Home » Apa Itu Strategi Marketing Mix (Bauran Pemasaran) dan Tips Mengembangkannya Untuk Bisnis

Apa Itu Strategi Marketing Mix (Bauran Pemasaran) dan Tips Mengembangkannya Untuk Bisnis

Bauran pemasaran menjadi bagian yang paling sering dikenal di dalam pemasaran. Selain itu, nama lain yang juga populer dikalangan bisnis adalah marketing mix yang sering digunakan di dalam proses pemasaran.

Sesuai dengan namanya, memiliki beberapa bagian di dalam proses pemasaran. Tentunya setiap perusahaan tidak memasarkan produk atau layanan mereka dengan satu cara saja, tetapi menggunakan beberapa cara.

Selain itu, adanya berbagai tipe konsumen membuat cara pemasaran yang dilakukan sesuai dengan target konsumen. Dalam hal ini perusahaan akan mengenali terlebih dahulu kebutuhan konsumen mereka.

Tidak hanya itu, tempat yang disasar untuk promosi juga perlu diperhatikan. Hal ini berhubungan dengan letak geografis dan budaya yang berbeda sehingga cara promosinya juga berbeda-beda sesuai daerah tertentu.

Faktor lain yang mempengaruhi adalah adanya perbedaan jenis usaha yang dijalankan. Artinya, setiap perusahaan memiliki cara pemasaran sesuai dengan produk yang ditawarkan agar caranya sesuai.

Bahkan, faktor lingkungan yang berbeda juga memberikan peran di dalam proses pemasaran. Beberapa hal tersebutlah yang akan mempengaruhi proses pemasaran dengan lebih baik dibandingkan dengan tempat lainnya.

Pengertian Bauran Pemasaran yang Perlu Diketahui

marketing mix adalah

Sebelum mengenal lebih banyak konsep tentang marketing mix, perlu untuk mengetahui definisinya terlebih dahulu. Secara sederhana bauran pemasaran atau marketing mix merupakan alat untuk pemasaran taktis.

Tentunya proses pemasaran taktis ini berhubungan dengan produk, harga, tempat dan promosi. Semua hal ini dipadukan oleh perusahaan dengan tujuan menghasilkan respon yang sesuai dengan keinginan di pasar sasaran.

Selain itu, marketing mix juga bisa disebut sebagai sebuah strategi kombinasi di dalam proses pemasaran. Mungkin pengertian ini bisa menjadi lebih sederhana dan lebih mudah untuk Anda pahami maksudnya.

Bahkan, saat ini lebih banyak perusahaan memilih cara ini untuk melakukan strategi dalam mencapai tujuan pemasaran. Apalagi ditambah dengan adanya persaingan yang semakin ketat di pasar serupa.

Tentunya setiap bidang memiliki cara tersendiri untuk melakukan proses bauran pemasaran ini. Misalkan di dunia perbankan akan menggunakan konsep yang berhubungan dengan kebutuhan bank di dalam prosesnya.

Berbagai Elemen Dasar Marketing Mix

bauran pemasaran

Mengembangkan marketing mix atau bauran pemasaran adalah langkah lanjutan yang harus dilakukan pebisnis atau pemasar, setelah identifikasi terhadap audiens target dan pesaing dilakukan. Ini merupakan hal penting bagi semua bisnis untuk menarik pelanggan.

Marketing gabungan ini bisa dibilang serangkaian pemasaran oleh merek/bisnis untuk membangun dan memasarkan produk/layanan miliknya kepada pelanggan. Strategi tepat akan efektif membantu membuat penawaran produk secara tepat kepada audiens.

Dalam hal ini, pemasaran akan terjadi bukan hanya karena pengaruh produk, melainkan pelaksanaan juga dilakukan pada waktu dan tempat yang tepat, tentu harga penawaran juga menggunakan identifikasi secara tepat.

Versi tradisionalnya, pemasaran mix ini dijalankan dengan proses marketing 4P, namun itu kemudian bertambah menjadi marketing 7P. Namun intinya, bisnis menggunakan campuran elemen pemasaran ini bertujuan agar menghasilkan respons tepat dari audiens target.

apa itu marketing mix
Sumber: marketinginsider.eu

Bauran pemasaran digunakan sebagai strategi/alat untuk mempertimbangkan berbagai elemen yang digunakan dalam mempromosikan merek dan produk suatu bisnis. Cara tersebut akan menawarkan pedoman luas untuk menempatkan barang/jasa di pasar dengan presisi tinggi.

Kategori utama dalam marketing ini disebut 4P, yakni product, price, place, dan promotion. Semua elemen menjabarkan dasar pemasar untuk menentukan tempat merek di pasar, dan membangun strategi pemasaran terbaik dari sana. Berikut penjelasan singkatnya.

  1. Produk, merupakan barang/jasa yang ditawarkan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Saat mengembangkannya, maka pertimbangan siklus hingga perencanaan terhadap tantangan pada tahap berikutnya.
  2. Harga, adalah elemen penting mengenai kesediaan pelanggan untuk suatu produk dan ini membantu menentukan keuntungan. Saat menetapkan harga, perlu mempertimbangkan berapa banyak biaya produksi, kisaran harga pesaing, dan nilai produk yang dirasakan.
  3. Tempat, berupa pusat distribusi produk dan metode yang digunakan dalam mendistribusikannya ke pelanggan. Ini harus mudah diakses oleh pelanggan serta navigasi web bagi bisnis online harus ramah pengguna.
  4. Promosi, merupakan metode bisnis untuk mendapatkan perhatian pelanggan untuk produknya, itu termasuk promosi penjualan, layanan pelanggan, iklan, dan sebagainya. Strategi promosi harus mempertimbangkan cara pesaing.

Dalam perkembangannya, marketing mix juga mengalami proses perubahan, termasuk untuk strategi 4P, itu bertambah menjadi marketing 7P. Strategi tersebut adalah pemasaran versi modifikasi 4P dan penggunaan lebih umum di industri jasa. Berikut elemen tambahannya.

  1. Orang-orang, yakni mengacu pada manusia, baik pelanggan dan karyawan yang terkait langsung dengan produk/layanan. Perlu agar memahami kebutuhan jenis produk pelanggan dan tahu mempekerjakan orang terbaik untuk membangun bisnis.
  2. Proses, merupakan peranan penting dalam membangun dan memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan, itu harus bebas dari kemacetan untuk mengurangi biaya yang tidak perlu terkait dengan pelaksanaan layanan.
  3. Bukti fisik, itu mengacu pada apa yang dilihat pelanggan saat mengonsumsi produk/layanan. Bisa jadi terkait merek, kemasan, tempat menjual produk, dll. Maka perlu memastikan semua aspek fisik berstandar tinggi.

Tips Mengembangkan Strategi Marketing Mix Suatu Bisnis

marketing mix strategi

Untuk mendatangkan penjualan awal dan membangun basis pelanggan, bisnis apapun harus dimulai dengan mengidentifikasi pemasaran mix miliknya. Langkah pertama dalam proses ini ialah melakukan identifikasi terhadap target pelanggan.

Setelah tahu target pelanggan, selanjutnya bisa mulai memahami hubungan terhadap bisnis dan mengembangkannya. Mengoptimalkan setiap elemen membuat strategi mampu menjangkau konsumen lebih efektif, menghasilkan penjualan, dan mengembangkan bisnis.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, di mana audiens mengkonversi semakin tinggi, maka strategi penerapan pemasaran mix perlu dikembangkan secara tepat. Berikut sejumlah tips mengembangkan strategi marketing mix tersebut.

  1. Menentukan Tujuan dan Anggaran

Mengembangkan marketing mix secara efektif dapat dimulai dengan menetapkan tujuan dengan tepat. Menentukan apa yang ingin dicapai melalui rencana pemasaran, apa untuk meningkatkan penjualan, pelanggan, atau membangun awareness merek.

Saat memilih dan menentukan tujuan, maka itu wajiblah target yang realistis dan terukur, lalu lanjutkan dengan menentukan berapa banyak anggaran. Hitung kebutuhan pengeluaran untuk mencapai tujuan realistis tadi.

  1. Mempelajari Target Pelanggan

Untuk membangun produk/layanan yang ingin dibeli banyak pelanggan, maka pemilik bisnis/penjual perlu tahu siapa target tersebut. Sehingga perlu menemukan segmen berbeda terkait audiens target hingga profil pelanggan untuk mengembangkan strategi pemasaran.

  1. Mengidentifikasi Proposisi Penjualan

Memperjelas apa proposisi penjualan bisnis yang unik melalui survei pelanggan, wawancara, grup fokus, atau cara lainnya dibutuhkan untuk menemukan strategi paling ideal dan bekerja dengan maksimal menarik audiens.

Di sini pemilik bisnis harusnya mengidentifikasi manfaat produk atau layanan bagi pelanggan, kemudian perlu juga mengungkapkan bagaimana itu bisa lebih baik daripada solusi pihak lain dalam memecahkan masalah mereka.

BACA JUGA: Cara membuat marketing plan

  1. Memahami Pesaing

Jika sudah melakukan analisis terhadap pesaing mengenai strategi dan taktik yang digunakan dalam pemasarannya, maka pemilik bisnis tentu akan lebih terdepan menghasilkan inovasi produk, ini sangat membantu dalam pembuatan strategi penetapan harga.

  1. Mengidentifikasi Fitur Unik Produk

Agar marketing mix berkembang lebih efektif dan unggul, maka daftar lengkap kualitas unik dan nilai produknya harus tersedia lengkap. Bisnis akan semakin mudah dibangun dan dipasarkan kepada pelanggan dengan menceritakan keunikan produk yang ditawarkan.

  1. Membuat Strategi Harga

Dengan menggunakan riset bisnis pesaing yang telah dilakukan, maka strategi paling bermanfaat supaya lebih unggul adalah membuat strategi penetapan harga dengan baik. Pastikan bahwa itu tidak terlalu mahal atau terlalu rendah sehingga sama-sama diuntungkan.

  1. Memilih Distribusi dan Metode Promosi

Untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, maka penting memilih saluran terbaik yang akan digunakan untuk mendistribusikan produk, itu sebaiknya berdasarkan jenis produk atau layanan serta target pelanggan.

Sebaiknya memilih teknik promosi yang sesuai berdasarkan anggaran bisnis adalah langkah tepat. Pada intinya, promosi atau pilihan distribusi harus mempertimbangkan pelanggan dan produk senantiasa.

Pada akhirnya, keberhasilan mengembangkan pemasaran secara efektif untuk kebaikan bisnis, merupakan bukti betapa pentingnya strategi tersebut dan elemennya. Itu membawa berbagai manfaat dengan pengaruh positif untuk peningkatan bisnis/merek.

Akan terbuka peluang lebih besar untuk bisnis menggunakan pemasaran tepat dan menguntungkan di setiap tingkatannya, jika mampu dari awal mengidentifikasi setiap elemen dari marketing mix, itu sangat membantu produk/layanan terjual di pasar.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!