Home » Marketing Manager Adalah? Berikut Keterampilan yang Harus Dimiliki

Marketing Manager Adalah? Berikut Keterampilan yang Harus Dimiliki

Marketing manager merupakan salah satu profesi yang sangat dikenal dalam industri marketing dan promosi produk maupun jasa. Profesi ini memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang besar dalam pencapaian omset perusahaan.

Oleh sebab itu, di sebuah perusahaan posisi ini sangat bergengsi dan memiliki gaji besar. Namun, orang yang bisa mencapai posisi ini juga tidak mudah, membutuhkan usaha besar untuk dapat memenuhi tanggung jawab.

Seorang manajer pemasaran saat ini dituntut untuk bisa melakukan promosi seefektif mungkin dengan berbagai strategi sehingga omset perusahaan meningkat. Promosi dilakukan baik secara luring maupun daring.

Terutama satu dekade terakhir, di mana promosi daring menjadi tonggak utama bagi perusahaan untuk memperkenalkan produk maupun jasa mereka. Sebab kebanyakan orang saat ini lebih banyak mengakses informasi dari internet.

Selain itu, tanggung jawab atas efisiensi dan efektivitas divisi pemasaran juga dipegang seorang manajer pemasaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan untuk bisa menjalankan tugas dengan baik.

Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Manager

Tugas Marketing Manager

Jika dijelaskan dengan rinci, cakupan tugas dan tanggung jawab seorang manajer pemasaran sangatlah besar karena mencakup seluruh bagian pemasaran. Mulai dari perencanaan strategi, persiapan, dan melaksanakan rencana kerja tersebut, berikut rinciannya:

  1. Menyusun Strategi Pemasaran

Ketika sebuah perusahaan membuat produk baru dan hendak meluncurkannya ke pasaran, maka harus disusun strategi pemasaran yang tepat agar dapat diterima oleh masyarakat dan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Tugas marketing manajer adalah untuk membuat rancangan strategi yang akan digunakan, mulai dari analisis target pasar hingga penjualan ke target tersebut. Rancangan strategi ini kemudian akan dijalankan setelah ada persetujuan perusahaan.

  1. Mengimplementasikan Strategi

Kemudian marketing manager juga bertanggung jawab atas kegiatan pengimplementasian strategi pemasaran agar dapat berjalan sesuai dengan rencana. Perealisasian diterapkan dengan pendelegasian wewenang pada departemen terkait.

Setiap bagian depertemen harus bisa menjalankan tugas masing-masing dengan baik dan sesuai rancangan strategi. Tugas manajer pemasaran memastikan semua departemen melakukan tugas dengan baik.

  1. Pembuatan Analisis Setelah Pelaksanaan

Pelaksanaan sebuah strategi pemasaran dapat berhasil atau gagal, manajer berkewajiban untuk membuat analisa setelah strategi selesai diterapkan apapun hasilnya. Analisis akan dilaporkan kepada bagian eksekutif perusahaan.

Pengetahuan Wajib Bagi Marketing Manager

Marketing Manager

Memiliki tugas yang banyak dan berat mengharuskan manajer pemasaran memiliki pengetahuan luas, terutama pengetahuan terkait bidang pekerjaannya. Berikut beberapa pengetahuan wajib dimiliki:

  1. Administrasi dan Manajemen

Bekerja di bagian marketing dan promosi bukan berarti hanya punya pengetahuan di bidang tersebut saja, tapi juga harus memahami mengenai administrasi juga serta manajemen.

Kedua pengetahuan ini akan membantu seorang manajer menjalankan tugasnya dengan cara pendelegasian tugas kepada orang lain. Pengaturan dan pengarahan tugas yang baik akan memastikan pencapaian tujuan perusahaan sesuai rencana semula.

  1. Layanan Pelanggan dan Personal

Selain itu, marketing manager juga perlu mengetahui mengenai bagaimana cara melayani pelanggan, baik secara massal maupun personal. Sebab pelanggan merupakan kunci tercapainya omset penjualan.

Dengan memberikan pelayanan pelanggan yang baik akan memastikan bahwa pelanggan tetap bersedia membeli, bahkan menumbuhkan rasa cinta terhadap brand atau perusahaan tempat Anda bekerja.

  1. Bahasa Inggris

Pengetahuan tambahan yang harus dimiliki adalah bahasa Inggris, sebab dalam pekerjaan kemungkinan besar akan bertemu dengan pelanggan atau klien dari luar negeri sehingga penguasaan bahasa asing diperlukan.

Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang digunakan di banyak negara dan menjadi bahasa dagang. Jika menguasai bahasa ini dengan baik akan mudah melakukan komunikasi dalam perkerjaan Anda.

  1. Penjualan dan Pemasaran

Tentu saja, pengetahuan tentang pemasaran serta penjualan juga sangat penting. Ini merupakan dasar yang harus dimiliki oleh semua manajer pemasaran dan tanpanya Anda tidak akan bisa menjalankan profesi ini dengan baik.

Pengetahuan mengenali keduanya selalu berkembang seiring waktu sehingga Anda harus selalu update dengan perkembangan terbaru. Selalu perbaharui pengetahuan mengenai ilmu penjualan serta pemasaran terbaru.

BACA JUGA:

Keterampilan Khusus Marketing Manager

Bukan hanya pengetahuan, tapi dibutuhkan juga berbagai keterampilan khusus untuk memastikan pekerjaan dapat dijalankan sebaik mungkin. Keterampilan atau kemampuan khusus ini tidak dimiliki oleh banyak orang.

Akan tetapi, keterampilan ini dapat diasah dan dikembangkan sehingga membuat seorang manajer pemasaran dapat meningkatkan kinerjanya. Berikut beberapa keterampilan khusus yang harus dimiliki:

  1. Berkomunikasi dengan Berbagai Media

Sebagai seorang pimpinan memiliki kemampuan berkomunikasi sangatlah penting, baik dengan konsumen, klien, sesama rekan kerja, maupun kepada bawahan. Semakin baik kemampuan berkomunikasi akan makin bagus.

Anda harus punya kemampuan berkomunikasi secara verbal, tertulis, maupun menggunakan metode lainnya. Selain itu, ketika berbicara juga harus jelas dan punya pemahaman ekspresi lisan maupun tertulis.

  1. Kemampuan Bekerja dalam Tim

Seorang marketing manager tidak bekerja sendiri atau hanya mendelegasikan tugas saja, melainkan bekerja sebagai bagian dari tim. Oleh sebab itu, harus punya keterampilan bekerja dengan orang lain.

Selain itu, marketing juga berhubungan dengan berbagai divisi lainnya dan melakukan kerjasama, seperti divisi iklan, market research, serta produksi. Jadi, keterampilan bekerjasama sangatlah penting dimiliki.

  1. Kemampuan Memanajemen Waktu

Bekerja dengan target merupakan sebuah tantangan sehingga kemampuan menangani deadline menjadi sangat penting. Jika tidak bisa memanajemen waktu akan membuat target tidak tercapai sesuai rancangan strategi yang sudah dibuat.

Dengan memanajemen waktu dengan baik, deadline maupun target tidak akan memberikan tekanan sehingga stres dapat berkurang dan Anda tetap punya waktu untuk berbagai kegiatan lain di luar pekerjaan.

Menjadi seorang manajer pemasaran merupakan sebuah prestasi yang tidak diraih dengan mudah. Ada bertumpuk-tumpuk kerja keras, keringat, juga usaha dilakukan agar bisa menggapainya.

Mulai dari menjalani pendidikan, memulai pekerjaan dari tingkat bawah, hingga menambah keahlian, pengetahuan, juga pengalaman kerja. Semua inilah yang membentuk karakter seorang marketing Manager.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!