Home » Direct Marketing Adalah? Berikut Berbagai Metode dan Manfaatnya

Direct Marketing Adalah? Berikut Berbagai Metode dan Manfaatnya

Sederhananya, direct marketing adalah jenis pemasaran atau kampanye iklan yang digunakan untuk mendapatkan hasil dari audiens target tertentu. Umumnya dilakukan melalui kunjungan ke sebuah situs atau mengisi formulir permintaan info di landing page.

Pemasaran jenis ini datang dalam berbagai format, seperti surat fisik, pemasaran jarak jauh, atau email langsung. Salah satu fakta paling umum ialah bahwa direct marketing metode pemasaran yang efektif dan lebih mudah untuk diukur.

Dengan cara tersebut, misalnya ketika sebuah bisnis membuat diskon untuk toko onlinenya dan membuat iklan langsung dengan mengirim melalui surat fisik, itu dapat mengetahui secara jelas siapa yang telah menggunakannya.

Tujuan yang dapat diperoleh dengan pemasaran ini juga beragam, seperti untuk mendapat pesanan, kunjungan toko atau situs web, hingga permintaan informasi sebagai tanggapan atas tindakan komunikasi pemasar.

Direct Marketing Adalah Metode Berbagai Format

direct marketing adalah

Komunikasi dari marketing ini dapat dilakukan dengan banyak format yang berbeda, dan salah satu metode paling menarik adalah menjangkau audiens dengan email langsung. Mengingat era digital sekarang, format ini juga masih lebih mudah diukur.

Tanggapan penerima email langsung terhadap suatu penawaran bisnis yang diperolehnya bisa langsung diketahui. Tinggal memperhatikan pemakaian semacam cookie dari bisnis online, itu akan terlihat jika pengguna telah menggunakan suatu kode tertentu.

Pemasaran langsung melakukan komunikasi secara langsung antara dua pihak. Landasan dasar direct marketing adalah adalah penggunaan database yang mencakup informasi rinci tentang setiap klien atau prospek.

Dari penggunaan informasi ini, maka agen pemasaran dapat menyesuaikan promosi dan komunikasi pemasaran langsung yang sesuai dengan kebutuhan segmen, atau malah bahkan melakukan adaptasi kepada klien secara individu.

Di era digital, pemasaran langsung masih pilihan yang legit untuk mencapai tujuan tertentu dari bisnis. Berikut beberapa format media utama pemasaran langsung dalam lingkungan digital menjangkau audiens.

  1. Email, ini memungkinkan pemasar untuk mengirim penawaran, iklan, pengingat, dan pesan langsung kepada seseorang yang telah disimpan dalam database.
  2. Katalog pemasaran, metode mirip katalog fisik dan itu akan dikirim ke audiens melalui Internet.
  3. Pemasaran digital, merupakan metode pemasaran berbagai format lainnya, salah satu yang sangat populer adalah penggunaan iklan sosial melalui audiens khusus untuk membuat kampanye yang dipersonalisasi.
  4. Media sosial, yakni pemasaran melalui platform sosial, dialog antara pelanggan dan perusahaan secara public. Itu membantu memastikan komunikasi kedua belah pihak dan berbagi promosi atau penawaran tertentu lebih mudah.
  5. Spanduk, ini bentuk digital dari spanduk fisik dan dapat diklik langsung.

Sejumlah format pemasaran langsung di atas memang punya segmentasi audiens tertentu. Namun yang pasti, analisis terhadap hasil kampanye lebih mudah diukur cara kerjanya dan memeriksa kesuksesan konversi akan berguna memperbaiki kampanye berikutnya.

Berbagai Manfaat dari Direct Marketing

direct marketing adalah

Pemasaran langsung menawarkan beberapa cara untuk mencapai tujuan penggunanya. Penggunaan direct marketing adalah pilihan strategi pemasaran secara online yang menguntungkan. Berikut berbagai keuntungan penggunaannya.

  1. Optimasi Anggaran

Dengan pemasaran langsung yang diarahkan ke lingkungan digital, bisnis atau marketer dapat menetapkan tujuan realistis dan meningkatkan penjualan dengan anggaran tertentu. Setelah melakukan pengidentifikasian audiens, lebih mudah mengoptimalkan kampanya ini.

Marketing akan dapat mengelola keseluruhan proses kampanye dengan benar, sehingga itu membuat pemasar mendapatkan hasil yang baik dengan biaya bahkan jauh lebih rendah dibandingkan dengan iklan tradisional pada umumnya.

Melalui cara tersebut, marketer menghindari namanya membuang tenaga dan waktu kepada target yang tidak prospek. Pemasaran langsung secara online ini menjadi cara yang sangat cepat dan ekonomis untuk mencapai konsumen.

  1. Klien Lebih Potensial

Karena teknik pemasaran ini menghubungi klien yang diambil dari basis data, itu bisa milik sendiri atau pihak ketiga, pemasar langsung menghubungi target pasar untuk menawarkan atau mengiklankan produk atau layanan perusahaan tertentu.

Keuntungan direct marketing adalah mendatangkan efisiensi proses yang jauh lebih besar. Pemasaran langsung akan berfungsi dengan baik karena setiap segmentasi akan menerima pesan personalisasi dan diadaptasi.

BACA JUGA:

  1. Meningkatkan Penjualan

Penggunaan paling menguntungkan dengan marketing langsung adalah itu dapat digunakan untuk kampanya apa saja. Target pemasar bukan hanya orang tertentu, melainkan dapat dikelompokkan dalam kategori khusus apapun.

Ketika saatnya tiba untuk melaksanakan kampanye pemasaran langsung, upaya pemasar akan dibagi jadi tiga bagian. Pertama, inisiasikan komunikasi dengan klien lama sebagai upaya untuk menghidupkan kembali minat mereka melalui proses pembelian baru.

Tujuan proses ini tentu untuk membuatnya menjadi pembeli langganan merek/bisnis tertentu. Kedua, ialah upaya untuk memiliki klien baru, di mana mereka sudah tersimpan di basis data tetapi belum membeli produk atau layanan.

Dengan mengirim kampanye spesifik dan menarik kepada para pengikut, misalnya, pendaftar  pertama kalinya akan menerima diskon sekian. Itu jika dikirim langsung dari pesan email, maka ada peluang target audiens baru ini mengklik atau mendaftar segera.

Upaya ketiga adalah menjangkau klien terbaru saat ini. Cara terbaik direct marketing adalah memilih beberapa jenis komunikasi yang memberi penghargaan kepada mereka untuk kesetiaannya agar jadi pelanggan dalam jangka panjang.

  1. Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Marketing yang menjaga dan menimbulkan emosi dan perasaan dekat antara sebuah merek dengan pengguna, itu dapat membuat kesetiaan besar. Jika menggabungkan rencana pemasaran langsung digital dengan program loyalitas bisnis misalnya.

Maka dapat terlihat hasil pelanggan setia yang lebih banyak. Hubungan langsung dengan pelanggan melalui personalisasi email, promosi, dan penawaran, mampu menciptakan ikatan langsung antara bisnis dan pelanggan pada level lebih tinggi.

  1. Datang Peluang Bisnis Baru

Pemasaran langsung online memungkinkan bisnis atau marketer untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan pasar, sehingga bereaksi dengan cara yang jauh lebih efektif untuk terus bertahan atau berkembang sesuai keadaan.

Salah satu manfaat terbesar dari metode pemasaran ini, kampanye tersebut membawa hasil nyata dan dapat secara langsung mengukur hasilnya. Direct marketing adalah pilihan bagus yang memungkinkan bisnis  mengambil keputusan secara real time untuk hasilnya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!