Home » Apa Itu Marketplace dan Keunggulannya Jika Berjualan di Marketplace

Apa Itu Marketplace dan Keunggulannya Jika Berjualan di Marketplace

Paham sebenarnya apa itu marketplace merupakan salah satu titik awal untuk mengembangkan bisnis di era digital ini. Jika dilihat dari tren penjualan yang telah terjadi di pasar, dan perusahaan paling sukses di dunia saat ini, semuanya mengandalkan internet.

Marketplace itu seperti pasar online dan sedikit lebih kompleks daripada bisnis lain karena sifatnya sebagai platform multi-vendor. Tetapi satu hal yang paling menarik, pasar ini menjadi pilihan banyak toko e-commerce, karena terbukti meningkatkan penjualan.

Konsumen era modern lebih banyak mengandalkan penggunaan marketplace online karena efisien. Anda bisa menyelesaikan dan membeli semua kebutuhan, atau setidaknya hampir seluruhnya menggunakan satu aplikasi atau website.

Toko online terbukti meningkat tajam penjualannya dan itu telah menjangkau semakin banyak klien potensial, tentu dengan bantuan metode pemasaran yang lebih tepat. Pedagang besar maupun besar punya kesempatan sama berjualan di pasar ini.

Apa Itu Marketplace yang Sebenarnya?

Apa Itu Marketplace

Singkatnya, marketplace merupakan pusat perbelanjaan virtual yang berfungsi sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Itu seperti pusat perbelanjaan fisik namun Anda bisa mengaksesnya menggunakan aplikasi atau website.

Ini menjadi tempat di mana ribuan pengunjung datang untuk sekedar memeriksa produk kebutuhannya dan melakukan aktivitas berbelanja di satu tempat dengan berbagai toko tersedia di sana, ada banyak pelanggan mampir setiap hari.

Marketplace tentu berkaitan erat dengan e-commerce, sehingga pemilik bisnis online atau toko online yang ingin mengembangkan bisnisnya, lebih baik untuk mengandalkan pasar ini. Pedagang online meningkat penjualannya dengan mendaftar di tempat ini.

Pada intinya, marketplace adalah situs berjualan online akan membantu menawarkan banyak produk berbeda dari banyak penjual berbeda. Beberapa marketplace paling terkenal di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, dll.

Platform ini akan menampung banyak vendor untuk menjual produk atau layanan mereka ke pelanggan. Marketplace bertugas untuk mempertemukan pedagang dengan audiens dan calon pembeli yang sesuai dan menunjang terjadinya transaksi penjualan lebih banyak.

BACA JUGA:  Startup Adalah? Berikut Arti Apa Itu Startup, Ciri dan Karakteristiknya

Melalui platform yang multi-vendor ini, penjual memiliki tempat untuk mendapatkan visibilitas lebih baik untuk menjual produk mereka. Sementara pemilik pasar akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan.

Marketplace tidak memiliki inventaris yang dijual pada platformnya, itu berbeda dengan toko online. Fokus utamanya adalah mempromosikan merek untuk mengarahkan lalu lintas ke platform, sementara operasional bisnis diberikan pada masing-masing vendor.

Manfaat Jika Berjualan di Marketplace

Apa Itu Marketplace

Jika dilihat mengenai keberhasilan dan popularitas antara platform marketplace dan toko online biasa, maka jelas terlihat bahwa penjualan online dengan saluran ini terus-menerus menemukan cara baru untuk membuat pelanggan senang.

Baik penjual maupun pengunjung dan konsumen, mereka sama-sama dimudahkan. Platform akan terus berusaha keras untuk membuatnya semudah mungkin untuk memasarkan, menjual, dan memenuhi kebutuhan bersama.

Bagi penjual, marketplace adalah pembawa manfaat positif karena semakin mudah penggunaanya untuk pembeli dan itu memberi pengalaman lebih baik. Kepuasan pengunjung serta konsumen membuat semakin besar kemungkinan mereka datang kembali berbelanja.

Jika berjualan di pusat perbelanjaan virtual, maka setidaknya vendor akan mendapatkan sejumlah keuntungan yang sangat menarik berikut ini.

  1. Waktu Peluncuran lebih Cepat

Pagi penjual online pemula, pasar ini dapat menjadi cara terbaik untuk menghasilkan pendapatan dan membangun merek. Cukup mendaftarkan diri, lalu kemudian mengunggah produk dan mulai berjualan setelah diberi izin platform pilihan.

  1. Sudah ada Program Tetap

Semua marketplace, yang sudah terkenal dan masif skalanya, mereka memiliki program untuk membantu pedagang agar lebih mudah menavigasi pemasaran, penjualan, dan segala keperluan, sehingga jauh lebih efisien.

Ada akses untuk iklan biasanya, masing-masing program pemasaran digital kemudian akan dilengkapi dengan alat untuk membantu pedagang menampilkan produk kepada semua pelanggan secara lebih tepat, pada waktu yang tepat.

Pilihan lain yang dapat membantu penjual memenuhi harapan konsumen juga terus bermunculan, seperti pengiriman cepat dan gratis oleh platform langsung. Bantuan ini termasuk aspek penting dan mempengaruhi kepuasan pelanggan.

  1. Basis Pelanggan Besar

Marketplace adalah platform dengan basis audiens konsumen yang sangat besar, itu bahkan secara teratur berbelanja di situs tersebut. Jutaan pengunjung aktif bulanan akan rutin mengunjungi dan berbelanja di sana, itu adalah peluang luar biasa.

BACA JUGA:  Distributor Adalah? Ini Pengertian dan Fungsinya yang Ternyata Sangat Luas 

Bisa dibilang bahwa memulai bisnis baru di marketplace merupakan cara yang cepat dan mudah agar produk ditampilkan kepada pembeli. Meskipun pilihan lebih terbatas dibandingkan dengan merek besar, peluang berkembang dimungkinkan.

  1. Lebih Murah Dibanding Toko Sendiri

Membuat dan mengelola website untuk toko online sendiri akan menghabiskan lebih banyak biaya dibanding berjualan di marketplace. Banyak pengeluaran dan bahkan jam kerja terkait pemasaran digital yang bisa dihemat.

Marketplace adalah tempat dengan struktur lengkap yang vendor perlukan untuk mulai berjualan setelah terdaftar. Dalam hal ini, pedagang tidak akan memegang kendali penuh atas citra bisnisnya, tetapi tidak perlu menghabiskan waktu berurusan dengan aspek lain.

  1. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Pembeli

Salah satu keberatan penjualan paling umum untuk toko online adalah kurangnya kepercayaan yang mungkin dimiliki pembeli, namun melalui platform ini, keengganan klien tentu berkurang karena jaminan yang ditawarkan marketplace.

Selain itu, jika pembeli memutuskan untuk mengembalikan produk atau mengajukan keluhan, platform ikut bertanggung jawab, ini tentu lebih menghemat waktu dan uang para penjual. Bagi pemilik toko kecil, hal ini menjadi keuntungan besar.

Dari semua keuntungan berjualan di marketplace, pengguna jelas harus membayar sejumlah harga karena karena pemilik pasar juga merupakan bisnis yang ingin mendapatkan keuntungan melakukan tugas dan layanannya.

Mencapai dan menikmati manfaat ini, vendor harus terlebih dahulu mengidentifikasi pasar online terbaik sesuai merek atau bisnisnya. Karena setiap platform memiliki persyaratan unik, kategori produk, biaya daftar, dan audiensnya tersendiri.

Penjual terlebih dahulu harus memahami berbagai strategi berjualan, kemudian memilih mana tempat paling menjanjikan serta mengerti apa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan awal berjualan lebih mulus setelah tahu persis apa itu marketplace.

Bagikan artikel: