Home » Cara Menentukan Segmentasi Pasar dan Pentingnya Dalam Mengelola Bisnis

Cara Menentukan Segmentasi Pasar dan Pentingnya Dalam Mengelola Bisnis

Sebelum terjun ke dunia wirausaha, Anda wajib tahu bagaimana cara menentukan segmentasi pasar. Tujuannya untuk mengetahui siapa saja calon konsumen dari produk atau jasa yang akan Anda jual.

Jadi, penentuan pangsa pasar ini dapat meminimalisir risiko gulung tikar dalam menjalankan bisnis. Maka dari itu, Anda wajib tahu bagaimana cara menentukan pangsa pasar potensial untuk jenis bidang bisnis yang akan ditekuni.

Sehingga, setiap jenis bidang bisnis ini tentu memiliki segmentasi calon konsumen berbeda-beda. Hal tersebut bergantung pada jenis usaha apa yang akan digeluti.

Rata-rata, penentuan pangsa pasar ini didasari oleh beberapa faktor. Jadi, sebagai wirausahawan ini wajib tahu bagaimana cara menentukan segmentasi dari pangsa pasar produk atau jasa yang akan dijual.

Penentuan segmentasi ini juga berdampak pada strategi usaha yang akan diterapkan agar bisnis dapat berkembang pesat. Untuk itu, ketahui juga bagaimana cara menentukan penentuan segmentasi pangsa pasar dari usaha yang akan dirintis.

Pentingnya Menentukan Segmentasi Pasar

Menentukan segmentasi pangsa pasar dalam mengelola bisnis bagi wirausaha ini cukup penting. Sehingga, dari hasil analisis segmentasi pangsa pasar ini dapat menentukan strategi bisnis dalam merintis usaha yang sedang ditekuni.

Jadi, Anda dapat mengetahui siapa saja calon konsumen potensial sehingga menjadi pelanggan tetap. Selain itu, Anda juga dapat mencari tahu bagaimana cara mengembangkan bisnis yang sedang dikelola.

Saat ini, masih banyak pelaku bisnis ini mengalami gulung tikar karena tidak mengetahui pangsa pasar potensial dari usaha yang sedang ditekuni. Sehingga, peran dalam menentukan segmentasi dari usaha yang sedang ditekuni ini cukup penting.

Tidak perlu khawatir, cara menentukan segmentasi pasar dalam mengelola bisnis ini tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengetahui jenis bisnis apakah yang akan dirintis.

Setelah itu, lakukan analisis untuk mengetahui karakteristik konsumen potensial yang menjadi pelanggan tetap. Selain itu, segmentasi pangsa pasar ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi dalam merintis bisnis produk atau jasa.

Guna menerapkan strategi berbisnis, maka ketahui terlebih dahulu jenis produk yang akan dijual. Setelah itu, ketahui juga karakteristik konsumen dan pahami juga apakah di sekitar lingkungan usaha terdapat pesaing bisnis. Kemudian Anda bisa menerapkan strategi bisnis apa yang harus digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar dalam Mengelola Bisnis

Untuk menentukan segmentasi pangsa pasar, maka ketahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Pasalnya, Anda tidak dapat menentukan pangsa pasar potensial dari bisnis yang dikelola jika tidak mengetahui jenis-jenisnya.

  • Lingkungan sekitar usaha

Jenis penentuan segmentasi pangsa pasar pertama adalah lingkungan sekitar usaha. Lingkungan sekitar usaha ini sangat berpengaruh pada keberhasilan dalam mengelola usaha. Seperti contoh, Anda dapat membuka usaha jasa cuci sepatu di sekitar lingkungan kampus.

  • Mengetahui kompetitor usaha

Jenis penentuan segmentasi pangsa pasar yang kedua adalah mengetahui kompetitor usaha. Anda harus tahu apa kelebihan dari kompetitor Anda yang dirasa lebih banyak menarik para konsumen. Dengan begitu, Anda dapat menerapkan strategi bisnis untuk bersaing dengan kompetitor usaha.

  • Perilaku konsumen

Jenis segmentasi selanjutnya adalah perilaku konsumen. Anda harus tahu bagaimana perilaku konsumen di lingkungan sekitar usaha.

Pada dasarnya, perilaku konsumen ini cukup beragam, mulai dari pelanggan berkeinginan mendapatkan harga murah, pelanggan yang ingin mendapat diskon besar, hingga pelanggan yang mengedepankan kualitas dibandingkan harga. Jadi, ketahui perilaku konsumen untuk menentukan harga produk dan jasa yang Anda rintis.

Cara Menentukan Segmentasi Pasar dalam Berwirausaha

Sebagai calon wirausaha, tentu Anda disarankan untuk menentukan konsumen yang akan menjadi pelanggan tetap. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pangsa pasar yang dijangkau dalam merintis usaha bisnis.

Maka dari itu, Anda wajib tahu bagaimana cara menentukan segmentasi pangsa pasar dalam mengelola bisnis usaha. Untuk itu, ini dia cara mudah dalam menentukan segmentasi pangsa pasar sesuai dengan bisnis usaha yang akan dijalankan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mengumpulkan Semua Data-Data Demografi

Langkah pertama, Anda wajib mengumpulkan semua data-data yang berkaitan dengan demografi lokasi tempat usaha. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakan di sekitar lokasi terdapat jenis usaha yang sama.

Setelah itu, lakukan analisis terkait data-data demografi yang telah Anda dapatkan. Dengan melakukan analisis pangsa pasar, maka Anda dapat menentukan strategi bisnis untuk mengembangkan usaha yang sedang dirintis.

  1. Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Langkah kedua, ketahui apa saja kebutuhan konsumen terhadap produk yang diinginkan. Sebab, konsumen hanya akan membeli produk barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, Anda harus mencari siapakah segmentasi pasar potensial di lingkungan tempat Anda membuka usaha.

  1. Mengetahui Pola Konsumen

Langkah ketiga, ketahui juga pola konsumen dalam membeli produk barang dan jasa. Sebab, ada beberapa tipe konsumen dalam membeli produk barang serta jasa.

Anda disarankan untuk memberi layanan maksimal kepada semua jenis konsumen. Sehingga, pelanggan akan kembali membeli produk atau jasa yang Anda kelola.

  1. Melakukan Evaluasi Strategi Pemasaran

Langkah keempat, lakukan langkah evaluasi dari strategi pemasaran yang Anda terapkan dalam berbisnis. Langkah evaluasi ini sangat penting untuk mengukur apakan strategi pemasaran yang Anda terapkan ini berhasil atau tidak.

Cara Menentukan Segmentasi Pasar

Ciri-Ciri Segmentasi Pasar yang Efektif untuk Dijalankan dalam Berbisnis

Ada beberapa ciri-ciri dari penerapan segmentasi pangsa pasar yang efektif guna Anda jalankan dalam merintis usaha. Penerapan segmentasi pangsa pasar ini bisa saja berimbas pada bisnis usaha yang dirintis agar dapat berkembang dengan pesat.

Ada berbagai ciri-ciri dari penerapan segmentasi pangsa pasar sudah dianggap efektif.

  • Ciri pertama, realistis dalam menentukan target pangsa pasar dari produk atau jasa yang Anda jual. Anda tidak boleh pilih-pilih konsumen dalam berbisnis.

Jadi, Anda harus realistis bahwa konsumen dapat membeli atau menggunakan produk dan jasa yang Anda sediakan tanpa melihat latar belakang konsumen.

  • Ciri kedua, mengukur realisasi dalam menentukan segmentasi pasar.

Sebab, penentuan pangsa pasar ini harus dibuktikan dengan adanya pengukuran realisasi. Jika target pasar tidak terpenuhi, maka langkah pengunjugan data serta analisis sederhana patut dipertanyakan.

Selain itu, Anda harus mengubah strategi bisnis agar target pangsa pasar dapat terpenuhi.

  • Ciri ketiga, menentukan harga produk dan jasa harus sesuai dengan kemampuan konsumen.

Salah satu faktor kegagalan dalam berbisnis adalah tingginya harga produk dan jasa yang Anda jual. Sehingga, tidak ada pelanggan beringinan membeli dan menggunakan produk atau jasa Anda.

Jadi penentuan pangsa pasar ini juga berpengaruh pada penentuan harga produk atau jasa yang Anda sediakan untuk para pelanggan tetap.

  • Ciri keempat, produk dan jasa yang disediakan sangat dibutuhkan oleh konsumen.

Jadi, salah satu alasan mengapa konsumen membeli atau menggunakan produk dan jasa Anda karena konsumen membutuhkannya. Oleh karena itu, Anda wajib menyediakan bidang bisnis digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.

Dengan begitu, maka usaha yang Anda kelola akan berkembang pesat karena konsumen sangat membutuhkan produk dan jasa tersebut. Sehingga, Anda bisa saja membuka cabang usaha di tempat lain apabila usaha tersebut sudah dikelola dan dapat berkembang pesat.

Dan jangan lupa, terapkan juga bagaimana cara menentukan segmentasi pangsa pasar potensial dalam mengelola cabang bisnis di lokasi lain.

BACA JUGA: Analisis SWOT dan Contoh Penerapannya

Keuntungan Menentukan Segmentasi Pasar dalam Berbisnis

Sebagai bisnisman, tentu ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dengan matang. Salah satunya adalah memetakan calon konsumen potensial dari beberapa segmentasi. Ada beragam keuntungan yang Anda dapatkan dengan memetakan calon konsumen potensial.

  • Mudah menentukan strategi bisnis

Keuntungan pertama, Anda dapat dengan mudah menentukan strategi bisnis untuk menarik konsumen. Ada beberapa cara untuk menarik konsumen, salah satunya adalah melalui promosi secara langsung kepada konsumen.

Promosi tertarget dapat memudahkan konsumen untuk mengenali produk dan jasa yang Anda sediakan. Sehingga, bisnis yang Anda kelola dapat berkembang dengan pesat meski terdapat persaingan usaha dari kompetitor.

  • Mempertahankan pelanggan

Keuntungan kedua, segmentasi pasar ini juga berguna untuk mempertahankan pelanggan tetap yang telah membeli produk atau jasa. Sebab, mencari pelanggan tetap untuk produk atau jasa yang dikelola ini cukup sulit.

Jika konsumen kembali mempercayakan untuk membeli produk, maka konsumen telah percaya dengan bisnis yang Anda rintis. Agar tidak kehilangan pelanggan, maka tingkatkan mutu dan kualitas produk dan jasa yang dijual.

Anda harus terbuka untuk menerima saran, kritik, atau masukan dari pelanggan. Sebelum terjun ke dunia bisnis, maka Anda wajib mengetahui pangsa pasar potensial untuk jenis usaha yang akan dirintis.

Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir risiko gulung tikar. Sebaiknya, ketahui bagaimana cara menentukan segmentasi pasar dalam berwirausaha.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!