Home » Banner Adalah? Berikut Pengertian Lengkap, Jenis, Ukuran dan Fungsinya

Banner Adalah? Berikut Pengertian Lengkap, Jenis, Ukuran dan Fungsinya

Pada pembahasan kali ini Anda akan saya ajak membahas seputar pengertian banner. Tidak hanya seputar arti dari banner, dengan membacanya sampai selesai Anda akan paham tentang tujuan banner, jenis, ukuran hingga contoh-contoh banner. Pada poin pertama mari simak penjelasan tentang arti banner.

Apa yang Dimaksud Dengan Banner?

apa itu banner

Banner adalah salah satu jenis reklame, yaitu sebuah media informasi yang bersifat non personal yang isinya menyampaikan tentang pesan promosi. Tujuan dari pesan promosi ini sendiri adalah untuk tujuan menjual sebuah produk ataupun memperkenalkan sesuatu kepada masyarakat luas.

Selain itu, banner atau spanduk adalah salah satu media iklan yang dicetak dengan print digital. Untuk ukuran banner sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan dan hadir dalam bentuk vertikal atau potret.

Sebelum dicetak dan dipublikasikan, banner harus melewati proses desain dengan software alat komputer semacam CorelDraw atau Adobe Photoshop dan CorelDraw.

Di perkembangan digital seperti saat ini banner kerap dijadikan sebagai media beriklan dengan gambar atau teks dalam sebuah website ataupun blog. Biasanya banner untuk blog atau website ini disertai dengan link yang ketika diklik akan diarahkan ke lama website atau blog yang sedang dipromosikan.

Pengertian Banner Menurut Para Ahli

pengertian banner adalah 2

Agar semakin jelas dan ada gambaran, berikut beberapa pengertian banner menurut para ahli:

Menurut Rachmat Kriyantono, banner adalah suatu bentuk komunikasi non personal. Dimana didalamnya bertujuan untuk menyampaikan pesan untuk menjual sebuah produk yang memungkinan lebih banyak konsumen membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.

Menurut KBBI, banner adalah media promosi yang berisi pesan atau berita yang menjadi informasi untuk khalayak ramai dan juga menjadi bahasa promosi untuk berdagang yang akan menarik minat para konsumen untuk mengenali sebuah produk yang diiklankan.

Menurut Wikipedia, banner web adalah bentuk iklan yang dipakai di jaringan internet. Bentuk iklan tersebut umumnya merupakan bagian dari suatu halaman blog atau website yang dipakai untuk menarik perhatian pengunjung supaya pengunjung (mengklik iklannya) situs web yang diiklankan.

Fungsi dan Tujuan Banner

pengertian banner

Secara simple fungsi dan tujuan banner adalah untuk media pemasaran yang berisi seputar promosi, publikasi, iklan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk tujuannya, banner adalah sebagai alat untuk mengiklankan sebuah produk atau jasa agar dapat menarik perhatian orang banyak.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi dan tujuan banner yang perlu Anda ketahui:

  • Sebagai Media Informasi

Banner atau spanduk adalah salah satu bentuk media iklan yang efektif untuk media berbagi informasi. Dengan adanya banner kegiatan promosi akan jauh lebih mudah serta pesan yang disampaikan jauh lebih terarah.

  • Sebagai Media Promosi

Fungsi dan tujuan banner selanjutnya adalah sebagai media promosi baik barang ataupun jasa. Meski terbilang efektif, strategi pemasaran beriklan dengan banner juga harus berada ditempat yang tepat dan strategis agar tujuan dari pemasaran tersebut dapat tercapai.

  • Sebagai Identitas Atau Ciri Khas

Terakhir banner bertujuan sebagai ciri khas atau identitas tertentu. Khususnya jika banner digunakan sebagai media beriklan di website atau blog. Dengan adanya banner pengunjung akan jauh lebih hafal dan mudah mengingat. Selain itu, banner juga bisa dijadikan sebagai media untuk branding.

Jenis-Jenis dan Ukuran Banner

pengertian banner adalah

Setelah mengetahui tentang pengertian, fungsi dan tujuannya, selanjutnya mari bahas seputar jenis-jenis banner. Berdasarkan ukurannya, banner dibedakan menjadi beberapa jenis seperti:

  • Ukuran Standar

Banner ukuran standar ini umumnya digunakan untuk kepentingan sebuah promosi contohnya Window pop up. Untuk ukuran banner standar biasanya sekitar:

  • 300 x 250 IMU/ Pixel – Medium Rectangle
  • 250 x 250 IMU/ Pixel – Square Pop-up
  • 336 x 280 IMU/ Pixel – Large Rectangle
  • 180 x 150 IMU/ Pixel – Rectangle
  • 240 x 400 IMU/ Pixel – Vertical Rectangle

Kedua ada banner and buttons yang kerap digunakan untuk media beriklan di internet. Untuk ukuran banner and buttons ini biasanya sekitar:

  • 120 x 60 IMU/ Pixel – Button 2
  • 120 x 240 IMU/ Pixel – Vertical Banner
  • 125 x 125 IMU/ Pixel – Suara Button
  • 728 x 90 IMU/ Pixel – Leaderboard
  • 468 x 60 IMU/ Pixel – Full Banner
  • 234 x 60 IMU/ Pixel – Half Banner
  • 88 x 31 IMU/ PIxel – Micro Bar
  • 120 x 90 IMU/ Pixel – Button

Sedangkan berdasarkan bentuk, banner atau spanduk terdiri dari berapa macam, jenis seperti:

  • X-Banner

Sesuai dengan namanya, banner ini berbentuk X dan terdapat dua tiang penyangga. Untuk tiang nya sendiri biasanya terbuat dari aluminium yang ringan dan mudah untuk dibawa. Banner ini terbilang awet dan bisa digunakan pada dalam maupun luar ruangan.

  • Mini X-Banner

SElanjutnya ada Mini X-Banner yang tak jauh beda dengan jenis banner sebelumnya hanya ukurannya jauh lebih kecil. Mini X-Banner ini biasanya diletakkan diatas meja dna berguna sebagai media promosi untuk menu makanan atau jadwal dalam sebuah acara.

  • Roll Banner

Terakhir ada Roll banner yang sesuai namanya banner ini berbentuk roll. Untuk penggunaanya banner ini cukup dengan ditarik pada bagian sisi atas atau bawah agar semua bagian nya terlihat.

Demikian ulasan tentang pengertian banner, fungsi serta jenis-jenis banner sebagai media pemasaran. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!