Home » Wirausaha Adalah? Berikut Pengertian, Karakteristik dan Ciri-Cirinya

Wirausaha Adalah? Berikut Pengertian, Karakteristik dan Ciri-Cirinya

Tentu sekarang masyarakat sudah tidak asing lagi dengan istilah wirausaha. Karena wirausaha adalah kegiatan yang sekarang ini tengah sangat digiatkan oleh pemerintah, supaya lebih banyak lagi rakyat yang mau melakukan kegiatan ini.

Hal ini dikarenakan dengan banyaknya wirausaha yang sukses, maka tentu akan mendorong perekonomian suatu negara. Tapi tentu menjadi wirausaha yang sukses tidak bisa sembarangan, karena wirausaha adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan komitmen tinggi.

Oleh sebab itu banyak yang harus dipertimbangkan sebelum memulai kegiatan ini. Dimulai dari memahami pengertian wirausaha, dan karakteristik yang harus dimilikinya serta masih banyak lagi hal yang harus dipahami.

Pengertian Wirausaha

pengertian wirausaha

Pembahasan pertama adalah pengertian wirausaha yang sederhananya adalah kegiatan usaha yang dilakukan secara mandiri oleh individu. Setiap kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan ini dilakukan oleh pelaku usaha itu sendiri.

Di dalam dunia bisnis istilah yang paling banyak digunakan selain wirausaha adalah wiraswasta. Sebenarnya tidak ada perbedaan besar hanya saja wiraswasta dan wirausaha adalah dua jenis kegiatan yang berbeda.

Jadi kalau wirausaha adalah melakukan kegiatan usaha secara mandiri tanpa bantuan orang lain. Sedangkan wiraswasta adalah seseorang yang memiliki usaha namun masih memiliki kerjasama dengan pihak swasta.

Karena dilakukan secara mandiri, maka setiap kegiatan wirausaha ini semuanya dilakukan oleh dirinya sendiri. Dari mulai memikirkan produk apa yang ingin dijual, sampai dengan mengatur modal dan juga melakukan strategi pemasaran semuanya dilakukan secara mandiri.

Karakteristik Wirausaha

karakterisrik wirausaha

Untuk menjadi seorang wirausaha ini tentunya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, karena ada karakteristik wirausaha yang terlebih dahulu harus dipenuhi. Dengan begitu barulah seseorang bisa menjadi wirausaha yang sukses.

Disiplin

karakterisrik wirausaha

Karakteristik pertama dalam berwirausaha adalah disiplin dalam menjalankan usahanya. Karena kalau dari awal sudah tidak memiliki karakteristik ini, maka akan sulit untuk bisa membangun sebuah usaha yang sukses.

Dengan sifat disiplin ini seseorang akan mampu untuk melakukan usahanya dengan semangat dan motivasi tinggi sampai kemudian usaha tersebut mencapai target yang diinginkan. Karakter disiplin ini menjadi salah satu karakter yang sangat sulit dibentuk.

Sebab tidak semua orang mampu membangun sebuah komitmen yang baik dengan dirinya sendiri untuk melakukan sesuatu secara teratur dan berkala. Oleh sebab itu apabila ingin menjadi seorang wirausaha yang baik, maka perlahan mulai menumbuhkan sifat disiplin ini.

Kreatif dan Inovatif

karakterisrik wirausaha

Wirausaha ini merupakan sebuah kegiatan melakukan usaha yang tentunya membuat pelakunya harus mampu untuk menciptakan inovasi baru setiap saat. Hal ini dilakukan agar bisnisnya tidak tergerus dengan bisnis lain yang serupa.

Untuk bisa membuat sebuah inovasi yang baik ini, maka dibutuhkan juga kreativitas yang tinggi. Dengan begitu barulah ide-ide yang segar dapat muncul dan dapat memancing konsumen untuk selalu berpartisipasi dalam perusahaan.

Bukan hal yang sulit untuk menumbuhkan sifat dan karakter yang kreatif dan inovatif ini. Asalkan calon wirausaha mau mencoba, maka perlahan sifat kreatif dan juga inovatif ini dapat timbul dan mengakar di dalam diri pengusahanya.

Jujur

karakterisrik wirausaha

Tidak semua orang memiliki sifat yang seperti ini, padahal jujur merupakan karakter yang paling dibutuhkan dalam melakukan kegiatan ini. Karena wirausaha adalah kegiatan yang berkaitan dengan kepercayaan, dan itu hanya bisa didapatkan melalui kejujuran.

Sifat ini sendiri merupakan sifat yang lurus hatinya, dan tidak akan berbohong ataupun berbuat kecurangan. Karena kalau sekali saja terbiasa berbohong, maka tentu kedepannya akan terus berbohong dan itu tidak akan baik.

BACA JUGA:  B2C Adalah? Berikut Penjelasan Tentang Strategi dan Penerapannya

Kalau ingin mendapatkan karyawan yang jujur, maka jadilah pemimpin yang jujur untuk menjadi contoh bagi para karyawan tersebut. Dengan begitu barulah lingkup kerja yang jujur dapat tercipta dan menghasilkan usaha yang sukses kedepannya.

Mandiri

karakterisrik wirausaha

Sesuai dengan yang dikatakan sebelumnya bahwa kegiatan wirausaha adalah kegiatan mandiri yang semuanya dilakukan sendiri. Oleh karena itu karakteristik mandiri ini sangat dibutuhkan, terutama pada saat awal memulai kegiatan ini.

Jangan terlalu bergantung dengan orang ketika ingin mengambil sebuah keputusan, karena kegiatan ini sifatnya cepat. Oleh sebab itu akan membutuhkan waktu lama apabila harus mendengarkan orang lain terlebih dahulu sebelum membuat keputusan.

Namun, perlu diketahui menjadi mandiri ini bukan berarti menjadi seseorang yang keras kepala dan tidak ingin mendengarkan saran orang lain. Menjadi mandiri ini hanya tidak terlalu bergantung kepada orang lain, sehingga keputusan dapat diambil dengan lebih cepat.

Realistis

karakterisrik wirausaha

Tidak hanya menjadi orang yang mandiri, tapi seorang wirausaha juga harus menjadi orang yang realistis. Karena kegiatan ini adalah kegiatan yang nyata, bukan hanya sekedar mimpi yang bisa diatur keindahannya.

Pengusaha harus mampu membuat sebuah keputusan yang tidak hanya tepat, tapi juga realistis sesuai dengan keadaan yang ada. Selain itu realistis sendiri artinya adalah mempunyai prinsip guna membuat rencana hidup kedepannya.

Namun, jangan sampai dengan alasan realistis ini menjadikan diri sebagai orang yang idealis karena keduanya sangat berbeda. Dengan menjadi realistis artinya mempertimbangkan masa depan dengan melihat kenyataan yang ada di masa sekarang.

Memiliki Komitmen Tinggi

karakterisrik wirausaha

Ini tentang membangun sebuah usaha dari nol untuk kemudian menjadi sebuah usaha besar yang bisa mendatangkan keuntungan. Hal ini tidak dapat terjadi apabila tidak memiliki komitmen yang tinggi sedari awal.

Karena itu saat melakukan usaha ini, ada baiknya untuk memiliki komitmen yang tinggi untuk kemudian dapat terus berusaha dengan baik sampai tujuan tercapai. Dengan komitmen ini juga pengusaha tidak akan mudah menyerah.

Sebab membuat usaha berkembang bukanlah sesuatu yang mudah, akan ada banyak sekali rintangan yang harus dihadapi. Kalau tidak memiliki komitmen yang tinggi, maka tentu akan menyerah terlebih dahulu saat sedang menghadapi sebuah masalah.

Memiliki Keterampilan Personal

karakterisrik wirausaha

Untuk bisa membangun sebuah usaha ini, pengusaha harus mampu melakukan semuanya secara mandiri di awal. Karena itu dibutuhkan yang namanya keterampilan personal untuk bisa melakukan semua hal tersebut dengan baik.

Beberapa hal tersebut diantaranya seperti mampu melakukan komunikasi yang baik, mampu mencari produk apa yang ingin dijual, menemukan inovasi, dsb. Dengan keterampilan personal barulah kegiatan ini dapat dilakukan dengan baik sehingga perusahaan bisa berkembang.

Bagi yang belum terlalu paham, keterampilan personal ini adalah kemampuan pribadi yang dimiliki oleh setiap individu seperti motorik, rasa percaya diri, dsb. Karena itu mulailah mengetahui apa keterampilan yang dimiliki, dan kemudian mulai menggali dan mengembangkan keterampilan tersebut.

Ciri Ciri Wirausaha

ciri ciri wirausaha

Pembahasan selanjutnya adalah tentang ciri-ciri wirausaha yang bisa membangun sebuah perusahaan sukses. Bagi yang penasaran apa saja ciri-ciri yang dimilikinya, maka berikut ini adalah pembahasan lengkapnya.

Memiliki Jiwa Pemimpin

Ciri Ciri Wirausaha

Ciri pertama yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yakni memiliki jiwa pemimpin yang kuat. Karena nantinya wirausaha ini tidak hanya akan memimpin dirinya sendiri, tapi juga memimpin beberapa orang ketika usahanya berkembang.

Tentunya jiwa pemimpin ini tidak hanya menjadi seorang bos yang otoriter, namun juga menjadi seseorang yang memiliki sifat bijaksana. Selain itu pemimpin yang baik juga memiliki tanggung jawab tinggi, cerdas, dan beberapa sifat baik lainnya.

BACA JUGA:  Agency Adalah? Berikut Pengertian, Cara Kerja dan Strategy Menjalankannya

Dengan sifat yang baik seperti ini, tentu pemimpin akan menjadi seorang leader tidak hanya menjadi seorang bos yang hanya bisa menyuruh-nyuruh saja. Tentunya hal itu akan membuat lingkungan kerja lebih nyaman, dan bekerja menjadi lebih betah dan loyal.

Selalu Berpikir ke Depan

Ciri Ciri Wirausaha

Hal ini berkaitan juga dengan realistis yakni memahami bagaimana membuat keputusan dengan mempertimbangkan kenyataan di masa sekarang dengan mempertimbangkan masa depan. Oleh sebab itu salah satu ciri dari wirausaha yang baik adalah selalu berpikir ke depan.

Karena usaha ini tentunya harus berpikiran tentang masa yang akan datang, dan itu membutuhkan perencanaan yang baik. Pengusaha harus bisa melakukan prediksi untuk bisa mengetahui rintangan apa yang kiranya akan dihadapi saat melakukan bisnisnya di masa mendatang.

Dengan begitu, maka pengusaha tidak akan kaget ketika menerima rintangan saat melakukan usaha ini. Jadi ada baiknya untuk mulai menerapkan sifat dan karakter ini untuk mendapatkan pola berpikir yang berorientasi ke masa mendatang.

Memiliki Pikiran yang Positif

Ciri Ciri Wirausaha

Pikiran yang positif tidak hanya baik untuk membangun sebuah usaha, tapi juga baik untuk diri sendiri. Karena itu seorang calon pengusaha haruslah memiliki sifat yang positif supaya tidak mudah menyerah dalam menghadapi rintangan.

Dengan selalu menerapkan pikiran yang seperti ini, maka tentu wirausaha dapat memiliki rasa optimis bahwa usahanya bisa berjalan dengan baik dan sukses. Pola pikir seperti ini sangat penting untuk melawan ketakutan ketika rintangan datang.

Karena kalau dari awal sudah memiliki sifat yang takut gagal, maka tentu akan berbahaya saat melakukan usaha. Oleh sebab itu penting untuk mulai membangun sifat yang selalu berpikir positif apapun yang terjadi.

Berani Mengambil Resiko

Ciri Ciri Wirausaha

Usaha ini seperti yang sudah berkali-kali ditekankan merupakan kegiatan yang akan memberikan resiko besar. Karena itu seorang calon pengusaha yang baik adalah seseorang yang berani untuk mengambil sebuah resiko di dalam hidupnya.

Namun, dalam sifat mengambil resiko ini perlu diketahui bahwa jangan sampai bertindak gegabah. Tetap harus memperhatikan beberapa hal supaya keputusan yang diambil ini tepat, dan tentunya baik untuk keberlangsungan usaha nantinya.

Jadi bedakan antara sifat berani mengambil resiko dengan sifat gegabah. Berani resiko ini artinya mampu untuk mengambil sebuah keputusan dengan segala macam pertimbangan bijak yang sudah dilakukan, dan berani menghadapi resiko dari keputusan tersebut.

Memiliki Rasa Percaya Diri

Ciri Ciri Wirausaha

Jangan sampai seorang pengusaha memiliki sifat dan karakter yang mudah untuk diintimidasi oleh orang lain. Apabila seperti itu, maka tentu dirinya tidak bisa mengambil keputusan yang baik untuk usahanya nanti.

Jadi seorang pengusaha yang baik haruslah seseorang dengan rasa percaya diri yang tinggi. Tapi, bukan berarti dengan rasa percaya diri yang baik ini artinya berlebihan sehingga menyebabkan sifat yang sombong.

Sifat percaya diri yang baik ini haruslah dibarengi dengan beberapa sifat baik lainnya supaya kepercayaan diri ini bisa menjadi senjata yang baik dalam melakukan usaha. Karena itu perlahan mulailah membangun sifat percaya diri, supaya bisa menjalankan usaha dengan baik.

Sebenarnya untuk menjadi wirausaha ini bukanlah sesuatu yang sulit, namun bukan berarti bisa dianggap enteng begitu saja. Karena tentu dibutuhkan sebuah pertimbangan yang matang untuk dapat menjadi seorang wirausaha yang baik.

Oleh sebab itu salah satu karakteristik wirausaha adalah realistis, artinya mampu membuat pertimbangan matang dengan mempertimbangkan banyak hal. Kalau sudah seperti itu barulah usaha dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Bagikan artikel: