Home » Agen Adalah: Berikut Pengertian, Jenis dan Berbagai Kelebihannya

Agen Adalah: Berikut Pengertian, Jenis dan Berbagai Kelebihannya

Agen adalah salah satu kata yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena istilah satu inipun banyak digunakan oleh masyarakat terutama bagi seseorang yang bergelut dalam dunia bisnis.

Tidak sampai disitu saja, mereka pun ternyata mempunyai peran sangat penting. Walaupun demikian, tidak banyak orang memahami apa sebenarnya definisi alias pengertian dari agen itu sendiri.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena keberadaannya sendiri ada banyak hal didalamnya. Tetapi yang paling penting adalah keberadaan mereka dalam dunia perekonomian di mana menjadi perantara produsen sekaligus konsumen.

Itulah mengapa untuk memahami pengertian dari agen, kami sudah menyiapkan beberapa informasi pentingnya dibawah sehingga dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk Anda. Langsung saja, simak rangkuman yang sudah kami siapkan berikut ini.

Pengertian Agen Adalah Berikut Ini

Sebagian besar dari Anda pasti sudah sering mendengar istilah satu ini tetapi masih bingung bagaimanakah mengartikannya bukan? Dalam dunia perekonomian agen merupakan pihak penyalur kepada produsen ataupun perusahaan tertentu.

Di mana akan menjualkan produk ataupun jasa yang dijual oleh perusahaan tertentu. Secara umum, mereka mempunyai peran sebagai penghubungan konsumen dengan perusahaan penyedia barang maupun jasa.

Dilihat sekilas, keberadaan mereka memang terlihat sama dengan distributor. Tetapi apabila menengok pengertiannya maka keduanya mempunyai perbedaan cukup signifikan didalamnya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena distributor sendiri merupakan penyalur. Di mana bekerja atas nama perusahaannya sendiri sehingga memiliki tugas untuk membeli, menjual, menyimpan ataupun melakukan pemasaran.

Terutama terhadap barang-barang tertentu jika ingin dipasarankan. Sedangkan tugas dari bidang pekerjaan ini hanyalah untuk memasarkannya sendiri.

Agen adalah pihak yang sangat penting terhadap suatu bisnis. Itulah mengapa untuk memahaminya lebih jauh lagi, maka perlu untuk mengetahui bagaimanakah ciri-ciri mereka tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai jangkauan wilayah pemasaran yang tidak luas
  2. Jumlah produk yang dipasarankan cenderung sangat terbatas. Sedangkan seorang distributor mempunyai kewenangan untuk bebas membeli dan menyimpan barang sebanyak mungkin.
  3. Mereka akan menjual kembali barang-barang tersebut kepada reseller dan dijual mereka kembali
  4. Sistem jual beli didalamnya dapat memanfaatkan keberadaan sistem komisi
  5. Mereka tidak akan melayani konsumen yang ingin melakukan pembelian secara langsung
  6. Mereka akan membuka adanya peluang reseller kepada pihak lainnya
  7. Biasanya mereka akan menjual satu produk saja dan tidak boleh menjual produk sama dari pesaing
  8. Tidak diwajibkan mempunyai izin usaha untuk bisa bekerja di bidang ini

Jenis-jenis Agen yang Perlu Diketahui

Sama seperti dengan pihak-pihak lainnya yang mempunyai peran dalam dunia perekonomian, agen inipun ternyata juga mempunyai beberapa jenis alias penggolongan didalamnya. Setiap jenisnya mempunyai peran jauh lebih spesifik lagi.

Adapun penggolongan tersebut dibedakan menjadi 2 jenis yakni penunjang sekaligus pelengkap. Untuk memahaminya lebih lanjut, maka simak penjelasan mengenai kedua penggolongan tersebut.

  1. Agen Penunjang

Jenis diatas untuk agen adalah pihak yang mempunyai aktivitas khusus dalam memindahkan produk barang ataupun jasa tertentu. Didalamnya sendiri juga terdapat pembagian khusus diantaranya adalah agen pengangkutan borongan, penyimpanan, pengangkutan khusus, hingga penjualan dan pembelian.

Tujuan dari diadakan kegiatan tersebut biasanya adalah guna melakukan pemindah tangananan suatu barang. Caranya adalah dengan menggunakan cara tertentu di mana mampu menimbulkan hubungan secara direct kepada seller dan buyer.

Keberadaannya pun ternyata juga mempunyai peran penting dalam dunia perdagangan. Karena ruang kerjanya jauh lebih luas dan langsung bisa melayani berbagai macam kebutuhan dari suatu kelompok tertentu.

  1. Agen Pelengkap

Tugas agen adalah melaksanakan jasa tambahan buat menyampaikan ataupun menyalurkan barang sekaligus memperbaiki adanya kerusakan didalamnya. Ada beberapa tugas yang dilakukan oleh jenis ini seperti jasa pemilihan, finansial, informasi hingga jasa khusus.

Jasa inipun juga akan dibedakan sesuai dengan apa yang mereka tawarkan tersebut. Sehingga keberadaannya dapat digolongkan kembali sesuai dengan jenisnya apakah mereka bergerak di bidang keuangan, pengambilan keputusan, ataupun penyediaan informasi.

Kelebihan dari Menjadi Seorang Agen

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, peran agen adalah sangat penting untuk dunia perekonomian terutama marketing. Itulah sebabnya, pekerjaan satu inipun ternyata mempunyai peminat cukup banyak.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dengan bekerja di bidang inilah maka terdapat beberapa kelebihan yang akan diperoleh. Adapun kelebihannya tidak boleh disepelekan begitu saja karena pekerjaan satu ini berpeluang memberikan hasil cukup besar, berikut beberapa kelebihannya:

  1. Potensi Keuntungan Besar

Seperti telah disinggung sebelumnya, dengan menjadi seorang agen inilah maka potensi untuk mendapatkan keuntungan besar dijamin akan didapatkan oleh Anda. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena biasanya setiap daerah hanya mempunyai satu agen resmi saja.

  1. Tidak Dikejar Target

Bekerja untuk mengejar target terkadang memang menjadi momok tersendiri buat sebagian besar orang. Tetapi hal tersebut dijamin tidak akan pernah didapatkan apabila berkerja dengan bidang satu ini, sebab biasanya Anda tidak akan dituntut untuk melakukan penjualan sesuai dengan target.

  1. Dapat Bekerja Secara Fleksibel

Tidak seperti dengan seorang distributor, untuk Anda yang ingin mempunyai pekerjaan satu ini maka waktu kerja jauh lebih fleksibel. Terlebih lagi kegiatan penjualannya sendiri bisa dilakukan oleh para reseller.

BACA JUGA: Perbedaan Hukum Permintaan dan Penawaran

  1. Lebih Praktis

Kelebihan lainnya adalah dengan bekerja di bidang satu inipun ternyata juga jauh lebih praktis. Karena Anda hanya akan menjual satu jenis barang saja dari perusahaan tertentu.

Dengan cara inilah dijamin Anda tidak akan pernah bingung dalam proses pemasarannya nanti. Dalam dunia perekonomian memang terdapat pihak-pihak yang mempunyai peran sangat penting didalamnya.

Tidak terkecuali dengan keberadaan pihak diatas di mana memiliki tugas cukup penting. Agen adalah salah satu pihak di mana berpengaruh besar terhadap kesuksesan dari suatu bisnis atau perusahaan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!