Home » Kenali Apa Itu Affiliate Marketing, Cara Kerja dan Tips Menjalankannya

Kenali Apa Itu Affiliate Marketing, Cara Kerja dan Tips Menjalankannya

Pebisnis era digital ini semakin banyak memprioritaskan pemasaran affiliate marketing, khususnya mereka yang ingin melakukan sedikit pekerjaan untuk mendapatkan pelanggan, atau marketer dengan keinginan sedikit pekerjaan tetapi mendapat keuntungan.

Pemasaran dengan teknik afiliasi ini sebenarnya merupakan peluang bagus bagi pelaku dan pedagang sendiri, terlebih jika melakukannya dengan baik. Tekhnik ini bahkan masih jauh lebih mudah daripada metode alternatif untuk menghasilkan untung dari iklan.

Memasarkan produk/layanan bisnis online dengan metode afiliasi merupakan taktik yang populer dan efektif untuk meningkatkan konversi, mendorong penjualan, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan pasif secara online.

Dengan modal pemahaman dan beberapa panduan mengenai dasar-dasar afiliasi hingga tahu cara kerjanya, siapa saja dapat menggunakannya untuk keuntungan serta meningkatkan pendapatan melalui sebuah situs web pribadi.

Pemahaman Sederhana Terkait Apa Itu Affiliate Marketing

apa itu affiliate marketing

Apa itu affiliate marketing? Singkatnya, affiliate marketing adalah strategi pemasaran di mana merek/bisnis akan membayar komisi kepada afiliasi berdasarkan penjualan yang dihasilkan melalui rekomendasi mereka. Ini melibatkan penjual dan afiliasinya.

Pemasaran

Pemasaran afiliasi merupakan proses di mana penjual akan merekrut orang dan bisnis lain untuk membantu menyebarkan berita tentang produk atau layanannya, sehingga itu bisa mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke situs web penjual.

Pihak penjual mencakup pedagang atau merek mulai dari pengusaha individu hingga perusahaan global. Mereka ini merupakan pencipta produk atau layanan yang akan dipromosikan dan dijual oleh afiliasi.

Afiliasi

Sementara afiliasi, ini merupakan sebutan untuk penerbit atau pengiklan, di mana tugasnya untuk mempromosikan produk penjual kepada audiens mereka dengan tautan/link afiliasi dan iklan. Jika itu berhasil menciptakan penjualan, maka mereka akan mendapat komisi.

Jadi intinya, teknik affiliate marketing ini adalah bentuk bagi hasil antara penjual dan pengiklan. Komisi yang diperoleh berasal dari harga produk, sehingga tidak menimbulkan biaya tambahan bagi pelanggan ketika membeli produk/layanan dari referensi afiliasi.

Keuntungan

Ikut berpartisipasi dalam pemasaran afiliasi baik sebagai pedagang maupun afiliasi, akan mendatangkan sejumlah keuntungan dibandingkan dengan jenis pemasaran lainnya. Salah satu daya tarik terbesarnya ialah jumlah kontrol dan fleksibilitasnya cukup banyak.

Pedagang dapat membuat program pemasaran berdasarkan produk dan layanan mereka, dan pihak afiliasi dapat memutuskan program mana yang akan diikuti. Selama itu akan mewujudkan tujuan bersama, yakni menjangkau target audiens dan berakhir membeli.

Pemasaran ini hadir menawarkan jangkauan dan keragaman yang lebih besar untuk bisnis, membuatnya salah satu teknik paling efektif untuk usaha kecil, karena hanya ada sedikit biaya di muka dan penjual hanya membayar komisi setelah setiap penjualan sukses dilakukan.

Cara Kerja Program Affiliate Marketing

cara kerja affiliate marketing

Tautan/link afiliasi dan iklan biasanya akan digunakan dengan cara yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi calon pembeli. Itu bisa berupa tutorial video atau ulasan produk. Penjual akan menyediakan program ini dan terbuka bagi banyak orang.

Afiliasi dapat bergabung dengan mendaftar program pemasaran afiliasi, kemudian akan mendapatkan ID unik dan URL yang dapat dilacak untuk digunakan dalam konten yang mempromosikan produk penjual.

Ketika ada pengguna mengklik tautan afiliasi atau iklan tersebut, ada tambahan cookie di browser pengguna, linknya akan terlihat lebih panjang dari tautan penjual asli. Dan tidak semua program afiliasi bekerja dengan cara serupa, berikut ini jenis paling umum.

  1. Pay Per Click (PPC), merupakan jenis afiliasi yang akan mendapatkan kredit setiap kali konsumen mengklik tautan afiliasi mereka.
  2. Pay Per Sale (PPS), seorang afiliasi mendapatkan persentase dari penjualan yang rekomendasinya.
  3. Pay Per Lead (PPL), di mana jika tautan afiliasi menghasilkan prospek yang memenuhi syarat, mereka menerima komisi tetap.

Struktur dan persyaratan pemasaran ini tergantung penyedia program. Namun bagi penjual, pemasaran afiliasi merupakan cara yang sah untuk membangun penjualan karena memiliki tingkat pengembalian investasi yang sangat baik.

Banyak orang lebih bersedia untuk membeli jika mereka melihat orang lain telah menggunakan dan menikmati suatu produk. Strategi ini juga merupakan pilihan tepat untuk memasarkan produk yang lebih kompleks, dan lebih sulit dijelaskan melalui iklan biasa.

Affiliate marketing adalah peluang yang sangat baik untuk penjual, tetapi agar menjadi win-win solution untuk semua orang, pembayaran yang sesuai harus menjadi perhatian utama. Tujuannya agar afiliasi mendapat intensif sesuai dan penjual mendapat untung juga.

Tips Terjun dalam Pemasaran Afiliasi

affiliate marketing adalah

Meskipun penjual atau pemilik merek harus membagi hasil dengan pihak afiliasi, teknik pemasaran ini tetap menguntungkan bagi semua pihak. Bahkan jika dilakukan dengan baik, pelanggan juga ikut diuntungkan karena lebih mudah menemukan produk/layanan tepat.

Terlepas Anda tertarik untuk mempromosikan produk perusahaan lain atau bisnis sendiri, affiliate marketing sangat membantu. Meskipun struktur, harga, dan persyaratan bervariasi menurut program, ada banyak cara untuk terlibat dalam pemasaran afiliasi.

Seorang blogger atau influencer di media sosial, akan lebih cocok diawal menjadi mitra afiliasi untuk perusahaan dan merek lain, ini akan sangat menguntungkan. Tidak hanya akan menghasilkan uang, tetapi juga membantu menumbuhkan kepercayaan diri.

Jika semakin akrab, kedepannya afilisai bisa membangun program pemasarannya. Akan lebih baik jika terlebih dahulu membuat daftar merek dan produk yang paling disukai, dan bertukar pikiran tentang program afiliasi potensial untuk diikuti.

Sementara untuk pemilik bisnis yang akan dijual, memulai program pemasaran afiliasi sendiri merupakan pilihan paling masuk akal. Memilih program afiliasi dan kemudian  meluncurkan situs afiliasi yang tepat akan lebih menguntungkan bisnis.

Jika benar-benar dilakukan dengan baik, pemasaran ini adalah solusi paling menguntungkan semua pihak yang terlibat. Baik itu afiliasi, pedagang, dan bahkan konsumen semuanya secara langsung mendapat manfaat dari hubungan tersebut.

Afiliasi mendapatkan gaji, pedagang menjual lebih banyak produk, dan konsumen dapat belajar tentang produk yang mereka sukai. Terlepas dari Anda menjadi afiliasi atau pedagang, kualitas mitra dalam affiliate marketing berpengaruh, maka selalu pilih secara selektif.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!