Home » Pasar Persaingan Sempurna, Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Kelebihannya

Pasar Persaingan Sempurna, Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Kelebihannya

Beberapa dari Anda mungkin masih belum mengerti apa itu pasar persaingan sempurna. Mungkin karena istilah tersebut masih terdengar asing karena jarang ditemukan ditengah-tengah masyarakat pada umumnya.

Sistem pasar di mana pembeli dengan penjual hadir dalam jumlah yang banyak. Barang yang ditawarkan relatif sama atau biasa disebut dengan homogen serta tidak memiliki kemampuan mempengaruhi harga.

Harga yang terbentuk di pasar tersebut terjadi karena interaksi antara permintaan dan penawaran saling disepakati. Maka dari itu, penjual dan pembeli tidak memiliki kemampuan dalam mempengaruhi harga.

Dengan kata lain harga yang terdapat di pasar tesebut terbentuk secara otomatis. Selain itu, sistem tersebut dianggap jauh lebih ideal karena banyak terdapat penjual yang menawarkan harga sesuai kesepakatan pembeli.

BACA JUGA:  Common Stock Adalah: Ini Pengertian, Ciri-ciri, dan Kelebihannya

Pada pasar sempurna, para pelaku usaha membentuk penawaran. Sedangkan pembeli menyampaikan keinginannya terkait produk baik benda atau jasa yang dibutuhkan sehingga terjadi kesepakatan antar dua pihak.

Ciri dari Pasar Persaingan Sempurna

Pasar tersebut memiliki struktur ideal karena dianggap mampu menjamin terwujudnya interaksi penjual dan pembeli yang sehat. Terbentuk karena prinsip tidak ada satupun pelaku usaha yang memiliki kekuatan dalam mempengaruhi harga.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!