Home » Minimum Viable Product Adalah: Pengertian, Tujuan dan Tahapan Pembuatannya

Minimum Viable Product Adalah: Pengertian, Tujuan dan Tahapan Pembuatannya

Belum banyak yang mengetahui bahwa minimum viable product adalah sebuah strategi pengembangan produk di perusahaan-perusahaan startup. Sering juga disebut dengan istilah MVP.

Strategi ini diperlukan untuk membuat persiapan matang sebelum peluncuran sebuah produk karena perusahaan startup memiliki risiko besar gagal ketika rilis produk pertama. Oleh sebab itu, dibutuhkan pembuatan MVP terlebih dahulu sebagai alat ukur pasar.

Sebuah produk dari usaha rintisan terkadang sulit diterima oleh masyarakat luas, meskipun sudah dibuat dengan biaya tinggi dan memiliki kelengkapan. Hal ini karena pembuatnya belum dikenal secara luas.

Lalu sebenarnya apa minimum viable product in dan apa tujuan pembuatannya, lalu bagaimana tahapan pembuatannya? Bagi para pelaku usaha rintisan hal ini sangat penting untuk diketahui.

BACA JUGA:  Unicorn Adalah: Berikut Arti dan Perbedaan dengan Valuasi Lainnya

Pengertian Minimum Viable Product adalah

Ketika merilis sebuah produk, tidak selalu berjalan lancar, bahkan perusahaan besar sekalipun akan mengalami masalah. Jadi, tidak heran apabila sebuah perusahaan rintisan juga mengalaminya.

Hal ini sudah lumrah sehingga tidak perlu takut dengan masalah yang datang saat perilisan produk. Fokuslah pada risiko yang mungkin dialami dari permasalahan tersebut, bagaimana cara meminimalkan masalah, dan meningkatkan peluang keberhasilan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!