Home » Promotion Selling atau Promosi Penjualan Adalah? Berikut Arti, Jenis dan Contohnya

Promotion Selling atau Promosi Penjualan Adalah? Berikut Arti, Jenis dan Contohnya

Promosi penjualan adalah metode pemasaran yang bertujuan untuk merangsang permintaan produk tertentu dan meningkatkan kesadaran merek. Ini dilakukan dengan waktu terbatas, namun efeknya cukup tinggi.

Termasuk salah satu elemen inti dari promosi campuran, dan itu bisa berperan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Tetapi sebagai pebisnis, Anda harus mengetahui jenis penjualan yang sesuai dengan audiens target sesuai bidang keahlian.

Promosi penjualan dapat memberikan keajaiban pendapatan utama bagi sebuah bisnis. Namun untuk menjalankannya dengan sukses, itu perlu strategi yang tepat, bukan hanya tentang memasang tanda SALE atau diskon saja.

Untuk memaksimalkannya, Anda perlu mempertimbangkan jenis promosi yang ditawarkan serta cara menjalankannya. Dari sekian banyak jenis promosi untuk dicoba, pebisnis terlebih dahulu harus mengetahui manfaat dan bagaimana itu akan membantu.

Promosi hampir selalu menjadi bagian dari penjualan dan pemasaran campuran, serta untuk alasan yang baik tentunya. Promosi dapat mendorong penjualan dan membantu Anda memindahkan inventaris.

Memahami Promotion Selling Secara Detail

Pasti Anda sudah sering melihat promosi ketika berbelanja. Strategi ini memang cukup efektif dalam meningkatkan penjualan suatu produk. Sehingga seorang pebisnis wajib memahami tentang promosi.

Meski sudah sering ditemui, ternyata masih banyak yang belum paham secara detail tentang promosi. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda pahami terkait promosi.

  1. Pengertian

Banyak orang yang memberikan pengertian terhadap promosi. Pada intinya promosi adalah strategi yang digunakan untuk merangsang pembelian suatu produk. Promosi cenderung memiliki jangka waktu yang pendek.

Oleh karena itu promosi harus dipikirkan dengan sebaik mungkin dan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Karena hanya dengan begitu tujuan dari adanya promosi tersebut bisa tercapai.

  1. Tujuan

Meski pada dasarnya promotion selling bertujuan untuk meningkatkan penjualan, tujuan ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa macam. Tujuan promosi bisa mencakup meningkatkan brand awareness hingga menjaga loyalitas pelanggan setia.

Bahkan promosi juga bisa membentuk citra produk Anda di dalam benak pelanggan. Sehingga meski bermunculan banyak kompetitor baru, produk Anda tetap menjadi pilihan pertama para pelanggan.

  1. Peran

Promosi memiliki peranan penting dalam mencapai kesuksesan proses pemasaran. Dengan strategi promosi yang baik, Anda akan lebih mudah mencapai target penjualan produk jika dibandingkan tanpa menggunakan promosi.

Banyak kasus telah membuktikan bahwa promosi masih menjadi salah satu strategi terbaik untuk melakukan pemasaran. Bahkan di zaman digital, penggunaan promosi masih sering dilakukan oleh brand-brand ternama.

Promosi Penjualan Adalah Teknik Pemasaran Praktis

Kegiatan ini merupakan taktik pemasaran yang digunakan oleh pengecer untuk mendorong penjualan. Dengan adanya penggabungan antara pembeli, hal itu mendapatkan produk yang lebih murah dari biasanya.

Strategi pemasaran dengan teknik promotion selling membuat bisnis akan menggunakan kampanye jangka pendek. Itu untuk memicu minat dan menciptakan permintaan akan produk, layanan, atau penawaran lainnya.

Tapi menjalankan promo ini tidak dilakukan dengan mudah seperti kelihatannya. Untuk memaksimalkannya, sangat perlu mempertimbangkan jenis promosi yang ditawarkan serta cara menjalankannya.

Promosi penjualan dapat memiliki banyak tujuan dan hasil yang ideal. Terutama ini akan digunakan untuk memotivasi perilaku pembelian atau memicu peningkatan pembelian dalam jangka pendek, untuk mencapai tolok ukur atau tujuan.

Meskipun tujuan langsung dari promosi penjualan untuk meningkatkan penjualan, ada banyak manfaat lain, bahkan jangka panjang. Sehingga penting membangun teknik promosi penjualan yang strategis dengan tim pemasaran Anda.

Jenis Promosi Penjualan yang Perlu Diketahui

Terlepas dari jenis bisnis atau industri Anda, promosi penjualan adalah teknik promosi penjualan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut ini beberapa ide promosi penjualan paling efektif dan berfungsi dengan hebat.

  1. Kompetisi dan Giveaway

Mengadakan kompetisi maupun giveaway akan membuat pelanggan dapat berupa mendapatkan keterlibatan paling banyak pada posting-an di media sosial. Itu akan besar dampaknya untuk brand awareness.

Tantangan berhadiah ini adalah cara yang menyenangkan untuk menciptakan buzz di sekitar bisnis Anda. Di mana audiens juga mendapat penghargaan karena telah menjadi pendukung setia dan promotor merek.

  1. Flash Sale

Flash sale adalah promosi penjualan yang menawarkan diskon, promosi, atau potongan dengan masa berlaku dalam waktu singkat, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari. Penjualan ini menciptakan rasa urgensi sehingga konsumen terdorong membeli segera.

  1. Bundling Produk/Layanan

Jika Anda memiliki rangkaian produk yang berpotensi menciptakan nilai lebih sebagai penawaran paket daripada per item. Maka menjualnya sebagai paket dengan harga diskon dapat membantu meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

  1. Uji Coba atau Demo Gratis

Bisa dibilang promosi penjualan adalah cara pemasaran multifungsi dan jenisnya juga banyak. Uji coba ialah cara yang bagus untuk mendapatkan petunjuk mencoba produk/layanan tanpa risiko atau komitmen dari calon pelanggan.

Penjual dapat menawarkan sampel gratis pada saat pembelian. Dan untuk memaksimalkan manfaatnya dan mendukung konversi, maka pertimbangkan menawarkan uji coba atau demo gratis dengan diskon waktu terbatas, itu membuat pelanggan lebih terdorong membeli.

  1. Pengiriman Gratis

Dalam e-commerce, banyak konsumen meninggalkan keranjang belanja mereka dan tidak jadi berbelanja jika ada biaya tambahan yang tidak terduga seperti biaya pengiriman atau pajak. Maka promosi penjualan dengan free ongkos dapat membantu kendala ini.

  1. Kupon Pembelian Pertama

Jika seseorang baru terhubung untuk mempercepat proses pengambilan keputusan, promosi penjualan adalah langkah tepat menarik pelanggan. Dengan menawarkan diskon pembelian pertama berbatas waktu akan cukup efektif dalam hal ini.

  1. Beli Satu, Gratis Satu

Ini merupakan taktik promosi penjualan yang cukup umum digunakan, dan kampanye tersebut berguna ketika Anda ingin atau perlu menjual beberapa produk sekaligus. Bagus juga sebagai jenis promosi untuk membangun kesadaran merek.

  1. Kupon atau Kode Voucher

Kupon bersifat serbaguna karena dapat dikirimkan dalam berbagai cara, seperti melalui situs web, media sosial, hingga kemasan produk. Jenis promosi ini merupakan cara bagus untuk berterima kasih kepada pelanggan dan ajakan supaya mereka kembali.

Saluran untuk Menjalankan Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah cara marketing dengan banyak banyak pilihan tempat, baik online maupun offline, Anda dapat menjalankannya untuk menarik prospek dan bisnis baru. Berikut ini beberapa pilihan saluran paling umum.

  1. Email Pemasaran

Email marketing harus memainkan peran kunci dalam promosi penjualan, terutama jika menargetkan pelanggan yang sudah ada. Tidak seperti promosi media sosial, tidak ada dugaan mengenai algoritma, iklan, atau faktor lain dalam memengaruhi jangkauan.

  1. Pemasaran Facebook dan Instagram

Saluran ini adalah alat promosi penjualan digital yang kuat karena dapat menjangkau orang-orang di seluruh dunia serta menjadi sangat spesifik tentang siapa targetnya. Platform media sosial ini juga fleksibel pada jenis iklan sesuai anggaran pemasaran.

BACA JUGA: Tips Membuat Kalimat Promosi

  1. Pesan SMS

Mirip dengan pemasaran email, pesan SMS dijamin menjangkau audiens Anda karena ini adalah saluran komunikasi langsung. Saluran ini paling baik digunakan untuk pembaruan instan, penjualan kilat, dan penawaran berbatas waktu ke pelanggan lebih cepat.

  1. Acara, Pameran Dagang, dan Konferensi

Acara jaringan besar menciptakan peluang besar untuk terhubung dengan sejumlah prospek berkualitas. Menjalankan konferensi virtual, pelatihan, atau menyelenggarakan lokakarya, itu dapat menghasilkan prospek dan menawarkan promo sebagai ucapan terima kasih.

Mengoptimalkan Promotion Selling untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi promosi memang merupakan salah satu strategi yang paling populer dalam dunia bisnis. Namun hal ini membuat kompetitor Anda juga menggunakan strategi promosi untuk mendapatkan pelanggan.

Oleh karena itu Anda perlu mengoptimalkan strategi promosi agar bisa memenangkan persaingan. Silahkan gunakan tips berikut ini agar Anda bisa mengoptimalkan strategi promosi untuk meningkatkan penjualan.

  1. Pahami Calon Pelanggan Anda

Perlu dipahami bahwa karakteristik setiap orang berbeda. Hal ini akan mempengaruhi perilaku belanja mereka. Sehingga Anda perlu memahami calon pelanggan agar bisa menentukan strategi promosi yang tepat.

Buatlah customer pesona agar Anda mudah memahami calon pelanggan Anda. Dengan begitu strategi promosi yang diterapkan bisa berjalan secara efektif dalam meningkatkan penjualan produk Anda.

  1. Berikan Hal Yang Paling Diinginkan Pelanggan

Pada dasarnya promotion selling adalah memberikan lebih kepada pelanggan daripada yang seharusnya. Namun tidak semua orang sebenarnya menginginkan hal yang lebih. Anda perlu memahami hal apa yang paling pelanggan inginkan.

Apakah mereka mengharapkan mendapatkan lebih banyak produk, mendapatkan kupon untuk pembelian di masa mendatang atau potongan harga? Hal tersebut harus bisa Anda jawab dan jadikan strategi pemasaran.

  1. Sesuaikan Dengan Kondisi Keuangan Perusahaan

Perlu diakui bahwa biaya untuk melakukan marketing bisa sangat besar. Oleh karena itu Anda perlu mengatur biaya tersebut agar bisa memberikan hasil maksimal tanpa mengganggu kondisi perusahaan.

Sebab ada banyak perusahaan yang gagal mengatur biaya marketing sehingga kesulitan untuk bertahan dalam waktu lama. Perlu diingat bahwa dalam menjalankan bisnis Anda perlu memperhatikan aspek sustainability.

Salah satu tujuan dari menjalankan bisnis adalah mendapatkan penjualan yang tinggi. Untuk mencapai tujuan ini, Anda bisa menggunakan promotion selling agar menarik banyak minat pembelian pelanggan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!