Home » Revenue Stream Adalah: Pengertian, Contoh dan Aspek Pentingnya

Revenue Stream Adalah: Pengertian, Contoh dan Aspek Pentingnya

Masih belum banyak pebisnis yang menyadari bahwa revenue stream adalah salah satu kunci untuk bisa mempertahankan bisnis. Banyak bisnis yang gagal dan bangkrut akibat tidak memahami hal ini.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika membangun sebuah bisnis. Selain memperhatikan produk, Anda juga perlu memahami revenue stream atau aliran pendapatan dalam sebuah bisnis.

Sebab tidak bisa diungkiri bahwa keberadaan dana sangat penting bagi sebuah bisnis untuk bisa bertahan. Tanpa adanya dana, operasional bisnis tidak bisa dilakukan yang pada akhirnya akan bangkrut.

Bagi Anda yang belum memahami tentang revenue stream tidak perlu merasa khawatir. Silahkan simak penjelasan kami berikut ini agar mengenal dan memiliki pemahaman tentang revenue stream.

Revenue Stream Adalah Aspek Penting Dari Bisnis

Revenue stream atau aliran pendapatan adalah sumber penghasilan yang dimiliki oleh suatu bisnis. Dari aliran pendapatan tersebutlah bisnis bisa mendapatkan modal dan juga keuntungan untuk beroperasi.

Setiap bisnis akan memiliki revenue stream yang berbeda satu sama lainnya. Hal ini bergantung pada jenis bisnis, strategi yang digunakan serta beberapa hal lain dalam menjalankan bisnis.

Revenue stream sangat penting untuk dipahami bahkan sebelum memulai bisnis tersebut. Begitu pentingnya hal ini hingga revenue stream masuk menjadi salah satu komponen dalam bisnis model canvas.

Umumnya aliran pendapatan ini terbagi ke dalam dua jenis. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kedua jenis dari aliran pendapatan yang harus dipahami oleh para pebisnis.

  1. Transaction Revenues

Jenis aliran pendapatan yang pertama adalah transaction revenues. Aliran pendapatan ini bersifat satu kali bayar dalam satu kali transaksi. Umumnya pendapatan ini berasal dari penjualan produk.

Sehingga bisa dikatakan bahwa revenue stream adalah suatu kepastian di dalam sebuah bisnis. Sebab suatu bisnis pasti melakukan penjualan produk untuk bisa mendapatkan modal dan keuntungan.

  1. Recurring Revenues

Jenis aliran pendapatan yang selanjutnya adalah recurring revenues. Berbeda dengan jenis aliran pendapatan pertama, aliran pendapatan ini memiliki sifat mendatangkan uang secara terus-menerus dalam suatu waktu tertentu.

Sebab sumber pendapatan akan memberikan uang kepada perusahaan secara berkelanjutan. Dengan adanya sumber pendapatan ini akan membuat sebuah bisnis lebih tenang karena adanya kepastian pendapatan di masa mendatang.

Manfaat Memahami Revenue Stream Dalam Bisnis

Dapat dipahami bahwa revenue stream adalah sumber pendapatan yang dimiliki oleh suatu bisnis. Namun mungkin Anda bertanya tentang manfaat memahami hal tersebut di dalam bisnis.

Sebab secara sekilas memahami sumber pendapatan ini seakan tidak memiliki manfaat tertentu. Padahal anggapan tersebut sebenarnya keliru karena dengan memahami revenue stream, ada banyak manfaat yang didapat seperti berikut.

  1. Perencanaan Strategi Bisnis

Setiap bisnis tentu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dengan memiliki pemahaman tentang revenue stream bisnis, Anda bisa membuat strategi yang sesuai sehingga mampu mengoptimalkan keuntungan perusahaan.

Sebab untuk mengoptimalkan pendapatan, tentu Anda harus memahami sumber pendapatan tersebut. Dengan begitu perencanaan strategi bisnis yang dibuat bisa secara efektif dan efisien mengoptimalkan sumber pendapatan tersebut.

  1. Kunci Evaluasi Perusahaan

Revenue stream adalah aliran pendapatan yang dimiliki oleh sebuah bisnis. Dengan memahaminya, Anda bisa mengetahui besaran pendapatan dan keuntungan sebuah bisnis atas usaha yang telah dilakukan.

Hal ini merupakan kunci untuk melakukan evaluasi bisnis. Dengan melihat besaran pendapatan, Anda bisa memahami apakah strategi yang dijalankan sudah berhasil memberikan keuntungan sesuai target atau tidak.

  1. Membantu Pemilik Bisnis Dalam Mengambil Keputusan

Keputusan pemilik bisnis memang memiliki pengaruh yang sangat besar. Bahkan keputusan tersebut bisa berdampak pada hidup dan matinya sebuah bisnis. Oleh karena itu pemilik bisnis tidak boleh sembarangan mengambil keputusan.

Dengan memahami revenue stream, pemilik bisnis mampu mengambil keputusan yang lebih tepat. Karena pemilik bisnis akan memiliki gambaran mengenai hasil dari keputusan yang akan diambil tersebut.

Contoh Revenue Stream Dalam Bisnis

Saat ini Anda telah memahami bahwa revenue stream adalah hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Namun mungkin Anda masih memiliki kebingungan mengenai contoh dari revenue stream itu sendiri.

Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa contoh agar lebih mudah dipahami. Dengan melihat contoh ini, Anda akan mampu menganalisis dan memahami revenue stream pada bisnis Anda.

  1. Pembukaan Cabang Baru

Penjualan produk adalah contoh dari revenue stream yang paling mudah dipahami. Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk adalah dengan membuka cabang baru di tempat lain.

Dengan membuka cabang baru, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Sehingga orang-orang yang membeli produk Anda akan semakin banyak. Tentunya hal ini membuat pendapatan semakin meningkat.

  1. Penyewaan Aset

Revenue stream adalah sumber pendapatan yang bisa bersifat secara terus menerus. Contoh paling mudah untuk memahami hal ini adalah penyewaan aset yang dilakukan oleh perusahaan.

Sebagai contoh jika bisnis Anda memiliki aset berupa tanah atau gedung, maka aset ini bisa disewakan untuk mendapatkan pendapatan. Para penyewa akan melakukan pembayaran secara terus menerus selama masih menyewa.

  1. Investasi Modal Pada Bisnis Lain

Investasi juga merupakan salah satu aliran pendapatan yang bisa dimanfaatkan oleh sebuah bisnis. Caranya adalah dengan memberikan modal pada bisnis lain meski bukan dalam satu bidang yang sama.

Dari hasil investasi tersebut, sebuah bisnis bisa mendapatkan pendapatan berupa pembagian keuntungan ataupun penjualan saham. Oleh karena itu investasi ini bisa termasuk ke dalam jenis recurring revenues.

Sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adalah aliran pendapatan. Sebab revenue stream adalah kunci yang harus dipahami oleh para pebisnis untuk mempertahankan bisnis.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!