Home » 5 Ide Bisnis dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Bisa Dicoba

5 Ide Bisnis dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Bisa Dicoba

Bercocok tanam merupakan salah satu hobi yang mulai banyak digemari oleh sebagian orang. Banyak berbagai ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias yang menarik untuk dicoba. Sekarang ini bahkan banyak yang memulai usahanya dengan menjadikannya bisnis tanaman hias yang menggiurkan, tertarik? Simak ulasannya:

1. Tanaman Hias Calathea

Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Berasal dari daerah tropis Amerika membuat tanaman Calathea menjadi salah satu favorit para pecinta tanaman. Berbagai jenis terdapat pada tanaman hias yang satu ini, mulai dari Calathea tabby, Lancentolisna dan Makoyana. Setiap jenisnya memiliki karakteristik dan keindahan yang berbeda-beda.

Secara umum, meskipun memiliki perbedaan yang menonjol di antara satu sama lain, namun terdapat satu kesamaan yaitu berdaun besar, bahkan mirip kipas. Penempatannya yang bisa diletakkan baik outdoor maupun indoor menjadikannya sebagai yang gampang untuk diatur. Jadi tidak susah untuk merawat dan memeliharanya.

2. Tabebuya

Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Ingin melihat bunga sakura? Sekarang tidak harus pergi ke Jepang, sebab bunga Tabebuya yang dibilang mirip dengan sakura sudah banyak tumbuh di Indonesia. Menjadikannya ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias yang sangat menjanjikan.adalah hal yang tepat. Peminatnya bahkan saat ini sudah sangat banyak, sehingga akan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

Berwarna merah muda pada bunganya dan akan mekar secara menyeluruh pada satu pohon, membuat keindahannya sangat menarik perhatian. Banyaknya pengetahuan masyarakat terhadap kehadiran bunga tersebut membuat permintaannya melonjak. Selain itu tanaman yang satu ini tidak membutuhkan banyak perawatan yang menguras tenaga. Sedikitnya hama yang menyerang, menjadikannya paling mudah untuk dirawat.

Batang pohonnya yang terbilang besar namun menghasilkan bunga yang indah, kerap dijadikan hiasan taman kota. Manfaatnya tidak hanya sebagai menyimpan cadangan air namun juga menambahkan nilai estetika. Sudah banyak kota-kota besar menjadikan tanaman tersebut sebagai pembatas yang ditanam di pinggir jalan besar.

3. Kaktus

Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Malas mengurus tanaman, namun tetap ingin rumah terlihat asri dengan kehadiran tanaman? Sekarang dapat memanfaatkan kaktus sebagai tanaman yang tidak memerlukan perhatian khusus. Tanaman ini sangat fleksibel keberadaannya, bisa berada dalam kondisi yang paling gersang tanpa terkena air.

Terdapat berbagai bentuk mini yang beraneka ragam, mulai dari bulat, panjang, oval dan lainnya. Daya tahan hidupnya juga terbilang lama dan dapat bertahan bertahun-tahun, jika dirawat dengan cara yang tepat. Untuk menjadikannya ladang bisnis bukanlah hal yang sulit, sebab proses pengembangbiakannya mudah.

4. Lidah Mertua

Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Berikutnya tanaman hias yang mempunyai beraneka ragam manfaat baik yaitu Lidah Mertua. Mempunyai daun keras, memanjang, menjadikan bunga yang satu ini terlihat seperti lidah. Berfungsi sebagai penangkal racun, karbon dioksida, benzen, formaldehyde serta trichloroethylene. Sebab banyak kebaikan yang dibawa oleh tanaman tersebut, membuatnya banyak dicari saat ini.

Hampir serupa dengan kaktus, tanaman hias yang satu ini sangat mudah dan simpel hidupnya. Proses perkembangannya dapat dengan cepat tumbuh, apabila dilakukan dengan cara tertentu. Hal inilah yang digunakan para pebisnis tanaman hias sebagai usaha yang menjanjikan.

BACA JUGA:

5. Gloriosa

Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Bunga berwarna merah atau yang sering di kenal dengan bunga sungsang adalah salah satu tanaman langka yang ada. Biasanya tumbuh di daerah Afrika dengan prose penyebaran yang lambat dan susah. Tanaman tersebut mempunyai harga yang cukup mahal untuk ukuran sebuah tanaman.

Untuk satu bibitnya saja harga yang ditawarkan berkisar 150 ribu, bahkan lebih tergantung dari penjual yang menanamnya. Tidak hanya unik dan langka, bunga tersebut membutuhkan perhatian yang lebih dalam perawatannya. Jadi akan terdapat biaya tambahan untuk dapat merawatnya.

Nah, itulah penjelasan ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias yang bisa untuk dicontoh. Setiap tanaman mempunyai daya tarik dan keunikannya masing-masing, jenis perawatan yang diberikan juga berbeda. Menjadikan tanaman sebagai hobi untuk bercocok tanam sambil mendapatkan peluang bisnis tanaman hias, Mengapa tidak?

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!