Home » COD Artinya Adalah? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

COD Artinya Adalah? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

COD artinya apa? Jika kamu juga ingin tau sistem COD adalah bagaimana maka simak ulasan artikel ini sampai selesai.

COD atau Cash On Delivery belakangan ini menjadi salah satu jenis transaksi yang populer. Selain jauh lebih mudah, cara bayar sistem COD juga terbilang aman karena pembayaran hanya dapat dilakukan ketika barang telah diantar dan diterima oleh kamu selaku konsumen.

Beberapa waktu yang lalu ada fenomena kurir paket dimarahi oleh pelanggan karena barang yang dibeli dengan sistem COD tidak sesuai dengan apa yang ia pesan.

Tak ayal kejadian ini membuat sebagian orang merasa ragu untuk belanja secara daring serta menggunakan cara pembayaran secara langsung.

Lantas apa yang dimaksud dengan COD? Benarkah cara ini efektif untuk menghindari tindak penipuan yang dilakukan oleh oknum pedagang online yang tidak bertanggung jawab?

BACA JUGA:  Free Ongkir Adalah: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Konsumen dan Pebisnis

Mari simak penjelasan tentang COD di bawah ini secara lengkap.

Apa Itu COD?

cod artinya

Dilansir dari laman investopedia, Cash On Delivery, atau COD artinya adalah salah satu jenis transaksi yang mengharuskan penerimanya membayar barang yang ia beli secara tunai. Sedang persyaratan serta bentuk pembayaran yang akan diterima disesuaikan dengan ketentuan pembatalan dalam permainan pembelian.

Sistem pembayaran secara chas ini umumnya telah disepakati dan disetujui sebelum terjadi finalisasi penjualan. Sehingga jika menggunakan metode ini berarti pembayaran hanya akan dilakukan ketika nanti barang sudah diterima oleh konsumen.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!