Home » Engagement Artinya Apa? Berikut Pengertian dan Cara Mengukurnya

Engagement Artinya Apa? Berikut Pengertian dan Cara Mengukurnya

Dalam bahasa Inggris, engagement artinya keterikatan, dari artinya mungkin Anda sudah memiliki gambaran mengenai apa itu engagement. Masih banyak orang yang tidak tahu apa itu engagement.

Akan tetapi bagi beberapa orang yang mungkin berkecimpung dalam dunia bisnis sudah tidak asing dengan istilah satu ini. Bisa dikatakan jika engagement merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis.

Jika sebuah perusahaan mampu membangun engagement yang baik mungkin saja akan memiliki banyak pelanggan setia. Siapa yang tidak mau memiliki pelanggan setia untuk bisnis atau jasa yang Anda tawarkan.

Akan tetapi untuk membangun sebuah engagement yang baik tentunya dibutuhkan kemampuan Membangun hubungan yang baik juga. Bisa dikatakan untuk membangun sebuah engagement yang baik tidak semudah membalikan telapak tangan.

Akan Tetapi jika Anda ingin bisnis berkembang dengan cepat, ini merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari. Karena dengan membangun engagement yang baik dengan customer ini bisa menjadi salah satu jalan untuk mensukseskan usaha yang Anda lakukan.

Engagement Artinya? Ini Penjelasan Lengkapnya

Secara sederhana dapat diartikan sebagai hubungan komunikasi Atau Interaksi yang dibangun oleh perusahaan dengan pelanggan. Oleh karena itu, ini menjadi hal yang sangat penting untuk bisa meningkatkan penjualan.

Salah Satu hal yang sangat berguna untuk meningkatkan penjualan yaitu adalah membangun keterikatan atau hubungan yang baik dengan pelanggan. Ketika hubungan terjalin dengan baik tentunya pelanggan tidak akan sungkan untuk datang kembali.

Proses interaksi dengan pelanggan tentunya bisa terjadi secara online dan offline. Jika secara online proses interaksi pasti akan terjadi ketika Anda melakukan transaksi dengan pelanggan.

Sedangkan secara online, Anda bisa membangun interaksi menggunakan media sosial. Banyak perusahaan besar yang menggunakan media sosial sebagai cara untuk membangun engagement dengan pelanggan.

Membangun engagement artinya juga meningkatkan efektivitas marketing. Ketika hubungan sudah terjalin dengan baik maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk iklan, para pelanggan akan datang dengan sendirinya.

Sebenarnya di era modern seperti saat ini lebih mudah untuk membangun engagement yang baik. Hal ini dikarenakan dengan kehadiran media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter memudahkan sebuah perusahaan untuk terhubung dengan calon pelanggan.

Selain Itu ada beberapa layanan lain yang bisa digunakan seperti misalnya email dan website. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membangun engagement yang baik dengan pelanggan.

Salah Satu hal yang harus dipahami dengan baik yaitu adalah membangun engagement yang kuat tidak akan mudah. Anda harus membangun hubungan dimana kedua belah pihak merasa sama-sama diuntungkan.

Mengapa Customer Engagement Dalam Bisnis Itu Penting?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya engagement artinya sebuah hubungan interaksi atau komunikasi antara cara perusahaan dengan pelanggan. Tentunya sangat penting untuk membangun sebuah keterikatan dengan pelanggan.

Mana mungkin seorang pelanggan bisa datang berkali-kali jika tidak terjadi Interaksi yang baik antara perusahaan dan pelanggan. Padahal untuk membuat sukses sebuah usaha Anda harus membuat pelanggan Anda berniat untuk datang kembali ketika membutuhkan layanan atau produk Anda.

Salah satu yang menandakan keberhasilan keterlibatan pelanggan yaitu adalah loyalitas pelanggan semakin tinggi terhadap produk atau jasa yang Anda berikan. Ini tentunya akan sangat berguna untuk perkembangan bisnis Anda.

Di tengah-tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, meningkatkan customer engagement artinya memenangkan persaingan. Ini merupakan salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan penjualan Sehingga keuntungan juga ikut meningkat.

Salah satu perusahaan besar, yang berhasil membangun customer engagement yang baik yaitu adalah Apple. Setiap kali Apple mengeluarkan produk bisa dikatakan kan selalu laris manis di pasaran.

Salah Satu alasan utamanya yaitu adalah mereka telah memiliki pelanggan yang loyal. Para pelanggan Apple sudah sangat yakin terhadap kualitas produk Apple sehingga rela mengeluarkan biaya yang mahal.

Bisa dikatakan, Apple juga sangat memperhatikan kenyamanan bagi para penggunanya. Setiap produk Apple diciptakan dengan sangat memperhatikan fungsionalitasnya sehingga membuat para pelanggannya merasa sangat nyaman ketika menggunakan produk Apple.

Cara Mengukur Customer Engagement Bisnis Dalam Media Sosial

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya Salah satu cara untuk membangun hubungan dengan pelanggan yaitu adalah melalui media sosial. Engagement artinya keterikatan, jadi membangun engagement melalui media sosial adalah cara Anda berinteraksi dengan para pelanggan sehingga terbangun keterikatan.

Jika Anda membangun engagement secara langsung mungkin akan sulit untuk mengukurnya. Akan tetapi jika Anda melakukannya melalui media sosial sudah ada data yang bisa digunakan sebagai tolak ukur.

Sebagai contoh, dalam waktu 1 minggu Anda membagikan 3 konten, dari 3 konten tersebut Anda mendapatkan 500 viewer. Dari 3 komentar tersebut Anda juga mendapatkan respon yaitu 3 komentar, 100 like, dan 15 kali konten dibagikan.

Sehingga dari total 3 konten yang dibagikan selama 1 minggu Anda mendapatkan total 118 respon. Untuk menghitung rasio keterlibatan pelanggan Anda bisa menggunakan rumus (total respon: jumlah viewers) x 100%.

Jadi, jika berdasarkan contoh diatas maka menjadi (118: 500) x 100%. Dengan menggunakan rumus tersebut Anda bisa mengukur perkembangan customer engagement setiap bulan atau setiap minggu dari konten-konten yang Anda bagikan di media sosial.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  1. Anda bisa mengirimkan email kepada pelanggan secara berkala.
  2. Selain Itu, membuat postingan yang menarik setiap hari juga bisa meningkatkan engagement. Anda tidak perlu pusing-pusing untuk membuat desain media sosial sendiri, karena saat ini sudah ada banyak sekali jasa desainer media sosial yang bisa digunakan.
  3. Memberikan respon dengan cepat atas pertanyaan atau kendala yang dihadapi oleh customer juga sangat efektif untuk meningkatkan engagement.

Menjaga Engagement Artinya Memastikan Bisnis Anda Berjalan Dengan Lancar

Tidak sedikit orang yang belum menyadari bahwa engagement di dalam sebuah bisnis. Sebuah bisnis biasanya tidak akan bisa bertahan lama jika tidak memiliki customer yang loyal.

Salah Satu cara terbaik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yaitu adalah dengan meningkatkan interaksi pelanggan. Untuk itu sangat penting bagi Anda membangun engagement yang baik untuk memajukan bisnis yang sedang Anda lakukan.

Sehingga tidak berlebihan jika membangun engagement artinya memastikan bisnis yang sedang dilakukan berjalan dengan lancar. Jika sebuah bisnis tidak memiliki pelanggan tentunya tidak akan mampu berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, itu sangat penting untuk memiliki kemampuan yang baik untuk membangun engagement. Cara melakukan pengukuran engagement melalui media sosial juga sangat penting untuk diketahui.

BACA JUGA: Tips Mendapatkan Testimoni yang Baik Dari Pelanggan

Seperti kita ketahui bersama, media sosial adalah cara terbaik bagi Anda berkomunikasi dengan pelanggan. Karena sebagian besar orang di era modern selalu membuka media sosial setiap harinya.

Dengan membangun engagement dan menganalisisnya akan sangat berguna untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan juga mendatangkan pelanggan baru. Salah satu Mengapa banyak perusahaan besar selalu sukses ketika memasarkan produk alasannya sudah jelas mereka sudah berhasil membangun engagement yang baik.

Pelanggan mereka sudah sangat yakin dengan kualitas produk yang diberikan. Sehingga tidak segan untuk mengeluarkan uang banyak, demi produk dengan kualitas terbaik.

Sampai di sini bisa ditarik kesimpulan bahwa engagement adalah sesuatu hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Membangun engagement artinya meningkatkan loyalitas untuk membuat penjualan semakin meningkat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!