Home » COD Artinya? Ini Manfaat, Kelebihan, Kekurangan Serta Tips COD yang Aman

COD Artinya? Ini Manfaat, Kelebihan, Kekurangan Serta Tips COD yang Aman

COD atau Cash On Delivery belakangan ini menjadi salah satu jenis transaksi yang populer. Selain jauh lebih mudah, cara bayar sistem COD juga terbilang aman karena pembayaran hanya dapat dilakukan ketika barang telah diantar dan diterima oleh kamu selaku konsumen.

Beberapa waktu yang lalu ada fenomena kurir paket dimarahi oleh pelanggan karena barang yang dibeli dengan sistem COD tidak sesuai dengan apa yang ia pesan. Tak ayal kejadian ini membuat sebagian orang merasa ragu untuk belanja secara daring serta menggunakan cara pembayaran secara langsung.

Lantas apa yang dimaksud dengan COD? Benarkah cara ini efektif untuk menghindari tindak penipuan yang dilakukan oleh oknum pedagang online yang tidak bertanggung jawab? Mari simak penjelasan tentang COD di bawah ini secara lengkap.

Apa Itu COD?

cod artinya

Dilansir dari laman investopedia, Cash On Delivery, atau COD artinya adalah salah satu jenis transaksi yang mengharuskan penerimanya membayar barang yang ia beli secara tunai. Sedang persyaratan serta bentuk pembayaran yang akan diterima disesuaikan dengan ketentuan pembatalan dalam permainan pembelian.

Sistem pembayaran secara chas ini umumnya telah disepakati dan disetujui sebelum terjadi finalisasi penjualan. Sehingga jika menggunakan metode ini berarti pembayaran hanya akan dilakukan ketika nanti barang sudah diterima oleh konsumen.

Dengan metode semacam ini sebenarnya sangat menguntungkan pihak konsumen karena lebih aman dan tidak was-was. Selain itu, konsumen juga memiliki waktu yang lebih untuk menabung sebelum barang datang.

Manfaat Dari Pembayaran Dengan Sistem COD

apa itu cod
pixabay.com

Tak sekedar aman dari tindak penipuan online shop tak bertanggung jawab, COD juga memiliki manfaat lain untuk sebuah bisnis. Dengan sistem pembayaran semacam ini secara tidak langsung dapat mempersingkat durasi piutang dalam sebuah bisnis.

BACA JUGA:  Agency Adalah? Berikut Pengertian, Cara Kerja dan Strategy Menjalankannya

Hal ini dikarenakan COD memiliki durasi pengiriman yang jauh lebnih singkat ketimnbang faktur standar. Sehingga konsumen mau tidak mau haru segera membayar barang yang ia pesan di waktu pengiriman.

COD juga memberikan waktu untuk pelanggan dalam mengumpulkan uang yang harus ia bayar. Namun juga bukan tidak mungkin bahwa saat jatuh tempo pelanggan tidak memiliki uang untuk membayar sehingga sangat merugikan pedagang dan juga kurir.

Bagi pedagang, COD sangat menguntungkan karena dapat meningkatkan jaminan kepercayaan konsumen. Terlebih jika perusahaan tersebut masih dalam proses berkembang sehingga, membutuhkan branding yang baik.

Meski demikian ada juga perusahaan yang tidak mau menggunakan sistem COD dan lebih memilih sistem pembayaran secara kredit. Dimana perusahaan akan membebankan bunga serta biaya keterlambatan kepada konsumen. Ini biasa terjadi pada perusahaan-perusahan besar yang sudah berjalan dengan stabil.

Namun meski demikian, COD juga masih tetap menjadi salah satu jenis pembayaran terbaik. COD terbilang menguntungkan karena penjual akan memberikan uang secara cash dan tanpa potongan. Selain itu, COD juga menghindarkan dari tindakan penipuan terkait identitas pembeli, cancel pembayaran hingga masalah sengketa kartu elektronik.  Tak hanya itu, transaksi secara chas ini juga memudahkan untuk konsumen yang tidak memiliki kartu kredit atau ATM.

Kelebihan COD

Ada banyak kelebihan yang didapatkan dari metode pembayaran secara langsung atau COD. COD memiliki kelebihan seperti berikut ini:

Untuk Penjual

Bagi penjual, COD adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan  kualitas penjualan. COD juga membuat tingkat kepercayaan pembeli terhadap reputasi si penjual.

BACA JUGA:  Etika Bisnis Adalah? Pengertian dan Manfaatnya yang Harus Pebisnis Tahu

Untuk Pembeli

Sedangkan untuk pembeli COD memberikan keuntungan berupa kenyamanan karena dapat memastikan kondisi barang secara langsung. Sehingga memperkecil risiko penipuan atau kondisi barang yang tidak sesuai dengan apa yang dipesan.

Kekurangan COD

Selain memiliki beberapa keuntungan, COD nyatanya juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan COD yang perlu kamu tahu:

Untuk Penjual

Sistem pembayaran secara COD memiliki kekurangan yang mana kemungkinan besar penjual akan merugi ketika barang yang dibeli dibatalkan secara sepihak. Tak hanya itu, metode semacam ini mempunyai jangkauan layanan terbatas. Dimana hanya dapat dilakukan ketika penjual dan pembeli berada dalam satu kota.

Jika pengiriman dilakukan oleh kurir, dapat menambah biaya pengiriman yang jauh lebih mahal. Potensi untuk terjadi tindakan penipuan juga lebih besar jika transaksi dipercayakan ke pihak kurir.

Untuk Pembeli

Sedangkan untuk pihak pembeli, transaksi semacam ini bisa dibilang tidak cukup aman dan rawan terhadap tindakan kejahatan. Untuk itu, sebaiknya lakukan transaksi COD ditempat yang benar-benar aman serta tidak menimbulkan risiko tindakan kriminal.

BACA JUGA: Cara Kerja Dropship dan Berbagai Keuntungannya

Tips Aman Dalam Melakukan Transaksi COD

apa yang dimaksud dengan cod 1

Untuk menghindari tindakan penipuan atau hal yang tidak diinginkan lainnya, berikut tips aman transaksi COD yang bisa kamu terapkan:

  • Pilih lokasi yang ramai dan banyak orang untuk menghindari tindakan penipuan
  • Jangan pergi sendirian saat COD
  • Usahakan melakukan transaksi COD saat siang hari
  • Fokus pada tujuan COD, hati-hati jika pembeli mulai bicara ngelantur
  • Jangan lupa cek kondisi barang, kelengkapan serta garansi barang baru lakukan pembayaran

Itulah pembahasan seputar pengertian COD, manfaat, kelebihan, kekurangan serat tipa yang bisa dilakukan saat melakukan COD. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel: