Home » Belajar dari 5 Brand Terkenal di Dunia dalam Memasarkan Produknya

Belajar dari 5 Brand Terkenal di Dunia dalam Memasarkan Produknya

Ada beberapa brand terkenal di dunia yang namanya sudah sangat familiar dan legendaris di pasar global. Sebut saja seperti Apple, Google, McDonald’s, Rolex, Hermes dan lain sebagainya.

Saking populernya, hanya dengan melihat logo atau visual warnanya saja kita bisa tahu brand tersebut. Lalu hal menjadi pertanyaan bagaimana sebuah produk bisa dikenal luas oleh masyarakat dunia?

Tentu saja mereka menggunakan berbagai strategi marketing paling brilian dalam memasarkan produk mereka. Tidak sedikit juga perusahaan menggunakan cara-cara unik dan cerdik agar mendapatkan kesan tersendiri di mata konsumen.

Terlebih di tengah kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi seperti sekarang. Seharusnya kegiatan pemasaran bisa dilakukan dengan cara-cara yang lebih efektif. Tidak hanya menargetkan pasar lokal saja, tapi juga luar negeri.

Bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis di bidang produk maupun layanan, tidak ada salahnya mengintip strategi marketing oleh beberapa brand terkenal di dunia berikut ini.

Mempelajari Strategi Marketing 5 Brand Terkenal di Dunia

Brand Terkenal di Dunia

Jika saat ini Anda sedang mengembangkan bisnis atau perusahaan di bidang penyediaan produk maupun jasa, merek/brand merupakan bagian paling penting dalam meningkatkan keberhasilan penjualan.

Banyak brand terkenal di dunia berhasil dan memiliki nama besar lantaran bisa membangun kepercayaan di kalangan konsumennya. Tentu saja mereka tidak hanya melakukan branding, melainkan juga menonjolkan karakter, seperti beberapa merek berikut ini:

  1. Uniqlo

Brand Terkenal di Dunia

Uniqlo merupakan perusahaan fashion asal Jepang dan sangat terkenal di dunia, termasuk Indonesia. Mereka tidak hanya ingin mengenalkan diri sebagai perusahaan fashion saja, melainkan juga ingin menonjol dari segi teknologi.

Misalnya pada kampanye digital marketing oleh perusahaan tersebut di 100 outlet dan juga disebarkan secara online. Dalam kampanye tersebut Uniqlo meletakkan kode produk melalui digital billboard.

Tentu saja kode-kode tersebut membuat konsumen tertarik dan penasaran. Untuk melihatnya, konsumen harus mengambil gambar kode dan mengunggahnya pada website yang telah disediakan. Jika berhasil mengunggah maka akan mendapatkan voucher free sample pakaian dari perusahaan.

Selain itu, kode tersebut juga akan menampilkan informasi terkait teknologi yang digunakan dalam pembuatan pakaian merk Uniqlo. Konsumen bisa membagikan dan ikut menyebarkan promosi tersebut melalui media sosial.

Sesuai target, kampanye tersebut ternyata mendapatkan respon luar biasa dari pasar. Video online yang mereka unggah telah ditonton hingga 1,3 juta kali dan menjangkau lebih dari 4 juta orang di seluruh dunia serta mendapatkan lebih dari 35.000 pelanggan baru.

  1. Nike

Brand Terkenal di Dunia

Nama brand terkenal di dunia yang satu ini tentu sangat familiar oleh siapapun, bahkan sering menjadi sponsor di perhelatan kompetisi olahraga internasional. Hanya dengan melihat logonya saja pasti tahu bahwa produk tersebut milik Nike.

Meskipun namanya sudah besar, Nike tidak pernah kendur soal strategi marketing mereka. Brand pakaian, sepatu dan aksesoris ini selalu menggunakan ide-ide luar biasa untuk memaksimalkan pemasarannya.

Salah satu strategi yang paling diunggulkan yaitu customer service-nya. Mereka membuat satu akun Twitter khusus yang digunakan untuk menjawab semua pertanyaan dari konsumen terkait produk Nike.

Hingga saat ini perusahaan masih terus berkomitmen untuk memberikan respon secepat mungkin atas pertanyaan-pertanyaan yang masuk melalui media sosial tersebut. Melalui kampanye ini ternyata sangat efektif dalam membangun hubungan yang baik dengan para konsumen.

Secara tidak langsung tingkat kepercayaan konsumen akan meningkat karena mereka mendapatkan respon yang baik dari perusahaan saat ingin bertanya atau mendapatkan kendala. Untuk strategi yang satu ini sepertinya cocok dan mudah diterapkan bagi para pelaku usaha baru di Indonesia.

  1. Domino’s

Brand Terkenal di Dunia

Sementara untuk perusahaan makanan terpopuler dunia ini menggunakan strategi marketing melalui kemudahan dalam memesan pizza. Mereka menyediakan layanan pesan online melalui media sosial, Amazon Alexa hingga Facebook Messenger chatbot.

Strategi market yang digunakan oleh brand terkenal di dunia tersebut ternyata sangat efektif dalam meningkatkan angka penjualan. Hal itu karena para konsumen merasa diberikan kemudahan dalam memesan pizza.

Dengan kecanggihan teknologi internet seperti sekarang, strategi marketing yang digunakan oleh Domino’s sangat wajib untuk ditiru oleh pebisnis Indonesia. Seperti berjualan online melalui e-commerce, media sosial, atau lainnya.

  1. Coca-Cola

Brand Terkenal di Dunia

Brand produk minuman ini juga selalu menggunakan strategi pemasaran yang beda dari lainnya. Seperti beberapa waktu lalu coca-cola mempromosikan produk baru mereka yaitu coca-cola Zero melalui video komersial.

Dalam kampanye tersebut mereka bekerjasama dengan salah satu film James Bond berjudul Skyfall. Dalam video menceritakan tentang seorang laki-laki yang harus menyelesaikan misi untuk mendapatkan tiket gratis nonton film tersebut.

Siapa sangka, konten kreatif tersebut berhasil mendapatkan 7,1 juta viewers dan dibagikan lebih dari 800.000 kali di media sosial Facebook serta Twitter. Strategi branding seperti ini bisa menjadi ide untuk lebih mengenalkan merk Anda kepada konsumen.

BACA JUGA:

  1. Hermes

Brand Terkenal di Dunia

Bukan hanya sebagai brand terkenal di dunia, Hermes juga populer dengan harganya yang sangat fantastis. Untuk satu produknya saja bisa dihargai ratusan juta rupiah.

Berbeda dari sebelumnya, strategi marketing yang digunakan oleh Hermes lebih menonjolkan kualitas produk mereka. Produk-produk Hermes dibuat oleh para pengrajin profesional yang membutuhkan waktu hingga 18 jam untuk menyelesaikan produk.

Faktor lainnya yang membuat merek ini sangat populer dan banyak diminati yakni cara pembeliannya cukup rumit. Anda harus menjadi member VIP di toko resmi jika ingin membeli tas Hermes.

Dari berbagai merek terkenal di atas dapat disimpulkan bahwa produk yang bagus saja tidak cukup untuk menarik minat pasar. Sebagai seorang pengusaha harus mengetahui cara marketing yang paling efektif agar menjadi brand terkenal di dunia.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!