Home » Mengenal Brand Strategy Lebih Jauh dan Cara Mengembangkannya

Mengenal Brand Strategy Lebih Jauh dan Cara Mengembangkannya

Brand strategy atau strategi merek merupakan salah satu metode pengembangan bisnis yang sangat penting untuk dipahami. Seperti kita ketahui, brand memang memiliki peran besar terhadap kesuksesan sebuah produk di pasaran. Karena itulah Anda tidak boleh menyepelekannya sedikitpun.

Dalam menghadapi ketatnya persaingan bisnis di era modern ini, memaksimalkan brand produk merupakan salah satu langkah terbaik untuk Anda lakukan. Dengan ini identitas merek tangguh, tentu saja produk dirilis akan selalu laris di pasaran.

Namun untuk membangun identitas merek dengan kuat, tentu diperlukan strategi tepat. Dalam hal ini ada banyak langkah harus ditempuh sejak awal. Jika Anda melakukannya dengan benar, strategi merek ini akan memberikan dampak positif terhadap tingkat penjualan produk atau jasa.

Begitu juga sebaliknya, jika sebuah perusahaan melakukan pengembangan dan pemasaran produk tanpa strategi merek, sudah bisa dipastikan kalau pangsa pasar mereka akan sangat terbatas. Mari kita bahas hal ini lebih lanjut.

Pengertian Brand Strategy atau Strategi Merek

brand strategy

Strategi merek adalah cara untuk menetapkan identitas brand dari sebuah produk agar selalu diingat oleh para konsumen. Untuk melakukannya dibutuhkan perencanaan jangka panjang. Strategi merek ini sekilas mirip dengan usaha untuk meningkatkan kredibilitas di mata konsumen.

Tujuan dari penerapan strategi ini adalah untuk memaksimalkan kuantitas penjualan dari sebuah produk dan memaksimalkan potensi keuntungan bisa dicapai oleh sebuah perusahaan. Tentu saja ada langkah spesifik harus dilakukan dalam penerapannya.

Penerapan strategi sesuai akan meningkatkan ekuitas dari sebuah perusahaan. Jadi mereka mendapatkan rating tinggi di mata konsumen dan mudah untuk memasarkan produk apapun kedepannya.

Brand Strategy Sangat Penting untuk Bisnis

brand strategy

Percaya atau tidak, strategi merek ini sangat penting untuk menunjang kesuksesan sebuah produk atau jasa di pasaran. Hal ini bersifat mutlak dan tidak bisa diperdebatkan lagi. Namun ternyata tidak semua pebisnis memahami hal ini dengan baik.

BACA JUGA:  Mengenal Brand Guideline untuk Meningkatkan Citra Produk

Semua orang pasti tahu kalau persaingan bisnis di era modern ini sangatlah ketat. Ada banyak produk serupa dipasarkan di pasaran. Untuk menyiasati persaingan seperti ini, sudah tentu dibutuhkan metode tangguh. Salah satu rekomendasi terbaik adalah brand strategi yang sedang kita bahas ini.

Berdasarkan riset dari para ahli, 64% konsumen memilih sebuah produk karena ikatan merek produk tersebut dengan ingatan mereka. Dalam hal ini, penggunaan strategi merek membantu Anda untuk mewujudkan ikatan tersebut.

Peran Brand Strategi Terhadap Identitas Brand dan Perusahaan

brand strategy

Tidak hanya poin-poin di atas saja, ada alasan lain mendasari kenapa strategi merek memegang peranan penting dalam proses pengembangan dan pemasaran sebuah produk. Berikut ini poin-poinnya.

  1. Membantu perusahaan untuk memperkuat identitas mereka
  2. Menjadi pembeda antara produk diusung oleh sebuah brand dengan produk sejenis lainnya di pasaran
  3. Menggiring opini konsumen untuk memiliki persepsi positif terhadap brand
  4. Meningkatkan taraf penjualan produk di pasaran
  5. Berkomunikasi secara efektif dan kontinyu melalui bahasa visual dari brand
  6. Membantu pengembangan strategi pemasaran produk
  7. Meningkatkan citra dan kredibilitas perusahaan di mata konsumen
  8. Mengembangkan ekuitas brand sehingga nilainya melampaui pesaing
  9. Membantu penetapan visi dan misi perusahaan
  10. Meningkatkan loyalitas para pekerja dengan penggunaan nama brand yang sudah kokoh.

Dengan peranan krusial seperti di atas, bagaimana mungkin Anda bisa menyepelekan penerapan brand strategi di era modern ini? Lakukan sekarang juga. Namun agar hasilnya lebih maksimal, pastikan untuk memenuhi komponen yang dibutuhkan di dalamnya.

BACA JUGA:

Apa Saja Komponen Brand Strategy?

brand strategy

Strategi Merek memang dibangun oleh beberapa komponen utama saling menguatkan satu sama lain. Ketika Anda hendak merancang strategi tangguh, pastikan untuk mengumpulkan beberapa komponen di bawah ini :

  1. Target Audiens

Target audiens adalah konsumen terpilih yang ada di segmen pasar Anda dan memiliki potensi beli yang tinggi. Biasanya mereka juga berinteraksi langsung dengan brand produk.

  1. Brand Promise

Brand promise merupakan janji yang diberikan oleh merek kepada konsumen yang berminat menggunakannya. Tentu saja dalam janji ini ditawarkan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh produk atau jasa tersebut.

  1. Misi dan Visi Merek

Komponen lain yang wajib Anda sematkan pada strategi merek adalah misi dan visi. Jelaskan dengan detail terkait apa yang brand cita-citakan kedepannya. Buatlah para konsumen terlibat dalam cita-cita tersebut.

  1. Arsitektur Merek

Arsitektur brand bisa kita artikan sebagai portofolio yang dimiliki oleh brand itu sendiri. Bisa juga diartikan sebagai sub merek, atau penawaran sekunder yang diberikan oleh perusahaan kepada para konsumen. Dengan pengelolaan arsitektur brand yang baik, promosi bisa dilakukan secara berkesinambungan.

  1. Brand Positioning

Komponen lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah brand positioning. Sederhananya, posisi brand ini adalah lokasi atau ruang khusus yang ditempati oleh sebuah brand pada pemikiran para pelanggannya. Positioning yang tepat akan memaksimalkan penjualan dan peningkatan branding secara signifikan.

  1. Pesan merek

Komponen lain yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan ketika hendak melakukan perancangan brand strategy adalah pesan merek. Pilih kalimat pesan terbaik yang bisa dipahami dengan mudah oleh konsumen.

  1. Asosiasi Merek

Komponen selanjutnya adalah asosiasi merek. Sederhananya asosiasi merek ini merupakan simbol atau gambar identik yang memiliki kaitan kuat dengan merek yang dikelola. Contohnya buah apel dengan merek apple inc.

  1. Kesadaran Kompetitif

Komponen terakhir adalah kesadaran kompetitif yang berarti identitas pada merek bisa memunculkan pembeda pada pikiran konsumen sehingga mereka mampu membedakan produk Anda dari produk lain.

BACA JUGA:  Apa Itu Brand Ambassador & Efektifkah untuk Bisnis? Pahami Tipsnya

Jika Anda terjun di dalam dunia bisnis, memahami strategi merek secara mendalam adalah sebuah kewajiban. Dengan memahami cara pengembangan dan perancangan brand strategy tepat, produk akan jauh lebih mudah laris di pasaran.

Bagikan artikel: