Home » Proposal Usaha Adalah: Pengertian, Tujuan dan Komponen Penyusunannya

Proposal Usaha Adalah: Pengertian, Tujuan dan Komponen Penyusunannya

Proposal usaha adalah adalah salah satu jenis proposal yang berkaitan erat dengan dunia usaha dan bisnis.

Apa saja yang termuat di dalam proposal usaha dan komponen penyusunannya? Supaya Anda juga tahu, tujuan dan manfaat pembuatan proposal.

Apa itu Proposal Usaha?

Jelasnya, proposal usaha merupakan sebuah dokumen yang dibuat oleh perusahaan untuk menawarkan produk atau jasa. Disebut juga sebagai penyampai informasi tentang perusahaan secara keseluruhan.

Proposal usaha memang sengaja digunakan untuk membujuk calon pembeli, mengadakan permintaan barang atau pengadaan dana. Sehingga dengan adanya proposal:

  • calon pembeli lebih yakin untuk membeli apa yang ditawarkan perusahaan;
  • penyedia barang bersedia mengirimkan barangnya untuk kelangsungan perusahaan;
  • pemilik dana yakin untuk mengalokasikan dananya supaya usaha terbantu dalam mengembangkan sayapnya.

Tergantung dari tujuan pembuatan proposal.

Secara garis besar, isi proposal usaha ialah seputar rencana, strategi, dan sasaran pemasaran. Termasuk uraian terkait solusi yang akan perusahaan lakukan untuk klien dan apa saja yang dilakukan perusahan.

Apa Tujuan Proposal Usaha?

Pada dasarnya, tujuan proposal usaha adalah:

  • Menyederhanakan proses penjualan B2B antara perusahaan dan pihak pembeli.
  • Lebih mudah mendapatkan tambahan dana dari investor untuk pengembangan perusahaan.
  • Mendapatkan izin dan dukungan dari sponsor.
  • Mengetahui seberapa layak bisnis dapat dipertahankan.
  • Mempermudah perencanaan usaha dan meninjau tujuan usaha yang telah dicapai.
  • Membantu mengatur keuangan usaha supaya lebih jelas dan aman.
  • Memberi peluang kesuksesan yang lebih besar karena usaha terencana dan mudah dikembangkan.
  • Membantu usaha berjalan sesuai dengan perencanaan awal yang telah dibuat.

Pastinya, proposal dibuat untuk menarik perhatian dan memberikan berbagai manfaat yang diterima perusahaan.

Jadi, secara tidak langsung manfaat proposal usaha adalah sebagai berikut:

  • Sebagai perbandingan antara rencana dengan hasil yang dicapai.
  • Membantu pengambangan sebuah usaha serta menguji strategi yang telah dibuat.
  • Salah satu manfaat proposal usaha adalah sebagai informasi untuk membuat keputusan eksekutif.
  • Informasi yang termuat dalam proposal, memberi gambaran terhadap biaya-biaya yang telah dan belum dihadapi perusahaan.

Lalu informasi apa yang tercantum dalam proposal usaha?

Apa Saja yang Termuat dalam Proposal Usaha?

Unsur-unsur yang termasuk komponen penyusunan proposal usaha adalah:

  • Deskripsi Usaha

Merupakan komponen pertama pembentuk proposal usaha. Bagian pendahuluan dan profil yang menjelaskan tentang visi, misi serta latar belakang berdirinya sebuah usaha secara singkat dan jelas.

Termasuk prospek usaha, rencana proyek, rencana pemasaran, kenapa memilih usaha tersebut serta tantangan yang dihadapi dan penyelesaiannya. Pada bagian profil, dicantumkan juga nama, lokasi, struktur organisasi, dan jenis usaha yang dijalankan.

  • Menjelaskan Produk

Jelaskan bagaimana produk bisa menjadi solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi klien. Jelaskan pula jenis produk yang Anda tawarkan, proses produksinya, dan kelebihan produk dibandingkan produk pesaing.

Merupakan bentuk salah satu tujuan penyusunan proposal usaha adalah menunjukkan keunggulan produk sehingga memiliki daya saing yang tinggi dan berpeluang besar diterima pasar.

  • Lokasi

Lokasi berkaitan erat dengan aspek pemasaran. Mulai dari cara memperoleh bahan baku yang akan diproduksi sampai memasarkan hasil produksi.

Menjelaskan berapa besar biaya yang dibutuhkan, harga yang nantinya ditawarkan kepada konsumen, dan bagaimana promosi dilakukan.

  • Target Usaha

Sampaikan sasaran usaha Anda atau STP (segmentasi, targeting, positioning) dan jenis pasar yang menjadi sasaran produk. Apakah pasar monopoli, monopolistis monopsoni, oligopoli, atau pasar persaingan sempurna?

Jelaskan secara detail konsumen yang Anda targetkan, seperti usia, kalangan, dan lokasi konsumen. Kemudian seperti apa strategi pemasaran yang diambil untuk mencapai target usaha dan menghasilkan penjualan.

  • Persaingan Usaha

Kenalkan persaingan usaha yang dihadapi usaha Anda dalam pasar. Tunjukkan di mana posisi usaha Anda di tengah persaingan tersebut. Kemudian gambarkan bagaimana strategi Anda untuk bisa keluar sebagai pemenang.

Sampaikan dengan jelas peluang Anda mencapai target yang sudah direncanakan.

  • Laporan Keuangan

Dalam setiap usaha, selalu ada laporan keuangan yang menjelaskan keadaan finansial usaha. Untuk itu dalam pembahasan proposal, penting untuk membahas biaya dalam setiap layanan yang disampaikan.

Mulai dari modal yang harus dikeluarkan, pengalokasian dana, penghitungan laba, ancaman resiko, target keuntungan dan kerugian sampai sistem bagi hasil yang diterapkan.

  • Manajemen Usaha

Jelaskan secara detail terkait struktur modal, aspek hukum terhadap usaha yang dijalankan, peranan usaha, dan bentuk kepemilikan usaha.

Sampaikan pula bentuk badan hukum usaha, apakah perseroan terbatas, CV, perseorangan, firma, persekutuan perdata, perjan, persero atau yang lainnya.

  • Syarat dan Ketentuan

Sistematika proposal usaha selanjutnya yaitu syarat dan ketentuan.

Berisi dokumen penjelas yang meringkas keseluruhan proposal tentang apa yang sudah Anda sampaikan dari awal sampai akhir. Tutup dengan apa yang Anda harapkan dari penerima proposal dan tambahkan kesepakatan yang akan disetujui kedua belah pihak.

  • Lampiran

Pelengkap proposal yang berisi gambar, grafik, akta perusahaan, SIUP, sertifikat, dan dokumen-dokumen penting lainnya. Lampiran memberikan bukti nyata dari yang sudah dijelaskan di dalam proposal.

Jadi, proposal usaha adalah salah satu komponen yang memberikan banyak manfaat terhadap perkembangan dan kemajuan sebuah usaha. Maka, mulai buat proposal usaha Anda sendiri supaya berpotensi besar pada keuntungan yang besar.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!