Setelah selesai dibuat MVP akan diluncurkan ke pasar untuk dinilai para konsumen. Tanggapan konsumen nanti akan menjadi catatan penting dalam pembentukan product dari perusahaan startup.
-
Daftar Isi
Product
Ini adalah tahap akhir dari rangkaian pada MVP, yaitu menciptakan sebuah barang yang dihasilkan dari riset pasar menggunakan prototype dan MVP. Di dalamnya bukan hanya ada elemen dasar, tapi juga elemen pendukung lainnya.
Barang yang dihasilkan ini merupakan hasil paling sempurna, tapi tidak menutup kemungkinan tetap memiliki kekurangan. Akan tetapi, karena sudah dilakukan evaluasi dari MVP, maka kemungkinan kegagalannya lebih rendah.
Tujuan Pembuatan Minimum Viable Product Adalah
Banyak juga perusahaan startup yang melewatkan tahapan pembuatan MVP sehingga mengalami kegagalan dalam peluncuran produk pertama. Hal ini terjadi, karena masih banyak pelaku usaha tidak memahami dengan baik apa saja tujuan dari MVP berikut ini:
-
Mempercepat Peluncuran Produk
Tujuan utama dari pembuatan MVP adalah untuk membantu pelaku bisnis dalam percepatan peluncuran produk. Sebab sebuah product harus diluncurkan di waktu dan tempat yang tepat agar meningkatkan peluang suksesnya.
Dengan menggunakan MVP untuk mengecek keinginan konsumen, maka pelaku usaha dapat menyempurnakan product dengan baik. Kemudian peluncuran produk dapat dilakukan sesuai dengan waktunya.
-
Melakukan Pengujian pada Konsumen Sebenarnya
Minimum viable product adalah sebuah strategi yang membantu pelaku usaha untuk melakukan pengujian. Meskipun sudah dilakukan pengujian lab dengan berbagai metode testing, tetap saja dibutuhkan pengujian ke pengguna sesungguhnya.