Home » Retail Adalah? Berikut Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Kerjanya

Retail Adalah? Berikut Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Kerjanya

Bagaimana kamu mendefinisikan pengertian retail, dan apa yang harus kamu pahami tentang bisnis retail?

Simak lebih lanjut untuk mengetahui penjelasan tentang pengertian bisnis retail beserta fungsi, jenis, sampai contoh bisnis retail.

Apa itu Retail?

pengertian retail
einfochips.com

Retail adalah proses pendistribusian barang atau jasa kepada konsumen sebagai pengguna akhir. Artinya pemasaran produk atau jasa dilakukan dengan cara eceran atau satuan karena tidak untuk dijual kembali. Maka produk atau jasa tersebut langsung digunakan atau dikonsumsi untuk konsumen pribadi, bukan bisnis.

Jadi, pengertian industri retail yaitu industri yang melibatkan banyak pedagang eceran berskala kecil dan karyawan.

Itulah kenapa bisnis ritel berperan penting dalam perekonomian. Bahkan merupakan aset besar bagi perekonomian.

Bagaimana Retail Bekerja?

cara kerja retail
http://ipsnews.net

Arti retail dan reseller tidak jauh berbeda.

Cara kerjanya: Memasok barang dari grosir dalam jumlah besar sehingga nilainya lebih kecil. Selanjutnya retail akan menjual barang-barang tersebut dalam jumlah kecil dengan harga yang lebih tinggi.

Jadi, inilah beberapa pemain kunci dalam rantai pasokan retail:

  • Produsen

Bertugas memproduksi barang mentah menjadi barang jadi dan siap digunakan oleh konsumen.

Membeli barang secara langsung kepada produsen dalam jumlah besar dan menjualnya juga dalam jumlah besar.

  • Retail

Pembeli barang dari grosir dalam jumlah besar dan menjualnya dalam jumlah kecil kepada pengguna akhir.

  • Konsumen

Bertindak sebagai pengguna akhir yang membeli barang secara langsung kepada retail sesuai jumlah yang dibutuhkan.

Namun, seiring perkembangan teknologi dan pemasaran modern, beberapa perusahaan ritel besar berhubungan langsung dengan produsen tanpa membutuhkan grosir.

Ini dikarenakan, perusahaan ritel besar sudah memiliki fasilitas pengiriman dan penyimpanan sendiri.

Pada akhirnya akan memberikan pengalaman berbelanja bagi konsumen, karena mendapatkan harga yang lebih rendah.

Fungsi Retail

retail adalah 1
viewsonic.com

Inilah fungsi penting retail dalam pemasaran produk:

  • Penyortiran

Retail membuat keseimbangan antara produsen dan pelanggan. Di mana produsen lebih fokus memperbanyak produksi sementara pelanggan lebih suka membeli berbagai jenis barang dari produsen yang berbeda.

  • Melanggar Massal

Retail melakukan pembelian dalam jumlah besar dan menjual kepada pelanggan dalam jumlah kecil.

  • Saluran Komunikasi

Peran bisnis ritel yang sangat penting, yaitu menjadi perantara antara perusahaan dan pelanggan.  Mengkomunikasikan umpan balik dari pelanggan kepada perusahaan dan produsen.

  • Pemasaran

Bisnis retail adalah saluran terakhir dalam pemasaran. Jadi, retail adalah tempat bagi produsen untuk meningkatkan penjualan. Seperti memasang iklan, spanduk serta strategi lainnya.

  • Penanggung Resiko

Perubahan permintaan, gaya atau mode, dan harga yang fluktuatif menjadi faktor utama timbulnya kerugian. Belum lagi jika ada kehilangan, penurunan kualitas, kebakaran, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, ada beberapa jenis retail yang memang mengkhususkan diri dalam berbagai teknik penjualan dan melayani berbagai jenis konsumen.

Contoh Bisnis Retail

apa itu retail
/reachretail.wordpress.com

Berikut beberapa contoh retail yang masing-masing memiliki penawaran sendiri untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen:

  • Toserba

Department store tradisional yang menjual berbagai macam barang berdasarkan kategori. Seperti sepatu, produk kecantikan, peralatan rumah tangga, perhiasan, pakaian, dan banyak lagi. Contoh: Carrefour, Hypermart, atau Matahari.

  • Supermarket atau Toko Kelontong

Penjual berbagai jenis makanan dan minuman, termasuk elektronik dan produk rumah tangga.

  • Pengecer Gudang

Menjual barang dalam jumlah besar atau dalam jumlah yang tidak tersedia di gerai ritel lainnya atau disebut Warehouse Retailer.

Menjual produk secara online dengan harga lebih rendah dari harga eceran walaupun pembelian dalam jumlah sedikit. Pengertian online retail lebih jelasnya yaitu seperti e-Commerce.

Contohnya: Alibaba, eBay, Amazon, Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Zalora, Blibli, dan banyak lagi.

  • Outlet

Pengecer khusus yang menjual satu merek dengan berbagai macam atau satu produk saja. Contoh: Victoria’s Secret, Nike, atau Toys ‘R’ Us.

  • Pengecer Diskon

Penjual produk obral dengan harga yang lebih rendah sehingga lebih hemat bagi konsumen.

Berikut contoh bisnis retail di Indonesia yang berpangkal:

  • Indomaret
  • Alfamart
  • Toko sayuran
  • Toko buah segar
  • Agen makanan atau sembako dan lain-lain.

Sementara contoh usaha retail di indonesia yang tidak berpangkal yaitu:

  • Tukang sayur keliling
  • tukang roti keliling dan sebagainya.

Karakteristik Retail

karakteristik retail

Berikut beberapa karakteristik retail yang menjelaskan perbedaan retail dengan grosir:

  • Kontak langsung dengan pelanggan – Retail sebagai mediator antara pelanggan dengan grosir, dan pelanggan dengan produsen.  Tergantung dari sistem pendistribusian yang digunakan.
  • Hubungan langsung dengan pelanggan – Retail membantu pelanggan dalam membuat keputusan, produk atau layanan mana yang akan dipilih.
  • Persediaan barang dalam jumlah kecil – Berbeda dengan grosir dan produsen. Retail hanya melakukan penyimpanan dalam jumlah kecil.
  • Persediaan barang dengan merk yang berbeda – Jika produsen hanya mendistribusikan satu merk untuk berbagai jenis produk, maka retail memasok barang dengan merk dan jenis yang berbeda. Biasanya, produk yang disimpan retail disesuaikan dengan permintaan pasar.

BACA JUGA: Pengertian Stock Opname dan fungsinya

  • Penghubung pelanggan dengan perusahaan – Retail bertindak langsung sebagai perwakilan perusahaan dalam menerima kritik dan saran dari pelanggan. Jadi retail bisa menjadi kontak langsung antara pelanggan dengan perusahaan.
  • Tempat peletakan barang terbatas – Toko ritel memiliki ruang rak yang terbatas dan hanya menyediakan stok barang dengan permintaan yang tinggi.
  • Harga barang maksimum – Produk di toko ritel dijual dengan harga eceran yang disarankan. Jadi, harga yang ditetapkan adalah harga maksimum dari sebuah produk.

Sekian pembahasan terkait pengertian retail, karakteristik, fungsi, cara kerja, dan beberapa contoh bisnis retail.

error: Content is protected !!