Home » Viral Marketing, Pengertian, Kelebihan dan Tips Melakukannya

Viral Marketing, Pengertian, Kelebihan dan Tips Melakukannya

Viral marketing sebenarnya sudah sejak lama digunakan sebelum memasuki era digital seperti sekarang. Tetapi saat ini sudah berkembangnya teknologi menyebabkan formatnya menjadi lebih luas dari sebelumnya. Tidak heran jika teknik marketing yang satu ini juga dilirik oleh banyak perusahaan.

Hal ini dikarenakan dampak dari kegiatan marketing yang satu ini semakin hari semakin besar dikarenakan adanya peran media sosial di dalamnya. Oleh sebab itu berikut beberapa informasi penting seputar kegiatan marketing ini.

Karena agar kegiatan marketing ini berjalan dengan efektif terdapat beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Apalagi saat ini sudah banyak sekali strategi pemasaran yang memanfaatkan sosial media.

Tidak terkecuali dengan viral marketing ini, dengan langkah seperti ini Anda bisa melakukan kegiatan marketing ini secara baik dan tidak memberikan efek negatif terhadap brand produk Anda. Jadi tidak bisa asal saja dalam membuat viral produk.

Pengertian dari Viral Marketing

viral marketing

Selama bermain sosial media apakah Anda pernah melihat sebuah iklan perusahaan yang dibagikan oleh seluruh followers?. Inilah merupakan salah satu kegiatan yang masuk ke dalam bagian viral marketing.

Hal ini dikarenakan merupakan salah satu upaya menyebarkan informasi mengenai sebuah produk maupun jasa dari mulut ke mulut atau melalui internet. Jadi jika dulu kegiatan ini hanya disebarkan dari satu orang ke orang lain tetapi saat ini kegiatan ini bisa berjalan dengan mudah.

Sudah ada media sosial sehingga bisa menyebarkan informasi dengan cepat dan lebih luas. Langkah seperti ini maka bisa memberikan pengaruh positif terhadap sebuah perusahaan. Jadi kegiatan ini sendiri bekerja seperti sebuah virus.

Selain itu untuk strategi marketing ini agar berjalan dengan maksimal maka harus melakukan teknik pemasaran yang menarik sehingga membuat orang tertarik melihatnya dan kemudian disebarkan oleh orang lain.

Karena itu untuk melakukan viral marketing ini maka wajib bagi sebuah perusahaan membuat konten menarik sehingga  produk atau jasa yang ditawarkan menjadi populer. Pastikan konten yang dibuat sesuai dengan pangsa pasar.

Kelebihan dari Teknik Marketing ini

viral marketing

Terdapat beberapa keuntungan yang dimiliki oleh viral marketing dibandingkan dengan teknik pemasaran lainnya. Ini wajib dijadikan sebagai bahan pertimbangan mengingat keuntungan ini tidak bisa ditemukan pada teknik pemasaran lain.

  1. Jauh lebih murah

Apabila Anda melakukan kegiatan pemasaran melalui media massa seperti billboard maka membutuhkan uang yang tidak sedikit. Tetapi ketika menggunakan teknik ini maka jauh lebih murah, sebab Anda hanya perlu mengunggah sebuah konten di media sosial.

Dengan langkah seperti ini maka yang selanjutnya melakukan penyebaran informasi adalah orang-orang yang melihat konten tersebut. Dengan langkah seperti ini informasi bisa tersebar tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

  1. Bisa menjangkau audiens menjadi lebih mudah

Sebenarnya perusahaan besar maupun kecil memiliki kesempatan yang sama dalam menjangkau audiens mereka. Tetapi terjangkau atau tidaknya sebuah audit berpengaruh dengan teknik marketing yang mereka lakukan.

Satu teknik marketing yang bisa menjangkau alien lebih luas dan dari berbagai macam lokasi beserta level adalah viral marketing. Dengan langkah seperti ini maka kesempatan tersebarnya informasi terbuka dengan lebar.

  1. Audiens memiliki peran besar

Tidak dapat dipungkiri untuk strategi yang satu ini maka audiens Anda memiliki peran yang sangat besar. Karena mereka berinisiatif untuk membagikan konten secara gratis. Berbeda dengan teknik strategi lainnya yang harus mengeluarkan uang dalam menyebarkan informasi.

Dengan langkah seperti ini maka luasnya pemasaran dikarenakan besarnya partisipasi yang dilakukan oleh audiens. Karena itu pastikan bahwa Anda membuat konten yang tidak hanya menarik tetapi cocok untuk jenis audiens yang melihatnya.

Tips Dalam Melakukan Strategi Marketing Ini

viral marketing

Untuk melakukan kegiatan viral marketing dan berjalan dengan berhasil maka terdapat beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah harus paham mengenai audiens. Udah enggak langka seperti ini maka mudah bagi Anda membuat konten yang mereka sukai.

Bahkan bisa menemukan keyboard apa yang sering mereka gunakan di dalam mesin pencarian. Karena sangat sulit sekali jika tidak memahami karakteristik audiense, sebab membuat Anda kesulitan membuat konten yang tepat.

Selain itu jangan lupa untuk memanfaatkan tren, sebab sesuatu yang viral memiliki kaitan erat dengan hal tersebut. Jadi Anda harus mengetahui perkembangan pasar sehingga bisa menetapkan konten yang sedang hot.

Salah satu contohnya adalah penggunaan platform TikTok yang saat ini sedang ngetren di kalangan anak muda. Jadi jangan lupa membuat konten di platform tersebut sehingga bisa dilihat.

Selain itu jangan lupa untuk membuat konten yang mudah dibagikan. Ada baiknya jika Anda membuat konten yang singkat sehingga mudah diingat tetapi pesannya dapat tersampaikan. Hindarilah membuat konten yang berisi tulisan lebih banyak tetapi buatlah yang teksnya singkat tetapi mudah dimengerti.

BACA JUGA:

Kegiatan Marketing Ini Bisa Meningkatkan Brand Awareness

viral marketing

Tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan viral marketing dapat meningkatkan brand awareness perusahaan maupun produk. Tidak heran jika ada banyak sekali pelaku bisnis yang melakukan kegiatan strategi ini.

Hal ini dikarenakan strategi seperti ini bisa meningkatkan kesadaran orang-orang terhadap campaign yang Anda lakukan, dengan langkah seperti ini maka terjadilah peningkatan dari brand awareness.

Walaupun kegiatannya akan berpusat di media internet seperti media sosial tetapi akan sangat maksimal jika dikombinasikan dengan konten offline seperti baliho. Serta jangan lupa pula untuk memperhatikan konten yang dibuat.

Sudah pasti konten selain tidak hanya unik tetapi konsepnya harus beda dari biasanya. Akan sangat bagus jika content tersebut memiliki muatan emosional sehingga membuat orang terpacu untuk membagikannya bahkan membahas di dalam kegiatan sehari-hari.

Oleh sebab itu inilah seluk-beluk dari strategi marketing ini yang cocok diterapkan saat sekarang. Sebab sekarang tidak ada orang yang bisa dipisahkan dari internet sehingga viral marketing efektif untuk digunakan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!