Bauran pemasaran menjadi bagian yang paling sering dikenal di dalam pemasaran. Selain itu, nama lain yang juga populer dikalangan bisnis adalah marketing mix yang sering digunakan di dalam proses pemasaran.
Sesuai dengan namanya, memiliki beberapa bagian di dalam proses pemasaran. Tentunya setiap perusahaan tidak memasarkan produk atau layanan mereka dengan satu cara saja, tetapi menggunakan beberapa cara.
Selain itu, adanya berbagai tipe konsumen membuat cara pemasaran yang dilakukan sesuai dengan target konsumen. Dalam hal ini perusahaan akan mengenali terlebih dahulu kebutuhan konsumen mereka.
Tidak hanya itu, tempat yang disasar untuk promosi juga perlu diperhatikan. Hal ini berhubungan dengan letak geografis dan budaya yang berbeda sehingga cara promosinya juga berbeda-beda sesuai daerah tertentu.
Faktor lain yang mempengaruhi adalah adanya perbedaan jenis usaha yang dijalankan. Artinya, setiap perusahaan memiliki cara pemasaran sesuai dengan produk yang ditawarkan agar caranya sesuai.
Bahkan, faktor lingkungan yang berbeda juga memberikan peran di dalam proses pemasaran. Beberapa hal tersebutlah yang akan mempengaruhi proses pemasaran dengan lebih baik dibandingkan dengan tempat lainnya.
Pengertian Bauran Pemasaran yang Perlu Diketahui
Sebelum mengenal lebih banyak konsep tentang marketing mix, perlu untuk mengetahui definisinya terlebih dahulu. Secara sederhana bauran pemasaran atau marketing mix merupakan alat untuk pemasaran taktis.