Home » Brand Identity, Pengertian, Elemen Kunci dan Manfaatnya untuk Bisnis

Brand Identity, Pengertian, Elemen Kunci dan Manfaatnya untuk Bisnis

Dari sekian banyak komponen yang harus Anda pertimbangkan dalam berbisnis, salah satunya adalah brand identity. Anda pernah mendengar istilah satu ini? Identitas merek merupakan salah satu aspek terpenting dalam menunjang kemajuan sebuah perusahaan.

Tentu saja identitas merek ini terbagi menjadi beberapa elemen penting yang harus dirancang sejak awal. Contoh elemen berkaitan dengan identitas merek ini adalah bentuk, logo, font dan nada khusus pencipta identitas unik terhadap sebuah produk.

Identitas merek ini berbeda jauh dengan brand image. Namun banyak pemula salah memahami dan beranggapan kalau keduanya merupakan aspek yang sama. Jika Anda berencana untuk mengembangkan bisnis apapun, penting untuk memahami identitas merek ini.

Pengertian Brand Identity yang Perlu Diketahui

 brand identity

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut, penting untuk memahami pengertian dari identitas merek itu sendiri terlebih dahulu. Secara umum brand identity bisa kita artikan sebagai bagaimana para konsumen bisa merasakan dampak visual dari merek atau produk perusahaan.

Jadi merek yang Anda gunakan untuk produk atau perusahaan ini memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan para konsumen. Melalui bentuk, gambar, logo,warna dan kata-kata di dalamnya, konsumen bisa memahami apa tujuan dari pembuatan merek tersebut.

Semakin dalam makna yang bisa disampaikan oleh sebuah merek, tentu semakin bagus juga nilai identitas merek di dalamnya. Semua pebisnis wajib untuk memahami aspek satu ini agar usaha yang mereka lakukan bisa sukses di pasaran.

Apa yang Termasuk Brand Identity?

 brand identity

Ada banyak sekali aspek yang berkaitan dengan identitas merek. Tentu saja hal ini sangat penting untuk diperhatikan, terutama ketika Anda sedang mempersiapkan desain identitas merek produk atau perusahaan. Diperlukan teknik desain mumpuni untuk merealisasikan identitas merek yang tepat.

Salah satunya adalah mempertimbangkan bagaimana caranya untuk menciptakan bahasa visual komprehensif, mudah dipahami orang dan memberikan makna mendalam. Contoh beberapa aspek berkaitan dengan identitas merek ini adalah :

  1. Desain web
  2. Elemen interaktif
  3. Fotografi
  4. Ikonografi
  5. Ilustrasi
  6. Logo
  7. Sistem Desain
  8. Tipografi
  9. Video dan gerak
  10. Visualisasi data
  11. Warna
BACA JUGA:  Pengertian Brand Voice dan Bagaimana Cara Membuatnya

Semua hal ini atas memiliki peranan sangat besar dalam membangun sebuah brand identity bagi produk apapun. Penting bagi Anda untuk memahami hal ini agar mendapatkan identitas merek yang sesuai dengan ekspektasi perusahaan.

Kunci Brand Identity yang Kuat

 brand identity

Ada beberapa kunci utama untuk menciptakan identitas merek yang kuat. tentu saja Anda harus mempertimbangkan hal ini secara detail sejak awal. Jika tidak, pesan pada merek tidak akan sampai pada konsumen.

Jika tidak dilakukan, sudah tentu ini akan berdampak besar terhadap penjualan produk kedepannya. Lantas apa saja kunci utama yang mempengaruhi identitas merek tersebut? Ikuti penjelasannya di bawah ini :

  1. Merek buatan Anda harus benar-benar berbeda dengan merek yang pernah ada sebelumnya. Usahakan untuk membuat perbedaan mencolok.
  2. Meskipun berbeda, Anda harus memastikan kalau merek tersebut mudah diingat. Buatlah dampak visual sesuai dengan nama. Misalnya brand Apple Inc menggunakan logo buah apel. sangat mudah untuk diingat bukan? jadi setiap kali orang melihat buah apel, mereka akan langsung teringat dengan Apple Inc
  3. Jangan lupa juga untuk menciptakan desain logo fleksibel dan scalable. Logo Anda ini harus bisa berkembang dengan nama merek diusung oleh perusahaan.
  4. Setiap bagian pada logo juga harus bersifat kohesif atau melengkapi merek produk secara penuh.
  5. Identitas harus mudah untuk diterapkan ke berbagai media promosi yang sudah disiapkan sebelumnya.

Anda harus memastikan semua kunci di atas masuk ke dalam brand identity yang sedang diciptakan. Kunci satu dengan lainnya memiliki ikatan erat dan saling menguatkan. kalau salah satu kunci hilang, tentu saja merek yang dibuat tidak akan berdampak maksimal terhadap penjualan produk.

BACA JUGA:

BACA JUGA:  Brand Awareness Adalah? Ini Penjelasan Cara Meningkatkan & Jenisnya

Mengapa Brand Identity Begitu Penting?

 brand identity

Ada beberapa alasan mendasari kenapa identitas merek menjadi hal sangat penting untuk produk apapun. Langsung saja, berikut ini beberapa alasan yang mendasarinya :

  1. Kepribadian

Identitas merek adalah kepribadian dari merek yang perusahaan usung. Jika identitasnya baik, maka akan baik pula merek yang diusung.

Begitu juga sebaliknya. Jangan sampai kepribadian merek Anda ini memiliki kesan buruk di mata konsumen karena pembangunan identitas yang salah.

  1. Konsistensi

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah konsistensi. Dengan identitas yang baik, secara tidak langsung Anda konsisten menyampaikan pesan positif kepada para konsumen setiap kali mereka melihat brand yang diusung.

Hal ini tentu akan berdampak sangat baik terhadap pengembangan usaha yang sedang dilakukan.

  1. Diferensiasi

Keberadaan identitas merek ini juga akan menjadi pembeda antara merek yang perusahaan usung dengan merek lainnya. Secara otomatis merek yang dibuat memiliki ciri khusus yang mudah diingat oleh para konsumen. karena itulah pastikan untuk mempertimbangkan desain identitas secara matang sejak awal.

  1. Kesadaran

Keberadaan identitas merek juga memungkinkan produk Anda untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap keberadaan Anda. Kesadaran ini sangat penting untuk menjaga stabilitas penjualan jangka panjang.

Poin ini sangat penting untuk dipertimbangkan secara matang. Terlebih jika persaingan usaha berlangsung dengan sangat ketat.

  1. Loyalitas

Dengan pengelolaan brand identity yang baik, para konsumen akan jauh lebih loyal pada brand Anda. Namun pastikan untuk selalu memberikan layanan terbaik agar mereka tidak bosan.

Kepuasan konsumen ini akan mendatangkan loyalitas yang maksimal dari mereka. Sudah tentu ini akan mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan Anda.

Tentunya masih banyak alasan lain yang mendasari kenapa identitas merek menjadi hal yang sangat krusial bagi usaha Anda. Hal ini juga sudah diakui oleh para pakar.

Namun di sisi lain, hal terpenting adalah memastikan kalau Anda merancang brand identity perusahaan dengan baik sejak awal.

Bagikan artikel: