Home » Pay Per Click Adalah: Pengertian, Jenis dan Alasan Membutuhkannya

Pay Per Click Adalah: Pengertian, Jenis dan Alasan Membutuhkannya

PPC atau pay per click adalah internet marketing yang mengharuskan pebisnis membayar setiap kali iklannya diklik oleh audiens target. Jenis periklanan ini sudah lama digunakan oleh google dan platform lainnya.

Bagi pebisnis tentunya metode marketing digital ini sangat penting dalam mempromosikan produk agar lebih banyak dikenal. Dengan demikian, cangkupan konsumen akan lebih luas dan banyak.

Banyak pelaku bisnis yang saat ini menggunakan jasa periklanan digital. Selain lebih terjangkau, cara ini sangat efektif dalam menarik minat konsumen.

Hal ini dikarenakan sebagian besar waktu masyarakat saat ini lebih banyak dihabiskan untuk bermain internet. Dengan mengiklankan produk di internet, maka target audiens akan lebih sering melihat produk Anda.

Tidak hanya itu, biaya yang harus dikeluarkan juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan periklanan televisi dan media lainnya. Oleh sebab itu, banyak pebisnis yang memilih metode ini.

Jenis Metode Periklanan Pay Per Click Adalah

Sebelum membahas lebih jauh mengenai alasan harus memilih periklanan PPC, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai jenis-jenisnya. Secara umum jenis periklanan metode PPC ada 5 di internet.

Yang membedakan setiap jenis iklan PPC adalah posisi dan bentuk iklan. Pada platform tertentu, bentuk iklan dapat diatur sendiri yang disesuaikan dengan tata letak website publisher iklan.

Selain itu, setiap jenisnya memiliki karakteristik masing-masing yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Penjelasan lengkap mengenai jenis metode periklanan pay per click adalah:

  1. Search Advertising

Salah satu jenis iklan PPC ini akan muncul pada SERP (search engine result page) atau halaman pencarian. Pemilik website akan membayar mesin pencari, misalnya google atau bing, untuk menampilkan websitenya di halaman utama.

Website Anda nantinya akan ditandai dengan kata ‘iklan’ pada samping nama halamannya. Biaya yang dibanderol cukup beragam, tergantung dari waktu yang diinginkan.

  1. Social Advertising

Iklan jenis social advertising akan muncul pada media sosial, misalnya pada beranda atau pada stories, tergantung dari pengaturan yang Anda kehendaki. Jangkauannya lebih luas dan lebih beragam, tapi yang paling banyak terjangkau oleh iklan ini adalah kalangan anak muda.

  1. Display Advertising

Jenis PPC satu ini yang paling sering Anda temukan di blog atau website. Iklan ditampilkan secara visual, teks, atau kombinasi kedua.

Bahkan visual yang ditampilkan pada iklan pay per click adalah tidak hanya sebatas gambar, tapi juga berupa gif atau video. Jenis display advertising merupakan salah satu yang paling menarik bagi audiens.

  1. Google Shopping

Pada jenis ini iklan PPC menampilkan gambar produk lengkap dengan harganya pada hasil pencarian google. Iklan ini akan mengalihkan Anda langsung kepada e-commerce milik pengiklan.

  1. Remarketing

Jenis iklan ini akan menampilkan produk kepada audiens yang sebelumnya pernah mengunjungi website e commerce. Sehingga, audiens akan berpeluang besar mengunjungi website tersebut.

Pentingnya Menggunakan Pay Per Click Adalah

Setelah mengetahui jenis-jenis dari pay per click kali ini kami akan membahas mengenai pentingnya periklanan ini dalam dunia bisnis. Dampak dari penggunaannya sangat berpengaruh pada peningkatan pendapatan.

Bagi Anda yang masih ragu atau masih belum memahaminya, maka berikut ini kami akan menjelaskannya. Pastikan Anda memahaminya secara keseluruhan.

Hal ini dikarenakan dengan penggunaan cpc, target audiens dapat diatur. Misalnya Anda hanya ingin 10 ribu audiens, maka uang yang Anda keluarkan hanya untuk audiens target tersebut.

Pada PPC yang diiklankan melalui sosial media, audiens jarang yang menyadari bahwa itu adalah iklan. Sehingga, mereka akan tetap mengklik iklan tersebut dan mengunjungi e-commerce tersebut.

Kelebihan lain dari pay per click adalah Anda bisa menyesuaikan anggaran untuk mengiklankan produk bisnis. Jadi, tidak perlu khawatir akan terlalu mahal dan memberatkan.

Selain itu, Anda juga bisa mempersempit spesifikasi audiens hingga benar-benar tepat sasaran. Misalkan pakaian bayi hanya untuk audiens yang sering mencari perlengkapan bayi dari data pencariannya.

Hasil yang diperoleh lebih cepat, Anda bisa mendapatkan audiens sesuai dengan target hanya dalam waktu singkat. Lain halnya jika hanya mengandalkan SEO organik.

Seperti yang diketahui bahwa mesin pencari memiliki algoritmanya masing-masing dalam menampilkan hasil pencarian di halaman pertama. Namu, pada PPC, algoritma tersebut tidak akan berpengaruh.

Artinya, website atau produk yang Anda promosikan akan menempati posisi halaman pertama. Tapi, jika masa iklannya habis, maka akan kembali tenggelam.

 Platform Penyedia Pay Per Click Adalah

Saat ini Anda mungkin akan bertanya-tanya bagaimana menggunakan fitur digital marketing satu ini. Sebenarnya ada banyak platform yang menyediakan fitur PPC, tapi hanya 3 yang paling populer di indonesia. Berikut ini adalah platform tersebut:

Google Ads merupakan fitur periklanan yang dimiliki oleh google. Google memanfaatkan iklan pada mesin pencarinya dan website yang mendaftar menjadi publisher iklan, jasa periklanan satu ini termasuk yang paling populer di antara semua penyedia iklan.

Hal ini dikarenakan Google sudah menjadi mesin pencari terbesar di dunia yang digunakan oleh milayaran orang setiap harinya. Biaya yang dibanderol oleh Google Ads terbilang terjangkau, Anda juga bebas menentukan audiens.

  1. Instagram Ads

Menjadi salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna paling banyak, instagram menjadi penyedia PPC paling potensial. Anda bisa mengiklankan produk menggunakan fitur iklan instagram.

  1. Facebook Ads

Dari dulu hingga sekarang, pamor Facebook tidak pernah reda. Penggunanya semakin bertambah banyak dari berbagai kalangan dari waktu ke waktu.

Bahkan, sekarang mereka menyediakan fitur Facebook ads. Tujuannya adalah agar para pebisnis dapat mempromosikan bisnisnya kepada pengguna Facebook.

Sebagai pebisnis, Anda harus bisa memaksimalkan fitur pay per click ini untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Yang penting pada pay per click adalah Anda mengetahui dengan pasti target audiens yang potensial.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!