Home » Telemarketing Adalah? Berikut Pengertian, Tugas dan Fungsinya

Telemarketing Adalah? Berikut Pengertian, Tugas dan Fungsinya

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan telemarketing, terutama untuk yang bekerja di bidang perusahaan. Apalagi posisi ini vital sekali fungsinya dikarenakan ujung tombak sebuah perusahaan dalam mendapatkan penghasilan.

Tidak heran jika posisi mereka sangat dibutuhkan pada perusahaan manapun mengingat tujuan berdirinya sebuah perusahaan agar bisa mendapatkan keuntungan. Bahkan tidak heran jika menggunakannya merupakan salah satu strategi pemasaran yang wajib diterapkan.

Tidak heran jika ada banyak sekali perusahaan membuka lowongan untuk posisi ini. Oleh sebab itu berikut beberapa selalu beluk mengenai telemarketing termasuk mengenai tugasnya seperti apa.

Hal ini sangat wajib diketahui tidak hanya kepada perusahaan yang ingin membuka lowongan ini tetapi juga untuk orang-orang yang ingin bekerja di bagian ini. Dengan langkah seperti ini maka bisa menjalankan pekerjaan menjadi maksimal.

Pengertian dari Telemarketing yang Perlu Diketahui

apa itu Telemarketing

Istilah ini sebenarnya terdiri dari 2 kata yaitu tele yang berarti berjarak dan marketing berarti pemasaran. Jadi dapat disimpulkan telemarketing adalah seorang tenaga pemasaran yang menghubungi calon konsumen namun secara tidak langsung.

Jadi nantinya tenaga telemarketing ini akan menghubungi melewati telepon atau saluran virtual. Sudah pasti prinsip dari pekerjaan ini adalah harus menemukan konsumen yang berpotensi tinggi.

Caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi saat ini tidak hanya saluran telepon tetapi juga internet. Karena saluran telepon merupakan salah satu media yang sudah banyak ditinggalkan mengingat via internet jauh lebih efektif.

Sudah pasti pekerjaan ini sama seperti marketing lainnya namun media yang digunakan berbeda. Jadi ketika Anda menemukan SMS masuk di handphone yang bertujuan untuk memperkenalkan sebuah produk maka hal tersebut termasuk dalam kegiatan telemarketing.

Dengan langkah seperti ini maka proses marketing akan menjadi efektif mengingat saat ini semua orang sangat dekat dengan smartphone mereka maupun internet. Jadi kesempatan untuk pemasaran yang dilakukan untuk dilihat oleh orang lain menjadi lebih besar peluangnya.

Dengan langkah seperti ini produk atau jasa yang Anda tawarkan akan dilihat oleh calon konsumen. Hal ini pastinya sangat ditunggu oleh perusahaan sehingga kesempatan untuk mereka mendapatkan keuntungan sebesar mungkin terbuka dengan lebar.

Perbedaan Antara Telemarketing dan Telesales

Telemarketing

Saat ini ada banyak sekali orang yang menganggap bahwa kedua hal ini sama. Walaupun secara pemahaman antara sales dan marketing sama tetapi jika dilihat kembali sebenarnya kedua hal ini berbeda.

Contohnya seperti telesales di mana kegiatan yang mereka lakukan berfokus dengan penjualan produk kepada calon konsumen secara langsung. Bahkan tidak jarang juga melakukan lewat perantara telepon.

Tetapi berbeda dengan telemarketing karena mereka harus menarik minat pelanggan bahkan menciptakan peluang baru. Tidak jarang mereka harus memberikan informasi mengenai produk tersebut bahkan harus mendapatkan masukan dari pelanggan walaupun hanya melalui telepon.

Bahkan dalam kegiatan ini tidak menutup kemungkinan bisa terjadinya pertemuan langsung dengan pihak konsumen. Tidak heran jika untuk pekerjaan ini bebannya cukup banyak dibandingkan dengan telesales.

Karena informasi yang mereka berikan diharapkan bisa membuat calon konsumen menjadi tertarik untuk membeli produk. Oleh sebab itu mereka tidak hanya berfungsi untuk menjual produk saja.

Tidak heran jika hanya orang-orang tertentu saja yang mampu bekerja di bidang ini. Apalagi terdapat beberapa kemampuan yang harus dimiliki sehingga bisa bekerja secara maksimal dan profesional.

Tugas dari Posisi Telemarketing

Tentunya wajib bagi anak untuk mengetahui tugas dari posisi telemarketing. Salah satu tugasnya adalah berkomunikasi dengan pelanggan. Jadi nantinya mereka tidak hanya sekedar berbincang dengan pelanggan namun juga harus menerima pesanan dan menjawab pertanyaan dari pelanggan.

Selain itu mereka juga harus mengatasi keluhan dari pelanggan. Selain itu orang yang bekerja di posisi ini harus melakukan follow up, di mana tanggung jawab ini harus dilakukan secara maksimal sehingga harus memastikan apakah pelanggan memiliki keinginan untuk menggunakan produk atau jasa tersebut.

Bahkan tugas yang tidak kalah penting dari posisi ini mereka harus menerima kritikan maupun saran yang disampaikan oleh konsumen. Hal ini pastinya sangat sering ditemukan ketika Anda membuka sebuah usaha.

Pastinya orang yang bekerja di bidang ini harus menerimanya dengan baik tanpa memarahi kembali konsumen yang memberikan kritik. Karena itu tidak bisa sembarangan orang bekerja di bidang ini karena bisa memberikan pengaruh terhadap Citra perusahaan di mata konsumen.

Sudah pasti ketika Anda ingin mengisi posisi ini tidak hanya harus memiliki sikap yang ramah tetapi harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. Apalagi nantinya akan bertemu dengan konsumen yang memiliki sifat berbeda.

Tips agar Bisa Sukses Bekerja di Bidang Ini

Telemarketing adalah

Karena akan ada banyak sekali tantangan yang ditemukan di dalam posisi ini apalagi berhubungan langsung dengan konsumen maka terdapat beberapa tips agar bisa bekerja secara maksimal.

Salah satunya adalah Anda harus mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan dengan baik. Dengan langkah seperti ini maka Anda bisa meyakinkan konsumen mengenai manfaat dari produk atau jasa tersebut.

Sebab sangat aneh ketika Anda menawarkan produk atau jasa tersebut tetapi tidak mengetahui dengan baik. Selain itu jangan lupa untuk melakukan riset mengenai calon konsumen.

Hal ini dikarenakan ada banyak sekali orang yang terganggu dengan kegiatan ini, Hal ini dikarenakan bisa jadi mereka tidak membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan. Agar terhindar dari kegagalan ini maka lebih baik melakukan riset terlebih dahulu.

BACA JUGA:

Dengan langkah seperti ini maka Anda bisa membidik target pasar secara tepat. Jadi nantinya tidak akan salah dalam memberikan penawaran. Serta wajib untuk Anda bersikap ramah dan wajar.

Hal ini dikarenakan Anda harus berkomunikasi langsung dengan orang lain walau nantinya lewat telepon. Karena itu walau orang tidak melihat wajah Anda secara langsung maka menggunakan intonasi suara yang ramah wajib dilakukan.

Jangan lupa melakukannya secara wajar sebab ketika melakukannya secara berlebihan bisa mengganggu calon konsumen sehingga mereka enggan tertarik. Oleh sebab itu ini adalah beberapa informasi seputar telemarketing.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!