Home ยป Monetisasi Adalah Cara Mudah Dapatkan Uang di Dunia Maya

Monetisasi Adalah Cara Mudah Dapatkan Uang di Dunia Maya

Monetisasi adalah salah satu cara mendapatkan uang dengan memanfaatkan perkembangan teknologi pesat saat ini. Cara yang mungkin sebagian masyarakat sudah mengenalnya, bahkan mempraktikkannya.

Anda dapat melihat contohnya dari banyak Youtuber yang viral di dunia maya hingga masuk acara televisi tertentu. Mereka mendapatkan uang dari banyak kontennya yang diposting di Youtube.

Anda mungkin salah satu yang tertarik dengan hal ini, tetapi masih bingung memulainya dari mana. Jika seperti itu, tidak ada salahnya membaca artikel ini yang sedikit membahas perihal monetisasi.

Daftar Isi

Monetisasi Adalah Peluang Mendapatkan Penghasilan

Youtube sangat identik dengan monetisasi karena memang dapat mendapatkan uang dari platform sosial media tersebut. Namun kenyataannya, monetisasi tidak hanya dari Youtube. Anda juga dapat melakukannya di Facebook, Instagram, dan blog.

Tentu saja dengan cara berbeda, tetapi secara umum masih sama. Dimana Anda mendapatkan penghasilan uang dari pemasangan iklan pada konten video yang diunggah di akun sosial media tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa monetisasi adalah salah satu cara mendapatkan uang di dunia maya. Namun demikian, Anda tentu penasaran dengan caranya karena memang ada aturan mengikat saat mempraktikkannya.

Untuk bisa menarik perhatian pihak pengiklan, tentu saja ada beberapa hal yang harus dilakukan. Misalnya, mengunggah konten video di platform Youtube yang menarik sehingga berpotensi dilihat dan ditonton banyak orang di seluruh dunia.

BACA JUGA:  7 Contoh Kata-kata Promosi Olshop Paling Populer Digunakan

Semakin banyak orang menonton video tersebut, maka makin populer di dunia maya hingga viral karena tidak sedikit yang membagikannya. Terutama konten video yang berisi informasi positif serta tidak kontroversial.

Daftarkan konten Anda ke pihak pengiklan seperti Google AdSense dan Youtube Adsense. Jika sukses, maka iklan akan segera ditayangkan di video tersebut. Biasanya, iklan akan tayang beberapa detik sebelum pemutaran video utamanya.

Lalu, berapa uang yang didapatkan? Inilah monetisasi sebagai sumber mendapatkan uang yang sebenarnya. Untuk besaran nominal uangnya, sifatnya relatif karena tiap pengiklan memiliki batasan tersendiri mengenai bayarannya.

Namun demikian, pihak Youtuber atau pembuat konten juga dapat menentukan besaran tarif iklannya. Terutama yang sudah populer. Mereka juga bisa menentukan sendiri besaran tarif iklan bagi pengiklan yang ingin menayangkan iklannya di video milik Youtuber tersebut.

Kekuatan Monetisasi Adalah Kreatifitas

Inti dari pembuatan konten video yang diunggah di sosial media adalah kreatifitas. Anda yang ingin populer dan banyak uang seharusnya mampu memaksimalkan daya kreatif pada diri sendiri karena monetisasi adalah kreatifitas itu sendiri.

BACA JUGA:  23+ Ide Bisnis Online Tanpa Modal & Modal Kecil yang Bikin Cuan

Berbicara mengenai kreatifitas, tentu lebih mengoptimalkan kinerja otak kanan. Maka dari itu, Anda dapat merangsang daya kreatif tersebut dengan beragam cara. Misalnya, melihat dan menonton konten video orang lain.

Siapa tahu ada ide kreatif yang muncul setelah menontonnya. Asalkan jangan sampai menjiplak atau meniru ide kreatifnya. Munculkan ide baru yang segar, unik, original, dan menarik ditonton banyak orang karena sumber dari monetisasi adalah ide-ide semacam itu.

Memang tidak mudah melakukannya, tetapi Anda harus tetap berusaha dan jangan patah semangat. Satu pekerjaan yang ingin sukses harus dilakukan secara konsisten dan terencana matang. Sedikit demi sedikit pasti ada solusi sebagai jalan keluar terbaik.

Anda sekalian yang tertarik di bidang pembuatan konten video. Silahkan menindaklanjutinya untuk mendapatkan penghasilan uang yang lumayan banyak. Anda bisa belajar dan mengasah kreatifitas dalam proses pembuatan kontennya.

Jangan pernah malu dan ragu untuk mencoba sesuatu yang baru. Seperti halnya pembuatan konten video untuk diunggah di berbagai platform sosial media. Mungkin itulah peluang Anda membuktikan bahwa monetisasi adalah bisnis menguntungkan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!