Home » 6 Tips dan Strategi Memulai Usaha Bisnis Lapangan Futsal

6 Tips dan Strategi Memulai Usaha Bisnis Lapangan Futsal

Bisnis lapangan futsal – Olah raga futsal saat ini menjadi salah satu cabang olah raga yang sangat di gemari oleh semua kalangan dari anak anak sampai orang dewasa. Namun untuk saat ini jasa persewaan gedung lapangan futsal nampaknya masih terbatas di beberapa kota tertentu.

Bahkan kadang kala terpaksa harus memesan jauh hari atau menjadi member agar bisa mendapat kesempatan menyewa lapangan futsal tersebut untuk bermain.

Peluang Usaha Bisnis Lapangan Futsal

lapangan-futsal bisnis

Jika mencermati fenomena diatas tentunya bisa menjadi suatu peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. Bagi anda yang ingin membuka usaha jasa penyewaan gedung lapangan futsal sebaiknya  harus punya strategi jitu agar tidak gagal atau nantinya gulung tikar.

Berikut beberapa tips memulai usaha bisnis lapangan futsal:

1. Pemilihan Lokasi Gedung Untuk Lapangan

mazayanusacemerlang.com

Pemilihan lokasi yang strategis untuk lapangan futsal jelas sangat penting dan sangat menentukan. Untuk itu carilah lokasi yang dekat dengan keramaian serta di pinggir jalan raya agar mudah di akses. Contohnya seperti dekat dengan kantor kantor intansi, sekolahan atau kampus.

2. Cari Lahan Yang Luas

mazayanusacemerlang.com

Selain lokasi yang strategis, juga cari lahan yang luas untuk pembangunan gedung lapangan futsal. Usahan minimal bisa di bagi menjadi dua lapangan atau bahkan lebih. Karena makin banyak lapangannya tentunya akan semakin banyak omset pemasukan yang akan di dapatkan.

3.Pilih Kontraktor Berpengalaman

Untuk membangun lapangan futsal, anda tak perlu bingung lagi karena sudah banyak kontraktor yang menyediakan jasa pembangunan lapangan futsal, mulai dari desain, kontruksi, pengadaan rumput sampai pengerjaan hingga selesai.

4. Tentukan Tarif Sewa Yang Ideal

Jika gedung futsal sudah jadi, langkah selanjutnya menentukan jumlah tarif sewa lapangan. Anda mungkin bisa lebih dulu menyurvei rata rata harga sewa lapangan futsal di kota anda sebagai acuannya. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak terbilang tinggi sewanya yang bisa berimbang tidak laku.

Tarif bisa di bedakan sesuai jam penggunaan lapangan. Untuk menentukan tarif, anda bisa mengacu pada fasilitas yang ada seperti jenis rumput, lapangan indoor atau outdoor.

Bisa juga memberikan diskon potongan di awal mulainya usaha untuk sekedar pengenalan dulu dan dengan waktu terbatas. Atau juga bisa dengan harga khusus bagi yang menjadi member.

5. Tambahkan Usaha Sampingan

bisnis usaha lapangan futsal

Menambahkan usaha sampingan di dalam gedung futsal juga memiliki potensi bagus. Banyak contohnya seperti menjual minuman atau makanan ringan dan membuka kantin di dalam gedung.

Atau membuka semacam persewaaan seperti perlengkapan futsal, contohnya sepatu karena kadang kala ada pemain yang sepatunya rusak atau lupa membawa saat akan bermain.

6. Tambahkan Fasilitas Tambahan Yang Nyaman

pewarta-indonesia.com

Fasilitas tambahan di dalam gedung futsal juga teramat penting yang bisa menjadi daya tarik contohnya seperti toilet yang selalu bersih. Juga buatkan Mushola agar bagi yang ingin menjalankan ibadah sholat tidak perlu keluar gedung terlalu jauh.

Penambahan layar lebar atau TV juga penting karena bisa menjadi hiburan bagi yang sedang antri jadwal bermain.

7. Gencarkan Promosi

Promosi juga menjadi bagian yang penting saat anda mulai membangun bisnis persewaan lapangan futsal agar segera di ketahui para penyuka olah raga ini. Jika perlu berikan diskon berapa persen di awal pembukaan agar banyak yang tertarik dan mau mencoba menyewa lapangan futsal anda.

Perkenalkan lapangan futsal dengan memasang reklame atau banner di tempat tempat yang strategis dan mudah di lihat orang. Sebar brosur di perkantoran sekolah, kampus dan juga perumahan. Bisa juga memanfaatkan media promosi secara online seperti lewat facebook, twitter dan lain lain.

Fasilitas Yang Harus Ada di Lapangan Futsal

Untuk menjaga persaingan dan usaha penyewaan lapangan futsal agar bisa jalan terus, tentunya di butuhkan beberapa tambahan fasilitas-fasilitas yang harus ada di lapangan futsal untuk menambah kenyamanan para pengguna.

Dan untuk tambahan fasilitas yang perlu di perhatikan para pengusaha penyewaan lapangan futsal di antaranya sebagai berikut ini.

1. Tempat Parkir

Tempat parkir merupakan fasilitas yang termasuk penting dan wajib di sediakan. Karena tentunya para pengguna lapangan futsal juga tak mau bila sepeda motor atau mobilnya terkena panas terik matahari saat kemarau atau kehujanan saat musim penghujan.

Terlebih tempat parkir juga bisa menambah rasa aman bagi pengguna dari gangguan kejahatan seperti pencurian. Karena tidak mungkin selama bermain juga selalu mengawasi kendaraannya sendiri.

Jika perlu bisa di tambahkan CCTV tambahan untuk meningkatkan rasa aman.  Untuk itu perlu di siapkan dengan sebaik mungkin saat proses pengerjaan lapangan futsal akan mulai di bangun.

2. Toilet

Fasilitas berikutnya yang wajib di sediakan tentunya toilet di sekitar area lapangan futsal. Kerena tentunya para pengguna tak mau kesulitan mencari tempat bila sewaktu waktu mencari tempat toilet.

Namun yang harus di perhatikan juga dalam toilet tentu tingkat kebersihan dan kesediaan air bersih yang mencukupi. Buatkan dengan sebaik mungkin agar tidak terlihat kumuh dan asal asalan. Untuk itu toilet lapangan futsal perlu di urus dengan baik.

3. Ruang Ganti

Setiap pengguna lapangan futsal tentunya ingin bermain dengan kondisi terbaik dan kebanyakan tidak langsung memakai seragam futsalnya. Untuk itu ruang atau kamar ganti dalam lapangan futsal juga perlu di sediakan. Ruang ganti tidak harus besar yang penting tertutup dan rapi.

4. Loker

Loker tentunya sangat juga di butuhkan para pengguna lapangan futsal untuk menyimpan barang barangnya. Tentu kita tak mau saat bermain futsal konsentrasi kita pecah dengan mengkhawatirkan barang barang tersebut yang biasa cuma di taruh di pinggir lapangan saja.

Sebaiknya fasilitas ini di sediakan meski tidak semua jasa penyewaan lapangan menyediakan.

BACA JUGA:

5. Kantin

Terkadang saat atau sesudah bermain futsal tubuh kita merasakan kelelahan. Dan biasanya kita membutuhkan sekedar minuman atau makanan ringan untuk memulihkan stamina dan rasa haus serta lapar.

Untuk itu fasilitas kantin juga perlu di sediakan dan sebenarnya ini juga bisa menjadi sumber pemasukan tambahan penghasilan bagi penyedia penyewaan lapangan futsal.

6. Mushola

Tersedianya Mushola di area lapangan futsal untuk saat ini sangat penting dan perlu di fasilitasi. Karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.

Dengan adanya Mushola di sekitar lapangan futsal, tentu membuat yang ingin menunaikan ibadah Sholat menjadi lebih mudah. Terlebih umumnya futsal ramai di waktu sore sampai tengah malam.

Dan di waktu-waktu itu bagi umat muslim akan menunaikan beberapa ibadah sholat seperti Ashar, Magrib dan Isyak. Hal ini tentu akan menambah rasa nyaman bila waktu sholat telah tiba.

Itulah beberapa tips dan strategi bisnis dalam menjalankan usaha lapangan futsal. Semoga bermanfaat

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!