Home » Inilah 5 Tugas Marketing yang Wajib Diketahui Oleh Pebisnis

Inilah 5 Tugas Marketing yang Wajib Diketahui Oleh Pebisnis

Dalam dunia usaha Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah marketing, tugas marketing awamnya orang bilang yaitu untuk melakukan pemasaran barang yang dijual. Memang betul, namun ternyata selain itu masih banyak tugas yang tidak diketahui oleh pebisnis pada bidang pemasaran.

Ada istilah “Jika ingin sukses berdagang maka pandailah memasarkan produk”, ternyata istilah tersebut benar adanya. Marketer ialah seorang penggerak di balik keberhasilan dalam mempromosikan produk ke dunia luar. Setelah produk terkenal disitulah owner mengharapkan terjadinya penjualan.

Supaya mencapai penjualan masif, terdapat peran penting dari proses di bidang pemasaran. Sebut saja prosesnya seperti menciptakan iklan barang, melakukan marketing plan, dan mengamati kondisi pasaran. Semuanya memiliki peran penting untuk kesuksesan bisnis rintisan.

Biasanya seorang marketer handal melakukan pengamatan mendetail tentang riset pada target pasar. Seperti menentukan demografi market dan factor pendukung lain untuk menunjang konversi penjualan. Ini dilakukan melalui proses panjang dibutuhkan kesabaran.

Apalagi fenomena bisnis online yang sekarang merebak akibat perkembangan teknologi digital dan internet. Menambah variable tantangan dalam bidang pemasaran dalam merumuskan strategi pemasaran terbaik dalam mempromosikan produk.

Terjun pada bisnis online pun diperlukan kemampuan tambahan yang penting dimiliki. Katakanlah kemampuan tersebut seperti desain grafis, digital market, SEO (Search Engine Optimizer) dan sebagainya.

Tugas Marketing yang Sesuai dengan Fenomena Bisnis Online

tugas marketing

Menjadi seorang marketer memanglah tidak mudah apabila Anda tidak serius menekuninya. Besarnya cakupan kerja dan seolah pekerjaan tidak mendapatkan sorotan orang lain membuat orang berpikir ulang untuk menjadi ahli pemasaran.

Tetapi jika usaha ingin berhasil, Anda perlu menguasai tugas marketing dalam dunia bisnis sebelum mempekerjakan orang lain. Berikut adalah beberapa tugas yang perlu dikuasai oleh ahli bisnis online:

  1. Menguasai Desain Grafis dan Optimasi Website

Pekerjaan ini menuntut Anda agar menguasai user interface dan user experience pada website untuk memperhatikan tingkat kepuasan pengunjung. Tujuan nya adalah ketika berhasil menjaring pengunjung dengan baik maka potensi pembelian produk akan tinggi.

User Interface (UI) adalah fokus terhadap penampilan atau presentasi pada halaman website. Pengunjung pasti menilai perusahaan dari penampilan awal yang disajikan pada halaman web. Maka penting untuk memilih warna sesuai dengan karakter, jenis font digunakan, animasi visual, dan fitur lainnya.

Berbeda dengan User Experience (UX), UX bertujuan pada aspek praktis pengunjung. Jangan pernah membiarkan pengunjung website kebingungan untuk menavigasi diri karena akan memungkinkan mereka meninggalkan halaman. Solusi nya adalah menambahkan navigasi, struktur konten, dan copywriting.

  1. Menguasai Copywriting

Copywriting adalah kemampuan membuat materi marketing yang bertujuan pada mengajak audiens untuk melakukan pembelian produk. Pekerjaan ini identik dengan bidang periklanan, penting untuk bisa menulis dan membuat audio visual.

  1. Tingkatkan Kualitas SEO (Search Engine Optimizer)

SEO yaitu teknik untuk mengoptimalkan halaman web agar masuk pada daftar teratas di mesin pencari Google. Salah satu cara termudah adalah dengan memasukkan kata kunci (keyword) dengan permintaan tinggi pada website.

Dengan mengadaptasi SEO secara otomatis Anda akan mendapatkan manfaat seperti banyaknya traffic pengunjung, bertambahnya penjualan, menjaring pengguna internet lebih luas, dan berorientasi jangka panjang.

Adaptasi sistem SEO merupakan solusi untuk meningkatkan kualitas pemasaran melalui optimasi web. Hasilnya adalah halaman Anda akan muncul di list teratas dan membuahkan kunjungan berujung konversi produk jualan.

  1. Ciptakan Audiens pada Media Sosial

Selain fokus pada pengembangan website/blog perusahaan, bergabung dengan media sosial merupakan alternatif solusi. Karena dalam media sosial memiliki jutaan pengguna dan potensi untuk melihat produk sangat terbuka lebar.

Awalnya media sosial hanya dijadikan tempat untuk saling bertukar pengalaman dan ekspresi. Namun belakangan ini fenomena dagang di medsos juga menjadi tren karena potensi besarnya. Mau merk ternama atau merk kecil baru muncul pun saling bersaing bebas untuk meraih audiens pada medsos.

Bangun interaksi dengan followers agar mendapatkan kepercayaan. Caranya bisa dengan menggunakan fitur pesan langsung, Instagram stories, tanya jawab dan masih banyak fitur lain. Melakukan hubungan personal dengan pelanggan disarankan lebih personal agar lebih serius.

  1. Membangun Citra Melalui Branding

Penggunaan logo dengan memiliki filosofi dan adaptasi warna sesuai merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan perusahaan. Tujuannya adalah untuk menciptakan perspektif masyarakat dan membuat rasa kepercayaan dan cinta pada merk bisnis Anda.

Selain membuat logo cara lain untuk meningkatkan citra adalah rutin mengadakan event, membuat iklan, dan memberikan added value pada produk. Teknik-teknik tadi bisa dipilih mana yang paling bisa Anda lakukan.

BACA JUGA:

Selain Jago Teknikal, Marketing Memiliki Mindset Khusus

Setelah memahami tugas marketing dengan baik, ketahui juga mindset khusus yang dimiliki marketer. Mindset penting karena terkadang pola berpikir bisa menjadi keuntungan bisa juga menjadi ancaman pada kesuksesan mendirikan bisnis.

Ditambah dengan bisnis online seperti sekarang ini, menyebabkan persaingan terbuka dengan kompetitor bisnis serupa. Akibatnya kemungkinan saling menghabisi akan sangat mungkin terjadi. Maka diperlukan mindset terbarukan untuk menghadapi kemungkinan tersebut.

Sederhana saja mindset marketer haruslah fleksibel, terbuka, dan tumbuh. Anda tidak bisa lagi menganggap keberhasilan bisnis dilakukan dengan usaha tradisional. Diperlukan usaha lebih untuk belajar dan mengamati trend pasar.

Faktanya pembeli sekarang sudah lebih pintar untuk memilah memilih produk keinginannya. Banyaknya penawaran membuat pembeli akan cenderung berpindah-pindah sebelum pada akhirnya melakukan pembelian produk.

Meski memang sajian informasi diatas berisi banyak sekali tips jago penjualan, pada praktiknya sesuaikanlah kebutuhan strategi dengan kapasitas perusahaan. Tugas marketing selain jago hal-hal teknis, ia juga perlu memiliki mindset berkembang untuk membawa perusahaannya lebih terkenal lagi.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!