sekali tujuan dari kegiatan ini, dan semua tujuan tersebut menguntungkan. Selain mengetahui apa tujuan dari kegiatan ini, maka ada baiknya untuk mengetahui contoh investasi apa saja yang ada dan bisa dilakukan.

1. Emas

Pertama adalah investasi yang memang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia yakni investasi emas. Hanya saja bentuk emas yang diinvestasikan ini merupakan perhiasan, bukanlah emas murni dalam bentuk batangan.

Akan lebih baik jika emas yang diinvestasikan ini adalah emas batangan murni, karena nilainya akan selalu meningkat. Jenis investasi ini bisa dilakukan sebagai investasi jangka panjang maupun jangka pendek.

2. Saham

Dulu mungkin investasi ini tidak terlalu dilirik karena biaya awalnya yang sangat tinggi. Namun sekarang ada banyak sekali investasi saham yang bisa dilakukan dengan biaya awal murah, dan dengan keuntungan tinggi tapi berbarengan juga dengan resikonya yang tinggi.

Salah satu contoh investasi saham yang bisa dilakukan oleh pemula adalah investasi menggunakan aplikasi saham. Karena investasi di situ tidak perlu membutuhkan modal besar bisa dimulai dari Rp 10ribu saja.

3. Properti

Investasi yang menguntungkan selanjutnya adalah investasi properti, karena memang harga properti ini akan selalu merangkak naik. Apabila tidak memiliki modal yang terlalu besar, maka ada baiknya untuk menjadi marketing dulu dibidang investasi ini.

Jadi, investor bisa menjadi seorang “calo” untuk membantu pemilik menjual propertinya kepada konsumen. Nantinya investor ini bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut, melalui komisi yang diberikan.

4. Deposito

Mungkin investasi yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat, karena memang investasi ini sangat mudah untuk dijalankan. Apalagi sekarang minimum deposit untuk melakukan investasi ini sudah sangat kecil, dimulai dari Rp 10juta.

Cara kerja deposito ini sebenarnya hampir sama dengan tabungan, hanya saja suku bunga yang dimiliki jauh lebih tinggi dan uang tidak akan dipotong setiap bulannya untuk biaya administrasi. Oleh karena itu banyak yang lebih memilih investasi ini untuk menyimpan uang.

5. Reksa Dana

Bisa dikatakan bahwa contoh investasi ini baru mulai dikenal oleh masyarakat, dan memiliki banyak sekali penggemar. Hal ini tidak aneh, karena memang investasi ini sangat mudah untuk dilakukan dan modal awal yang dibutuhkan juga sangat kecil.

Apalagi reksa dana ini juga memiliki lima jenis yang tentunya bisa dijadikan pilihan oleh investor. Reksa dana sendiri adalah kegiatan investasi yang dana dari investornya dikelola oleh seorang manajer ahli untuk diinvestasikan supaya dapat memberikan keuntungan.

6. P2P Lending

Terakhir adalah p2p lending yang mulai memperlihatkan tajinya di dunia investasi, karena keuntungan yang dihasilkan terus tumbuh dan meningkatkan perekonomian. Hal ini tentu sangat menarik, terutama bagi seorang investor pemula.

Keuntungan dari investasi ini adalah cara kerjanya yang mudah dipahami, sederhananya adalah seseorang meminjamkan dana untuk dikelola dengan orang lain. Nantinya dana akan dikembalikan, dan juga akan ada tambahan keuntungan dari hasil usaha yang dilakukan tadi.

Tips Aman Berinvestasi

cara investasi

Sekarang saatnya untuk mengetahui apa saja tips yang aman dalam melakukan investasi. Tujuannya agar investasi ini dapat berjalan dengan aman, dan tentunya dapat memberikan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan.

  • Jangan serakah, karena kalau sekali saja serakah dalam melakukan investasi maka investasi tidak dapat berumur panjang.
  • Memilih platform investasi yang tepat.
  • Pastikan sudah memisahkan antara modal dengan dana lainnya.
  • Mulai dengan investasi yang paling dipahami.
  • Rencanakan dengan matang semua kegiatan investasi.

Inti dari tips kegiatan investasi adalah perlahan, dan jangan terlalu terburu-buru. Karena kalau hanya berpikiran ingin untung besar, kemungkinan investor akan menyerah di tengah jalan ketika investasi sedang lesu.

Padahal investasi adalah kegiatan bisnis yang pasti ada naik turunnya. Oleh sebab itu supaya prosesnya lancar, pastikan untuk menanamkan mindset dengan tepat supaya tetap kaffah dalam menjalaninya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!