Home » Apa Itu Brand Ambassador & Efektifkah untuk Bisnis? Pahami Tipsnya

Apa Itu Brand Ambassador & Efektifkah untuk Bisnis? Pahami Tipsnya

Menggunakan brand ambassador sepertinya sudah menjadi salah satu strategi marketing pada kebanyakan pemilik atau manajer bisnis. Apa itu brand ambassador? Seberapa efektif untuk marketing? Bagaimana cara melakukannya?

Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengan istilah ambassador. Seperti pada merek produk ternama yang biasanya menggunakan ambassador atau duta merek dari orang berpengaruh/ kalangan artis.

Namun sebenarnya untuk mempekerjakan ambassador tidak harus dari individu yang terkenal. Tidak sedikit perusahaan baru yang memanfaatkan karyawan dari divisi marketing, HR, atau lainnya sebagai ambasador mereka.

Secara garis besar juga bisa dikatakan bahwa tujuan menggunakan duta tersebut yakni untuk meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen. Tentu ada anggaran yang harus disediakan dan biasanya tidak sedikit jika ingin menggunakan duta.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan ambasador, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa pengertiannya, fungsi dan hal-hal yang perlu diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, berikut kami berikan ulasan lengkap tentang brand ambasador.

Memahami Pengertian Brand Ambassador dalam Bisnis

brand ambassador

Suatu perusahaan akan selalu menggunakan berbagai upaya marketing untuk meningkatkan kesadaran terhadap merek mereka. Bukan hanya untuk meningkatkan penjualan saja, melainkan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Salah satu upaya untuk membangun kesadaran merek tersebut yakni dengan menggunakan brand ambassador atau disebut juga duta merk. Penggunaannya sendiri bisa secara resmi maupun tidak.

Ambassador merupakan seseorang yang diandalkan dengan cara disewa dalam jangka waktu tertentu untuk menjadi icon perusahaan. Tugasnya jelas yakni mempromosikan layanan atau produk dari perusahaan tersebut.

Biasanya duta brand merupakan individu dari influencer atau seseorang yang terkenal. Mereka akan membagikan informasi dan review positif terkait produk perusahaan melalui berbagai channel seperti media sosial, televisi, brosur atau lainnya.

Misalnya seorang artis X yang menjadi ambassador dari brand Y. Maka pada kebanyakan konten marketing perusahaan Y tersebut akan menggunakan icon, foto atau video si artis X. Mudah dipahami bukan?

Mengapa harus Menggunakan Brand Ambassador?

apa itu brand ambassador

Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia baru-baru ini menggunakan brand ambassador dari salah satu artis terkenal di Korea Selatan. Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya ambasador sebagai salah satu aset untuk meningkatkan branding perusahaan.

Agar lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat duta merek yang harus diketahui:

  1. Menjaga Reputasi Brand

Melalui kegiatan branding yang positif dari duta merek akan membantu menjaga reputasi perusahaan Anda. Bahkan ketika citra perusahaan sedang kurang baik bisa diatasi dengan merekrut ambassador baru yang mempunyai image positif serta disukai oleh mayoritas masyarakat.

  1. Meningkatkan Citra

Jika menggunakan duta dari seseorang yang dikenal baik oleh masyarakat maka turut memberikan pengaruh positif terhadap perusahaan Anda. Itu artinya, penggunaan duta bisa menjadi cara untuk meningkatkan citra dan kredibilitas perusahaan di mata konsumen.

  1. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Memilih brand ambassador yang tepat serta bisa mengkomunikasikan produk dengan baik maka dapat menjaga hubungan kepada para pelanggan. Misalnya duta yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan aspek sosial budaya dan filosofi brand tersebut kepada konsumen.

  1. Memberikan Review Positif

Misalnya suatu perusahaan baru mengeluarkan produk. Untuk mengumpulkan testimoni dan mendapatkan review positif dari para pelanggan tentu saja tidak mudah serta membutuhkan waktu lama.

Namun dengan menggunakan ambassador akan memudahkan perusahaan untuk mengenalkan produk serta mendapatkan review positif. Caranya dengan memakai jasa duta merk dari kalangan influencer sesuai kategori produk yang ditawarkan.

Melalui beberapa manfaat di atas dapat dikatakan bahwa seorang ambasador bisa menjadi simbol atau maskot perusahaan. Ketika konsumen melihat seseorang tersebut maka secara otomatis akan teringat dengan produk yang ditawarkan, yakni merek Anda.

BACA JUGA:

Tips Memilih Brand Ambassador Terbaik

brand ambassador

Mempekerjakan ambassador adalah bagian dari strategi marketing. Apalagi di era digital seperti sekarang, masyarakat cenderung lebih tertarik terhadap merek-merek populer karena dikenalkan oleh orang-orang yang berpengaruh.

Meskipun begitu, pemilihan duta merek juga tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal dimana harus dipertimbangkan agar strategi marketing tersebut tidak sia-sia, diantaranya sebagai berikut:

  1. Passion

Pilihlah seseorang dimana mempunyai kemampuan untuk menarik orang lain. Seseorang tersebut harus bersemangat serta memancarkan energi positif agar orang tertarik untuk berpikiran yang sama kepada mereka.

Selain itu juga harus punya kemampuan untuk membina hubungan baik dengan para pelanggan. Karena efektivitas dari mempekerjakan seorang ambassador yang sangat bergantung dari kemampuannya untuk mempromosikan merk.

  1. Profesionalisme

Hindari memilih duta dari seseorang dimana sangat rentan dengan skandal karena bisa merugikan bisnis. Pastikan mereka adalah orang profesional dimana dapat diandalkan sesuai dengan kesepakatan perjanjian kerjasama.

  1. Fleksibilitas

Seorang duta merek juga harus terbuka terhadap masukan untuk membangun citra perusahaan. Mereka mau untuk berbicara kapanpun dan dimanapun ketika ada orang lain yang ingin mengetahui produk tersebut.

Misalnya ketika bertemu orang lain di jalan, di suatu tempat, saat pameran, atau dimana saja. Kurangnya fleksibilitas dari seorang ambasador bisa mempengaruhi keputusan yang akan diambil oleh calon konsumen.

Sebagai contoh ketika calon pelanggan secara tidak sengaja bertemu dengan brand ambasador perusahaan Anda. Namun karena ambassador tersebut tidak bersikap sebagaimana mestinya dan cenderung menghindari calon konsumen maka akan memberikan image buruk.

  1. Originalitas

Menggunakan ambasador bukan merupakan teknik marketing tradisional. Selain membutuhkan biaya cenderung tidak sedikit, kehadiran ambasador juga bisa jadi bumerang bagi perusahaan itu sendiri.

Jadi, pilihlah seseorang yang mampu memberikan review dengan tulus, yakin terhadap produk tersebut, dan kontinuitas. Bukan seorang brand ambassador yang hanya karena dibayar lalu melakukan promosi dengan terpaksa dan setengah-setengah.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!