Sederhananya, direct marketing adalah jenis pemasaran atau kampanye iklan yang digunakan untuk mendapatkan hasil dari audiens target tertentu. Umumnya dilakukan melalui kunjungan ke sebuah situs atau mengisi formulir permintaan info di landing page.
Pemasaran jenis ini datang dalam berbagai format, seperti surat fisik, pemasaran jarak jauh, atau email langsung. Salah satu fakta paling umum ialah bahwa direct marketing metode pemasaran yang efektif dan lebih mudah untuk diukur.
Dengan cara tersebut, misalnya ketika sebuah bisnis membuat diskon untuk toko onlinenya dan membuat iklan langsung dengan mengirim melalui surat fisik, itu dapat mengetahui secara jelas siapa yang telah menggunakannya.
Tujuan yang dapat diperoleh dengan pemasaran ini juga beragam, seperti untuk mendapat pesanan, kunjungan toko atau situs web, hingga permintaan informasi sebagai tanggapan atas tindakan komunikasi pemasar.
Direct Marketing Adalah Metode Berbagai Format
Komunikasi dari marketing ini dapat dilakukan dengan banyak format yang berbeda, dan salah satu metode paling menarik adalah menjangkau audiens dengan email langsung. Mengingat era digital sekarang, format ini juga masih lebih mudah diukur.
Tanggapan penerima email langsung terhadap suatu penawaran bisnis yang diperolehnya bisa langsung diketahui. Tinggal memperhatikan pemakaian semacam cookie dari bisnis online, itu akan terlihat jika pengguna telah menggunakan suatu kode tertentu.