Home » Supplier Adalah? Berikut Arti Apa Itu Supplier, Jenis dan Fungsinya

Supplier Adalah? Berikut Arti Apa Itu Supplier, Jenis dan Fungsinya

Di dalam dunia usaha ada seseorang yang memiliki tugas sebagai supplier, yang mungkin lebih dikenal sebagai pemasok barang. Namun ternyata pengertian dan tugasnya jauh lebih luas dari itu, karenanya di sini akan dibahas semuanya.

Apa Itu Supplier

Hal pertama adalah apa yang dimaksud dengan supplier? Karena sekarang ini banyak yang menyamakannya dengan distributor. Padahal sudah jelas keduanya memiliki tugas yang berbeda, meskipun keduanya terlihat sama.

Jadi supplier adalah seseorang ataupun sebuah perusahaan yang kegiatannya adalah memasok ataupun menjual bahan mentah kepada pihak lain. Pihak lainnya ini bisa berupa perseorangan juga, ataupun perusahaan yang kemudian diolah menjadi bahan matang.

BACA JUGA:  Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik dan Tujuan Penggunaannya

Jenis Supplier

apa itu supplier

Jadi, supplier ini merupakan seseorang atau perusahaan yang lebih fokus ke pengolahan bahan mentah. Meskipun begitu ternyata profesi ini masih dapat dibagi lagi berdasarkan jenis produk yang dihasilkan yakni jasa dan barang.

Supplier Barang

Pertama adalah seseorang yang mengirimkan produk bahan mentah, untuk kemudian diolah menjadi produk jadi. Misalnya untuk perusahaan buku, maka tugasnya hanya tinggal memasok bahan yang dibutuhkan seperti kertas.

Ternyata pemasok barang ini memiliki subjenis lainnya, yakni pemasok bahan material fabrikasi dan non fabrikasi. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

  • Pemasok bahan material fabrikasi yakni pemasok dapat menyediakan bahan yang sudah dipesan oleh perusahaan. Namun, sebelumnya bahan tersebut sudah terlebih dahulu mengalami proses di tempat pemasok sesuai dengan perjanjian awal.
  • Material non fabrikasi yakni pemasok hanya menyuplai bahan mentah untuk produksi saja. Tanpa terlebih dahulu mengalami proses apapun di tempat pemasok itu.
BACA JUGA:  Retail Adalah? Berikut Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Kerjanya

Supplier Jasa

Kalau pemasok jasa, tentu adalah seseorang yang memasok sebuah bahan untuk kemudian bahan tersebut dapat diolah menjadi sebuah jasa. Contohnya sebuah perusahaan pengiriman barang yang membantu mengirimkan produk ke perusahaan untuk bisa diolah.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!