Home » Rekber Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihan untuk Penggunanya

Rekber Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihan untuk Penggunanya

Tahukah Anda jika rekber adalah nama lain dari Escrow Service dan kependekan dari rekening bersama? Ya, rekber atau rekening bersama adalah salah satu perantara transaksi dan biasa digunakan sebagai pihak ketiga di dalam sistem pembayaran online.

Rekber biasanya sering kita temukan di online shop atau toko online dengan pembayaran khusus terenkripsi. Pada dasarnya rekber sangat berperan penting untuk menjaga proses pembayaran dari satu pihak ke pihak lainnya.

Dalam penggunaannya, uang yang ditransfer ke rekening tujuan akan tertahan sementara sampai pengirim menyetujuinya. Contohnya persetujuan ini dilakukan oleh pembeli ketika sudah selesai menerima dan memastikan produk yang dikirimkan telah sampai tujuan.

Setelah pembeli menyetujui, uang transfer di dalam rekber akan langsung terkirim ke rekening penjual. Dengan cara ini, rekber adalah pihak yang mengamankan pembayaran dari pembeli produk ke penjual produk dengan sistem pengamanan yang terpercaya.

Ketika Anda menggunakan rekber, kepercayaan dalam pembelian barang juga akan semakin meningkat. Hal ini karena penjual akan mengirimkan barangnya secara benar dan ketika sampai, Anda bisa langsung menyetujui proses transfer agar uang terkirimkan ke penjual tersebut.

Kelebihan Rekber untuk Para Penggunanya

apa itu rekber

Dalam kasus ini, kita akan mencoba untuk menggunakan toko online sebagai contoh penggunaan rekening bersama. Rekber bisa dirasakan langsung oleh penjual dan pembeli ketika melakukan transaksi pembelian suatu produk secara online.

Bagi penjual, rekber adalah sistem yang membantunya untuk meningkatkan keamanan dalam proses transaksi. Selain itu, penjual dengan sistem rekening bersama juga dinilai lebih terpercaya sehingga para konsumennya mau untuk membeli produk di tempat tersebut.

Sedangkan untuk pembeli, pembayaran Anda akan menjadi semakin aman dan terjamin. Proses pembayarannya juga terasa nyaman karena Anda bisa mengatur apakah uang tersebut bisa sampai ke penjual atau tidak jika barangnya tidak sesuai pesanan.

Hal ini sangat membantu karena memperkecil tingkat penipuan online oleh penjual yang tidak memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya. Jadi, dengan contoh ini Anda bisa menilai sendiri seberapa pentingnya rekber bagi para penggunanya.

Jika ingin mendapatkan tips lebih maka sebaiknya Anda menggunakan toko online dengan sistem rekber. Karena toko online dengan sistem rekber akan menjamin pembayaran yang aman, mudah dan terhindar dari bahaya penipuan.

Rekber adalah Sistem Transaksi Toko Online

pengertian rekber

Tentu saja rekber sering digunakan dalam toko online dan sering disebut escrow service (ES) di negara lain. Penyederhanaan dari sistem ini bisa kita sebut sebagai rekening bersama atau rekber seperti pada pembahasan sebelumnya.

Di Indonesia sendiri, sistem transaksi dengan rekber sudah digunakan oleh beberapa nama toko online. Berikut ini toko-toko online di Indonesia yang sudah menggunakan rekber ke dalam sistem transaksi antara penjual dan pembeli.

  1. Tokopedia

Siapa yang tidak mengenal dengan toko online tokopedia. Di sini sudah ada banyak penjual yang menggunakan aplikasi tokopedia sebagai lapak untuk meningkatkan penjualan dan target pemasarannya.

Tokopedia menggunakan rekening bersama ke dalam sistem transaksinya. Jadi ketika Anda membeli produk pada seorang penjual, bayaran atau uang transfernya akan tertahan di saku Tokopedia.

Ketika produk sudah sampai, Anda hanya perlu mengkonfirmasi ke aplikasi Tokopedia. Lalu secara langsung uang pembayaran akan dilanjutkan ke penjual pada saat itu juga.

  1. Shopee

Toko online kedua yang menggunakan rekber adalah Shopee. Di sini juga menjadi lapak bagi para penjual yang ingin meningkatkan omzet penjualan dengan pengiriman online.

Cara kerja sistem transaksi rekening bersama Shoppe sama dengan Tokopedia. Yaitu uang akan ditransfer ke rekening penjual ketika pembeli sudah mengkonfirmasi pesanan.

  1. BukaLapak

Toko online terakhir dengan sistem transaksi rekber adalah mitra Bukalapak. Namun ada perbedaan dari jenis barang yang dijual di sini karena bukalapak lebih ke arah produk sembako dan sangat sedikit menjual barang elektronik atau sejenisnya.

Namun untuk sistemnya sendiri, mitra Bukalapak masih menggunakan cara kerja yang sama. Pembayaran ditampung terlebih dahulu dan jika sudah dikonfirmasi, uang akan langsung di transfer ke rekening pembeli.

Pada dasarnya tidak semua toko online di Indonesia menyediakan sistem pembayaran dengan rekening bersama. Dari beberapa toko online, hanya ketiga nama tersebut yang menyediakan rekber ke dalam sistem transaksi pembayaran antar penjual dan pembelinya.

Cara Kerja Rekber adalah Sebagai Berikut

Ketiga toko online tersebut adalah bukti bagaimana cara kerja Rekber yang sebenarnya. Jika Anda masih belum paham, maka kami bisa berikan contoh cara penggunaan rekber di dalam sistem transaksi toko online.

  1. Belilah barang terlebih dahulu ke Toko Online
  2. Lakukan pembayaran dengan cara transfer dari rekening bank atau bisa lewat metode lain seperti dari Alfamart atau Indomaret (rekber tidak bisa digunakan pada metode pembayaran COD)
  3. Setelah melakukan pembayaran, konfirmasikan ke penjual jika barang sudah dipesan dan dibayar secara online
  4. Penjual mengkonfirmasi pesanan dan mempersiapkan produk untuk dikirimkan ke alamat pembeli

“Pada saat ini, uang pembeli belum sampai ke tangan penjual karena uangnya masih tertahan di dalam saldo rekber toko online”

  1. Setelah produk sampai ke alamat tujuan dan pembeli menerimanya, lakukan konfirmasi jika pesanan sudah diterima.
  2. Pada saat pesanan dikonfirmasi, uang pembayaran akan dilanjutkan ke penjual dan saldo rekber menjadi kosong kembali.

BACA JUGA: Kata-kata Promosi Lewat Whatsapp

Setiap toko online pasti memiliki proses pembayaran tersebut sehingga Anda tidak perlu ragu mengenai perbedaannya. Keamanan rekber membantu setiap pihak yang menggunakannya merasa aman, nyaman dan terpercaya.

Ketika Anda menggunakan rekber sebagai penjual, jangan panik ketika uang pembeli belum sampai ke tangan Anda. Tentu saja hal ini karena rekber adalah sistem transaksi yang selalu mengamankan pembayaran sebelum produk sampai dan dikonfirmasi oleh pembeli.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!