Home » Biaya Variabel Adalah: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Cara Menghitungnya

Biaya Variabel Adalah: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Cara Menghitungnya

Biaya tetap dan biaya variabel adalah salah satu komponen pembiayaan yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Kedua biaya tersebut melekat pada setiap proses ketika perusahaan memproduksi sebuah barang atau jasa.

Contohnya, ketika sebuah pabrik olahan kedelai memproduksi sebuah tahu, terdapat pengeluaran berupa upah tenaga kerja, penggunaan perlengkapan, transportasi, dan masih banyak lainnya. Pengeluaran tersebut ada yang sifatnya tidak berubah maupun berubah.

Tujuan sebuah bisnis tentunya adalah menghasilkan keuntungan maksimal, karenanya harus memperhatikan dengan seksama pembiayaan bisnisnya. Perhitungan yang jeli serta perencanaan matang terhadap biayanya juga bisa mempengaruhi bentuk bisnisnya.

Biaya Tetap VS Biaya Variabel

Sebagai mana namanya biaya tetap (fixed cost) merupakan sebuah pengeluaran rutin yang besarannya tidak berubah atau cenderung sama pada jangka waktu tertentu. Sifatnya sangat sulit untuk berubah, karena akan mempengaruhi berbagai komponen bisnisnya.

BACA JUGA:  Rumus Cara Menghitung Harga Pokok Produksi dengan Mudah

Karakteristik utamanya adalah berapapun proses produksinya tidak akan mempengaruhi besaran pembiayaannya. Selain itu bersifat esensial artinya meskipun tidak sedang melakukan kegiatan produksi tetap harus mengeluarkan biayanya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!