Home » Blue Ocean Strategy, Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Pengembangannya

Blue Ocean Strategy, Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Pengembangannya

Blue ocean strategy adalah sebuah analogi dimana sebagai pelaku usaha, kita harus bisa melihat potensi baru, tidak terduga dan luas seperti lautan. Dengan begitu pelaku usaha dengan strategi ini, akan membuat ruang pasar baru yang belum memiliki pesaing.

Mungkin hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan, banyak sekali risiko yang bisa dialami oleh pebisnis. Karena belum tentu ruang pasar yang Anda buat, bisa disukai oleh para konsumen. Namun jika tepat sasaran, maka keuntungan Anda dapatkan bisa berkali-kali lipat.

Meskipun terbilang riskan akan risiko, nyatanya beberapa perusahaan dalam dan luar negeri sukses dalam mengaplikasikan strategi samudera biru ini. Seperti halnya perusahaan Uber, Wardah, Bank BCA, Yamaha Mio, iTunes dan masih banyak lagi.

Perusahaan-perusahaan tersebut sudah mendulang kesuksesan dalam dunia bisnis, dan berani dalam mengambil risiko. Namun jika strategi ini diaplikasikan dengan tepat, perencanaan secara matang serta target pasar yang tepat maka Anda juga bisa menggapai kesuksesan.

Mengenal Blue Ocean Strategy Lebih Jelas

Blue ocean strategy adalah

Blue ocean strategy adalah sebuah analogi dalam dunia bisnis, dimana luas dan dalamnya lautan sama seperti dunia bisnis, banyak hal yang belum dikaji lebih dalam, padahal masih banyak segmen pasar yang belum diciptakan dan berpotensi besar mendulang kesuksesan.

Biasanya strategi ini sering dikaitkan dengan Red Ocean Strategy, pengertiannya berbanding terbalik dengan strategi samudera biru. Dimana red ocean strategy ini merupakan target pasar, yang diperebutkan oleh para pelaku usaha dan sering disebut persaingan berdarah.

Sedangkan blue ocean strategy menciptakan inovasi baru, dan pastinya belum pernah dibuat oleh pelaku usaha sebelumnya. Namun beberapa pelaku usaha mengaku ragu dalam memulai suatu inovasi baru, karena belum tentu produk atau jasa yang dibuat bisa disukai oleh konsumen.

Dalam memulai usaha dengan strategi ini, memang diperlukan persiapan matang, serta banyak melakukan riset agar mengetahui produk atau jasa seperti apa yang diinginkan oleh banyak orang, dan bisa digunakan di keseharian mereka.

Salah satu keuntungan bagi pebisnis dengan strategi ini adalah, tidak memiliki pesaing sehingga semua konsumen bisa menggunakan produk atau jasa anda. Biasanya jika suatu inovasi tersebut berhasil, akan banyak bermunculan bisnis baru dengan ide serupa.

Namun karena bisnis Anda muncul terlebih dahulu, maka orang-orang akan lebih mengenal brand yang Anda buat. Selain itu akan terjadi perbandingan produk atau jasa, antara perusahaan Anda dengan perusahaan lain.

Beberapa Kelebihan Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategy

Setiap strategi pada dunia bisnis memang berpeluang menciptakan kesuksesan, jika pebisnis cermat dalam menentukan keputusan tepat. Berikut beberapa kelebihan pada strategi samudera biru.

1.   Menemukan Pasar Tidak Tersaingi

Kelebihan pertama dari blue ocean strategy adalah pebisnis bisa menemukan pasar tidak tersaingi, dengan begitu ruang pasar yang sudah penuh dan jenuh bisa dihindari. Persaingan dalam industri merupakan hal yang biasa terjadi, dan sebaiknya Anda menghindari hal tersebut.

Dengan melepaskan diri dari persaingan industri, maka Anda memiliki peluang lebih besar dalam meningkatkan permintaan dari konsumen, dan juga meningkatkan profitabilitas perusahaan anda.

2.   Menciptakan Permintaan Baru

Suatu usaha terbilang baru dalam dunia bisnis, tentunya memiliki konsumen lebih sedikit. Karena belum banyak konsumen mengenal merk dagang anda, dan memahami sebetulnya produk atau jasa seperti apa yang dipasarkan.

Namun pebisnis harus sabar dan fokus dalam menjalani usaha, jika calon konsumen sudah memahami dan tertarik dengan produk atau jasa yang diperjualkan, maka permintaan baru akan bermunculan dan meningkat dari waktu ke waktu.

3.   Peluang Mendapat Profit Besar

Mendapatkan profit besar bukanlah suatu hal tidak mungkin, sebab banyak sekali peluang yang bisa Anda raih dengan strategi ini, dalam upaya menggapai profit sebesar mungkin.

Kekurangan dari Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategy

Ada kalanya strategi ini tidak berhasil bagi beberapa pelaku usaha, karena tidak cermat dalam menghadapi beberapa situasi dengan risiko begitu besar.

1.   Sulit Menemukan Ide yang Berbeda

Kekurangan dari blue ocean strategy adalah sulit dalam menemukan ide berbeda. Dalam menemukan ide usaha, memang para pelaku usaha harus bisa memikirkannya dengan matang, ide futuristik dan “out of the box”.

2.   Banyak Risiko

Setiap bisnis pastinya memiliki risiko bisnisnya masing-masing, risiko kegagalan biasanya membuat pebisnis sudah menyerah terlebih dahulu sebelum memulai. Hal ini yang harus Anda hindari, agar bisa melewati segala risiko dan menghadapinya dengan bijak.

3.   Membutuhkan Kesabaran dan Persiapan Lebih

Kekurangan selanjutnya dari blue ocean strategy adalah pebisnis harus bisa bersabar, dan menyiapkan segala sesuatu secara matang. Jika terlalu terburu-buru, bisa saja Anda gagal dalam menentukan target pasar, serta ide produk atau jasa yang relevan untuk diciptakan.

BACA JUGA:

Cara Mengembangkan Blue Ocean Strategy adalah dengan 4 Tahapan

Blue ocean strategy

Untuk bisa mengembangkan strategi ini, pebisnis perlu memahami berbagai tahapan, agar bisa mengaplikasikannya dengan baik dan sukses dalam menghadapi berbagai persaingan bisnis yang akan terjadi.

1.   Menyingkirkan

Agar produk bisa disukai oleh banyak orang, tentunya Anda juga perlu menyingkirkan beberapa hal yang sekiranya tidak penting atau tidak bernilai. Sehingga bagian atau fitur yang memang penting, bisa Anda maksimalkan sebaik mungkin.

2.   Mengurangi

Jika sudah menghilangkan beberapa bagian atau fitur yang kurang penting, maka selanjutnya adalah mengurangi unsur-unsur yang dirasa kurang berkontribusi dalam produk tersebut, atau dirasa kurang bernilai di mata masyarakat.

3.   Mengembangkan

Tahapan selanjutnya dalam blue ocean strategy adalah mengembangkan standar atau fitur, yang memiliki keunggulan pada produk atau jasa tersebut. Dengan meningkatkannya, maka produk Anda akan lebih bernilai dan berbeda dari produk pesaing lainnya.

4.   Menciptakan

Selanjutnya adalah menciptakan hal baru, dan belum banyak Anda temui di dunia bisnis. Semacam terobosan yang sekiranya bisa memikat para calon konsumen dan bisa diterima oleh masyarakat luas, sehingga membuat konsumen merasa penasaran dan ingin mencobanya.

Untuk menemukan ide berbeda dari perusahaan pesaing, memang bukan hal mudah untuk dilakukan. Blue ocean strategy adalah strategi yang berguna, untuk membuka segmen pasar baru di dunia bisnis.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!