Home » Jenis dan Tujuan Media Promosi Serta Cara Memilih Media Promosi yang Tepat

Jenis dan Tujuan Media Promosi Serta Cara Memilih Media Promosi yang Tepat

Media promosi memiliki jenis yang sangat beragam. Cara untuk melakukan ini harus dipilih dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah yang banyak.

Cara dalam melakukan pengiklanan ini nantinya akan memberikan pesan dan informasi terkait dengan produk untuk ditawarkan. Jadi, konsumen akan mendapatkan pemahaman terbaik mengenai produk yang akan dibeli.

Jenis Media Promosi yang Beragam

Jenis Media Promosi

Di jaman yang sudah serba maju seperti sekarang, media untuk promosi sangatlah beragam. Anda bisa menggunakan salah satu di bawah ini ketika akan melakukan iklan.

  1. Brosur

Brosur sudah pasti sering Anda lihat dan Anda dapatkan bukan? Ini dicetak dalam jumlah banyak dan kualitasnya sudah pasti sangat bagus.

Brosur biasanya diterbitkan secara tidak berkala, dalam kesempatan tertentu, brosur akan dicetak jika memang dibutuhkan. Contohnya saja ketika Anda akan melakukan event tertentu.

Media yang paling tepat dalam memberitahukan pada khalayak ramai adalah brosur. Brosur ini tersusun dari satu lembaran penuh maupun bolak balik. Jika dicetak dengan memiliki lipatan, maka ini disebut dengan leaflet.

  1. Internet

Media promosi lain yang bisa digunakan adalah internet. Pengguna internet di era sekarang sudah sangat banyak.

Dengan menggunakan internet, Anda bisa melakukan iklan dengan menggunakan website, BBM, Facebook, maupun instagram. Cara melakukannya juga sangat mudah.

Anda bisa melakukannya dengan cukup upload foto maupun video dalam media sosial yang akan digunakan. Cara melakukan pengenalan produk dengan cara ini tidak membutuhkan biaya mahal dan mudah dilakukan.

  1. Poster

Berbeda dengan banner, poster merupakan pesan dengan gambar dalam menyampaikan sesuatu kepada konsumen. Ini merupakan sarana paling tepat dalam melakukan iklan.

Poster biasanya di desain secara semenarik mungkin menggunakan gambar-gambar sesuai. Kata dan kalimat yang disampaikan juga singkat, padat, dan jelas.

  1. Televisi

Media televisi merupakan jenis media promosi cara tradisional dan masih digunakan hingga sekarang. Banyak sekali produk barang dan jasa dipromosikan melalui televisi.

Iklan di televisi biasanya dibuat secara semenarik mungkin. Dengan demikian, pemirsa yang melihatnya akan tertarik untuk membeli produk

  1. Merchandise

Cara lain untuk menawarkan produk kepada konsumen adalah memberikan merchandise. Merchandise yang diberikan sangat beragam tergantung modal yang Anda miliki.

Contoh dari merchandise untuk digunakan adalah goody bag, kalender, payung, magnet kulkas, bolpoin, tas, topi, jam, tote bag, dan masih banyak lagi. Merchandise lain yang mungkin digunakan adalah gantungan kunci, USB, Kaos, notes, mug, sticker, bahkan botol minum.

Dengan menggunakan media yang tepat, maka iklan akan berjalan lebih memuaskan. Apa saja tujuan dari melakukan promosi dengan cara menggunakan iklan sebagai media pemasaran?

Tujuan dari Menggunakan Media Promosi

Tujuan dari Menggunakan Media Promosi

Sebagai seorang pebisnis, iklan dan promosi merupakan sebuah hal penting untuk dilakukan. Berikut beberapa tujuan dari menggunakan media iklan untuk memperkenalkan produk kepada khalayak ramai.

  1. Membentuk brand

Tujuan utama menggunakan media promosi adalah untuk membentuk brand. Brand di mata konsumen merupakan sebuah hal penting.

Bagaimanapun pemilik melakukan brandingnya, ini akan membuat tujuan menjadi cepat tercapai. Brand akan menjadi lebih dikenal oleh masyarakat.

  1. Mengubah tingkah laku konsumen

Tujuan lain dari menggunakan media untuk melakukan pengenalan produk adalah mengubah tingkah laku konsumen. Konsumen tentu saja akan menjadi lebih tertarik pada produk tersebut.

Bisa jadi, mereka akan berubah pikiran untuk membeli barang maupun jasa yang telah ditawarkan. Padahal, pada awalnya mereka tidak tertarik sama sekali dengan produk tersebut.

  1. Membuat keuntungan menjadi lebih besar

Setiap pebisnis tentu saja menginginkan keuntungan besar dalam penjualannya. Dengan menggunakan media tepat, maka keuntungan akan menjadi lebih banyak.

Hal ini sejalan dengan branding. Jika branding tercapai, maka keuntungan yang didapatkan akan menjadi semakin besar.

  1. Bersaing dengan competitor

Manfaat lain dari media promosi adalah untuk lebih bersaing secara sehat dengan competitor. Ketika ada pesaing, maka menawarkan promo akan menjadikan brand menjadi lebih stabil.

Selain beberapa hal di atas, menggunakan media atau cara tepat dalam memperkenalkan produk juga bisa dilakukan untuk menggaet calon konsumen baru. Jadi, pelanggan baru akan bermunculan untuk membeli produk yang Anda jual.

Cara Memilih Media Promosi yang Tepat

Cara Memilih Media Promosi

Ada banyak hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih cara berpromosi. Berikut beberapa langkah tepat untuk memilih media dalam melakukan promo produk yang Anda miliki.

  1. Menyesuaikan dengan modal

Budget alias modal adalah hal penting untuk dipertimbangkan ketika Anda akan melakukan promosi. Jangan sampai Anda kehabisan anggaran hanya untuk memamerkan produk saja.

  1. Mengetahui target pasar

Agar promo yang dilakukan bisa tepat sasaran, maka langkah utama yang harus dilakukan adalah mencari konsumen paling potensial. Pilihlah produk sesuai dengan target pasar.

  1. Pemilihan media

Media yang dipilih juga harus pas. Maraknya perkembangan media online untuk melakukan promo bisa dilakukan dengan membuat list terlebih dahulu.

Perbandingan dilakukan untuk membandingkan produk, harga, dan seberapa luas peredarannya. Jadi, media menjadi sangat tepat untuk dilakukan.

  1. Membuat materi iklan

Materi iklan harus dibuat dengan sebaik mungkin. Ketika hendak beriklan maka materinya benar-benar harus disiapkan secara optimal.

Materi untuk video untuk siaran televisi maupun materi audio bisa dipersiapkan dengan semaksimal mungkin. Dengan begitu ketika diiklankan, maka audience yang akan tertarik menjadi semakin banyak sehingga keuntungan akan meningkat.

Pilihlah media sebaik mungkin untuk membuat produk Anda menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Gunakan media promosi terbaik dan efisien untuk membuat Anda Menjadi pebisnis yang benar-benar berhasil.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!