Home » Search Engine Marketing Adalah? Berikut Penjelasannya

Search Engine Marketing Adalah? Berikut Penjelasannya

Pastinya banyak dari Anda bertanya search engine marketing adalah apa, maka berikut beberapa informasi mengenai hal ini. Search engine marketing atau biasa disingkat sebagai SEM merupakan salah satu strategi dalam bidang periklanan.

Strategi yang satu ini sudah banyak sekali digunakan sehingga layak untuk dipraktikkan pada bisnis diri sendiri. Apalagi dalam sebuah bisnis memerlukan adanya tindakan marketing agar produk yang ditawarkan bisa dilirik banyak orang.

Dengan adanya strategi ini maka website Anda akan berada di halaman pertama untuk hasil yang diberikan pada mesin pencarian. Seperti kita ketahui bahwa sekarang ini sudah banyak usaha yang menggunakan website baik sebagai media jual beli maupun untuk periklanan.

Terdapat beberapa perbedaan antara search engine marketing dengan SEO yang merupakan salah satu cara agar website berada di urutan pertama. Oleh sebab itu berikut beberapa seluk-beluk mengenai SEM yang harus Anda ketahui.

Dengan langkah seperti ini maka Anda bisa memilih apakah memilih SEM atau SEO, Karena sekarang ini persaingan di dalam dunia online juga tidak kalah sengit. Jadi sebagai pemilik usaha Anda harus melakukan berbagai macam cara agar usaha bisa bertahan.

Bahkan dibutuhkan strategi yang matang agar selangkah lebih maju dibandingkan dengan lawan. Apalagi Anda membuka usaha yang orang lain juga membukanya sehingga dibutuhkan beberapa hal sehingga menjadi pembeda antara usaha lain dengan milik Anda.

Apa Itu Search Engine Marketing?

Search Engine Marketing adalah

Pastinya banyak yang bertanya apa itu search engine marketing, sebenarnya ini merupakan salah satu strategi marketing namun dengan sistem berbayar. Tujuannya adalah agar meningkatkan pengunjung pada website.

Jadi caranya adalah website Anda harus berada di urutan pertama. Untuk cara kerja search engine marketing adalah pengiklan akan memasang iklan kampanye SEM dengan kata kunci yang sesuai berdasarkan bisnis atau produk Anda.

Nanti ketika ada orang yang mengetik kata kunci tersebut maka website pengiklanan akan muncul di bagian teratas mesin pencarian. Dengan cara seperti ini maka website tersebut akan dilihat oleh calon konsumen

Untuk tahapan seperti ini maka belum ada biaya yang dikeluarkan oleh bagian pihak pengiklan. Sebab mesin pencarian akan menggunakan metode pay-per-click di mana pengiklan baru akan membayarkan biaya iklan ketika orang mengklik link website tersebut.

Untuk menemukan search engine marketing adalah bukan perkara yang sulit sebab akan ditemukan pada semua mesin pencarian apapun jenisnya. Tetapi yang sangat sering digunakan oleh para pengguna adalah Google.

Karena Google merupakan penguasa pasar mesin pencarian di mana sebanyak 92,47% orang di dunia menggunakannya. Selain itu website yang menggunakan SEM muncul di bagian atas atau bawah halaman di mesin pencarian.

Bahkan biasanya ditandai dengan tulisan ads atau iklan. Bahkan tidak jarang juga muncul dalam bentuk display produk. Walaupun terlihat sama dengan SEO namun terdapat beberapa hal yang membuat mereka berbeda.

Perbedaan SEM dan SEO

Search Engine Marketing

Agar Anda bisa membedakan search engine marketing adalah dengan SEO maka berikut beberapa perbedaan yang mereka miliki. Dengan cara seperti ini Anda bisa memilih apakah menggunakan SEO atau SEM

  1. Tampilan di mesin pencarian

Salah satu yang membedakan kedua hal ini adalah tampilan mereka di mesin pencarian. Untuk SEM maka biasanya memiliki tanda iklan atau Ad. Selain itu iklan akan berada di posisi teratas dibandingkan dengan website yang tidak beriklan.

Sedangkan untuk SEO tidak memiliki embel-embel iklan di bagian bawahnya. Untuk website yang menggunakan sistem SEO biasanya ditampilkan di bagian bawah website yang menggunakan sistem SEM.

  1. Biaya yang perlu dikeluarkan

Untuk biaya kedua hal ini juga sangat berbeda di mana untuk search engine marketing adalah iklan berbentuk pay per click . Jadi nanti Anda harus memiliki anggaran khusus sehingga iklan tersebut bisa terus ditampilkan pada nomor pertama hasil pencarian.

Sedangkan untuk SEO adalah strategi yang bisa diterapkan tanpa dikenakan biaya. Tetapi agar bisa menampilkan website di nomor pertama diperlukan strategi khusus. Salah satunya adalah menyesuaikan search intent bahkan memperbanyak backlink yang berkualitas.

Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan SEM

Tentunya terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan SEM, salah satu alasannya adalah bisa meningkatkan convertion rate. Hal ini dikarenakan website Anda akan banyak diklik orang sehingga kemungkinan besar mereka langsung mencari apa yang yang ingin dibeli.

Selain itu sistem SEO jauh lebih lama dibandingkan dengan SEM, karena ketika Anda merilis iklan berbayar ini maka secara otomatis website akan berada di nomor pertama. Bahkan untuk menghentikan biaya iklan ini bisa dilakukan kapan saja.

Jadi jika Anda ingin merasakan efeknya dan waktu cepat maka cocok menggunakan sistem search engine marketing adalah. Bahkan dengan sistem ini Anda bisa menentukan siapa target audiens, jadi nanti Anda bisa mengatur berdasarkan lokasi, usia, bahkan gender.

BACA JUGA:

Dengan langkah seperti ini maka target pasar bisa dibidik dengan tepat. Bahkan untuk soal biaya Anda tidak perlu khawatir sebab tidak akan memakan banyak biaya. Karena biaya yang ditetapkan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Bahkan sistem ini jauh lebih murah dibandingkan dengan iklan offline. Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali orang yang mengakses internet sehingga mempermudah Anda melakukan sistem ini bahkan bisa berjalan efektif.

Oleh sebab itu inilah beberapa selalu belum mengenai strategi periklanan yang satu ini. Jadi layak untuk Anda pertimbangkan mengingat search engine marketing adalah strategi pemasaran dengan berbagai macam kelebihan jika dibandingkan dengan SEO.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!